gambar hati
foto ilustrasi : makna hati

Kajian Islam, Makna Hati

MutiaraPublic – Saudaraku yang dimulyakan Allah SWT, sedikit kalimat renungan yang akan kami tuliskan dalam artikel kali ini, yakni perihal Makna Hati, dan semoga tulisan yang tak seberapa ini bisa menambah kecintaan dan mengukuhkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Sesungguhnya hati itu ibarat Sang Raja, yang memerintah seluruh tubuh badan kita, sebagaimana rakyat jelatanya, Sehingga tidak satu pun yang berbuat selain perintah dari Sang Raja tersebut.

Apabila Hati ini memerintah niscaya yang lain pasti akan mematuhinya…
Bila ia memerintahkan tangan untuk menampar, Maka tangan tersebut akan mengerjakannya…
Bila ia memerintahkan mulut untuk berbicara, Maka niscaya mulutpun mematuhi dengan tanpa bertanya…
Begitu-pun pula yang terjadi pada seluruh anggota yang lainnya, niscaya akan patuh padanya.

Hati juga merupakan “Hakikat ke-AKU-an”, yakni AKU yang merasa memiliki segala sesuatu, Aku yang merasa paling benar, Aku yang merasa paling Hebat, padahal ketahuilah bahwa Aku itulah sebenarnya Hakikat Insan, Sebagai ganti nama bagi Ruh yang bernama Qalbu. Selama Ia dikandung badan maka tubuh mati merupakan kehidupan. Jika sudah bercerai nanti, jasad mati tak akan berguna lagi, merepuhlah bangkai yang selama ini memang asal mati.

Oleh karena itu ketahuilah Hatimu itu, dan jagalah ia dengan penuh kehati-hatian, sebab Dia-lah yang akan kembali ke negeri akhirat nanti, dan Dia-lah yang akan bersatu kembali dengan Dzat-Nya sendiri.

“Wama kholaqtul jinna wal-insa illa liya’ budun.”

Tidaklah Aku jadikan jin (nafsu) dan manusia (hati) melainkan supaya beribadat kepada Aku.

Maka ketahuilah dan perhatikanlah Hati mu itu, hingga disetiap waktu, agar tidak menjadi akibat dari segala perbuatan mu, Dan Dialah yang bertanggungjawab atas segala gerak dan diam mu. Semoga Allah SWT menjadikan kita Hamba yang tertolong, tertolong di dunia dan tertolong di akhirat. Aamiiin…

Itulah kajian islami, Makna Hati yang mungkin bermanfaat bagi kita muslimin an muslimat. Jangan lupa like dan share atikel ini, insyaallah kebaikan anda akan di balas oleh Allah SWT.

Oleh : Cak Hakim


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.