Tips Taaruf Dalam Islam (ilustrasi)
Tips Taaruf Dalam Islam (ilustrasi)

Tips Taaruf Dalam Islam, Wajib Anda Ketahui !

MutiaraPublic.com Taaruf dalam Islam merupakan salah satu cara terbaik dalam menemukan pasangan hidup. Anda pasti tahu bahwa agama melarang pacaran dan lebih menyarankan untuk taaruf. Tujuannya sama yakni untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Bedanya pacaran akan cenderung menjurus ke perbuatan dosa. Sementara taaruf merupakan tata cara yang diatur Islam sebelum menikah.

Dalam prosesnya, taaruf juga terkadang terhambat kendala hingga berakhir di tengah jalan. Alasannya beragam, mulai dari ketidakcocokan kedua belah pihak hingga faktor orang tua. Nah, untuk Anda yang hendak melakukan taaruf ada baiknya mengikuti 3 tips berikut ini. Anda perlu memperhatikan tiap poin tips taaruf dalam islam ini, agar proses berjalan lancar.

1. Letakkan Ijin Menikah dari Orang Tua di Urutan Atas

Ijin menikah dari orang tua adalah kunci keberhasilan dalam proses taaruf. Pastikan Anda mendapatkan ijin dari orang tua sebelum menjalani taaruf. Tidak ada ijin maka tidak ada proses taaruf yang perlu dijalani. Keridhoan orang tua sangat penting dan harusnya berada di urutan atas.

Tapi fenomena yang banyak terjadi, orang memulai proses taaruf sebelum mendapatkan ijin orang tua. Mereka justru baru membicarakannya dengan orang tua di akhir. Ingatlah bahwa keberadaan dan keterlibatan orang tua sejak awal taaruf itu sangat penting. Percuma saja menjalankan taaruf bila ijin menikah belum dikantongi.

Ijin orang tua disini merupakan dari kedua belah pihak baik pria maupun wanita. Saat menikah orang tualah yang akan mendampingi Anda. Kebahagiaan pernikahan juga bukan milik Anda sendiri, tapi seluruh keluarga. Anak yang baik dan berbakti tidak akan tega mengesampingkan kebahagiaan orang tua di hari penting seperti pernikahan.

Bila ijin terkendala syarat, maka bersabarlah, berpuasa dan perbanyak ibadah lain. Persiapkan diri untuk memenuhi syarat yang diajukan agar bisa memulai proses taaruf. Selain itu jagalah diri dan hati untuk fokus.

2. Buat Kesepakatan Kriteria Sebelum Memulai Proses Taaruf

Orang tua biasanya menyerahkan keputusan mencari pasangan pada anaknya. Namun saat si anak memberikan calon yang diinginkan, tak sedikit orang tua belum merasa cocok. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, ada baiknya Anda dan orang tua berkomunikasi terlebih dahulu.

Buatlah kesepakatan kriteria calon yang sesuai dengan keinginan Anda dan orang tua. Setelah itu baru bisa memulai proses taaruf. Dalam islam, proses taaruf bukan hanya soal mencari pasangan hidup. Tapi juga mencari sosok menantu untuk orang tua. Jadi komunikasian dengan baik untuk mencapai kesepakatan bersama di awal.

Misalnya, kriteria Anda ialah calon yang sholih atau sholihah. Sedangkan keinginan orang tua adalah calon yang memiliki pekerjaan layak dan sarjana. Anda bisa melakukan negosiasi atau mengkombinasikan kriteria masing-masing. Seperti calon yang sholih/sholihah, punya pekerjaan layak dan sarjana.

3. Dapatkan 4 ‘Yes’ untuk Menuju Pernikahan

Ikhtiarkan untuk mendapatkan 4 Yes saat taaruf agar proses menuju pernikahan berjalan lancar. Anda bisa mencari pendamping atau ustadz agar proses terjaga. Yes yang pertama dan kedua ialah antara Anda dan calon Anda. Setelah itu dapatkan Yes ketiga  yakni dari kedua orang tua masing-masing.

Bila sudah mendapat Yes ketiga, maka aturlah jadwal taaruf atau pertemuan langsung dengan calon mertua. Dapatkanlah ijin untuk melakukan proses taaruf dan pernikahan. Selanjutnya, pertemukanlah orang tua Anda dengan orang tua calon Anda. Ini adalah langkah terakhir untuk mendapatkan Yes yang ke-4.

Jika Anda sudah mengantongi 4 Yes, Insyaallah proses taaruf yang dijalankan akan berjalan lancar. Segera tentukan waktu khitbah dan jadwal pernikahan. Jangan terlalu lama, agar tak menimbulkan fitnah. Semoga proses taaruf Anda berjalan lancar hingga pernikahan. Demikian kiat-kiat agar sukses menjalani taaruf berdasarkan tips islami.

 

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat !

 

 

 

Oleh : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.