Tips-tips Agar Kita Segera Naik Haji
Tips-tips Agar Kita Segera Naik Haji

Tips-tips Agar Kita Cepat Naik Haji

MutiaraPublic.com – Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT, Haji yang merupakan rukun islam kelima adalah salah satu ibadah sakral yang menjadi impian bagi banyak umat muslim di seluruh dunia. Ibadah yang sangat membekas serta ibadah yang bermakna bagi umat muslim yang bersungguh-sungguh menjalankannya. Nilai pahalanya pun sangat luar biasa besarnya di sisi Allah SWT.

Kita semua sebagai seorang muslim pastinya sangat mengharapkan supaya bisa segera datang ke tanah suci / ke mekah, untuk menunaikan rukun islam yang ke 5 yakni ibadah Haji ke tanah suci. Akan tetapi perlu kita ketahui, bahwasanya salah satu syarat dalam menunaikan ibadah haji ini adalah diwajibkannya ibadah haji bagi orang-orang yang mampu saja. Mampu disini maksudnya bukan hanya secara ekonomi/ finansial saja, namun juga mampu secara fisik, mampu untuk memenuhi segala keperluan perjalanan.

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT, Mampu secara ekonomi/ finansial adalah mampu membayar biaya perjalanan serta mampu membiaya keluarga mereka yang ditinggalkan selama perjalanan haji tersebut. Sedangkan mampu secara fisik adalah mereka yang menjalankan ibadah haji tersebut tidak sakit parah, dan mampu duduk di kendaraan selama melewati perjalanan yang jauh tersebut, dalam artian sehat jasmani dan rohaninya.

Bagi kita yang masih belum mampu untuk menunaikan ibadah haji, namun mempunyai keinginan dan impian untuk melaksanakan ibadah haji tersebut, maka alangkah lebih baiknya kita memahami dan mempelajari Tips-tips agar kita cepat naik haji, sebagai berikut ;

  • Ber-Azzam (Berniat kuat) untuk melaksanakan ibadah haji. Azzam disini berarti kebulatan tekad kita, artinya tidak hanya sekadar niat saja yang diucapkan dimulut kita atau tidak hanya terlintas di pikiran dan hati kita, namun mempunyai tekad bulat dalam mencapainya tersebut.
  • Pelajarilah tentang cara-cara manasik haji/ tata cara dalam menjalankan ibadah haji. Karena pengetahuan yang benar itu akan memperkuat sinyal niat kita agar lebih segera melaksanakan ibadah tersebut.
  • Perbanyaklah doa dan selalu panjatkanlah secara terus menerus (rutin) setiap saat, misal seperti ; setiap kita selesai sholat di haruskan berdoa agar impian tersebut bisa tercapai.
  • Janganlah lupa doakan juga orang tua kita. Karena anak yang sholeh itu sangat dicintai oleh Allah SWT, sehingga impiannya akan dimudahkanNya.
  • Ber-Husnudzon (berbaik sangka) kepada Allah SWT. Jalanilah hidup ini dengan rasa sabar serta selalu yakin bahwasannya Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan dan kemudahan bagi kita.
  • Mulailah kita menabung sekarang in juga, berapapun juga yang kita punya !. Buktikanlah pada Allah SWT bahwasanya kita dalam menunaikan ibadah tersebut sangat bersungguh-sungguh. Insya Allah, Allah SWT akan menolong kita dari arah yang tak terduga. (Pilihlah tabungan haji yang sistemnya tidak mudah untuk dicairkan/ tidak mudah untuk di ambil lagi, serta memiliki target minimum pendaftaran ibadah haji, hal ini bertujuan agar niat kita selalu terjaga).
  • Perbanyaklah dalam beramal. Janganlah hanya menabung di bank tertentu saja, namun tabunglah sebagian rejeki tersebut kepada fakir miskin, anak-anak yatim, baitul mal dan lain-lainnya. Karena Allah sangat cinta terhadap orang yang dermawan.

Semoga tips-tips ini dapat menjadi petunjuk bagi kita untuk segera naik haji, dan dimudahkan dalam melaksanakan ibadah haji yang mabrur. Amin !

 

 

 

Oleh : H. Chairul Anam
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

One comment

  1. haji heriyanto

    KISAH SUKSES SAYA NAIK HAJI DI THN 2014 BERKAT BANTUAN BPK ABDUL DJAMIL DI KAMENAG PUSAT

    Assalamualaikum wr-wb mohon maaf sebelum’nya kepada sdr/i sebelum’nya saya ingin berbagi cerita kepada anda mengenai KISAH SUKSES SAYA NAIK HAJI tahun kemarin, selama 5 tahun saya menunggu berita panggilan saya melalui kamenag kabupaten tapi tak kunjung ada berita panggilan dari kabupaten, tapi sewaktu itu saya sempat curhat sama teman bisnis saya dan secara kebetulan rekan bisnis saya ada keluarga di kamenag pusat salah satu pejabat di kamenag beliau selaku direktur jenderal penyelenggaraan haji dan umroh atas nama ABDUL DJAMIL, alhamdulillah setelah saya hubungi beliau dan saya mencerita’kan kisah pengapdian saya untuk selama ini dan alhamdulillah beliau memberi’kan arahan utuk mengirim contoh berkas saya yang sudah masuk’kan di kamenag kabupaten bojonegoro untuk di kirim ke kantor beliau di kamenag dan tidak lama kemudian saya sudah dapat nomor porsi awal dan akhir melalui kamenag kabupaten bojonegoro dan alhamdulillah sekarang saya sudah naik haji di thn 2014 kemarin berkat bantuan bpk ABDUL di KAMENAG PUSAT.

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.