Tips : Supaya Mudah Menerima Pelajaran dan Cepat Dalam Menghafal, Bagaimana Ya…?

ilustrasi : Cara mudah Menghafal Pelajaran
Bagi seorang pelajar tentu mengalami banyak kendala baik dalam menerima pelajaran, mengingatnya dan menghafalnya, inilah mayoritas masalah yang dihadapi seorang pelajar. Sekarang saya mencoba untuk memberikan solusinya, agar masalah-masalah tersebut dapat teratasi. Solusi-solusi yang saya berikan insyaallah akan berhasil bila anda memang mau bersungguh-sungguh mengamalkannya, seperti maqalah:

  من جد وجد  Artinya: barang siapa yang bersungguh-sungguh maka berhasil.

Memang sulit untuk melakukan suatu kebaikan meskipun itu hal sepele dan sayapun tidak dapat memungkirinya. Berikut ini solusi-solusi yang wajib anda praktekan:
Pertama, Berwudlu’
Sebelum belajar hendaklah berwudlu’, agar pikiran kita tenang, hati kita suci dan tentram semua masalah, kemarahan tentunya akan hilang, dan tentu kita akan lebih segar lebih fresh dalam menerima pelajaran/menghafal tersebut. Terbukti cara ini cukup ampuh, dan sebaiknya anda selalu berwudlu’ sebelum belajar.
Kedua, Berdo’a
Ini tidak boleh kita tinggalkan. Karena dengan berdo’a artinya kita sudah memasrahkan semua hasil kepada Allah SWT. apapun hasilnya kita terima dengan lapang dada yang terpenting kita sudah berikhtiyar/berusaha dengan baik secara jasmani maupun rohani.
Ketiga, Continue
Dalam belajar / menghafal kita harus continue (Berulang-ulang), artinya kita harus menindaklanjuti pembelajaran kita setiap hari. bagi seorang pelajar dalam sehari paling tidak, wajib meluangkan waktunya 8 jam untuk menimba ilmu. Keselurahan 8 jam tersebut tidak harus dilakukan secara urut, itu malah dapat memberikan beban kepada kita. Tapi kita buat 8 jam itu berangsur-angsur dan ada jeda waktu untuk istirahat. arti kata continue ini tidak boleh dicontohkan 1 minggu sekali dan dalam waktu 12 jam contohnya. maka saya langsung mengatakan bahwa orang tersebut sangatlah bodoh. lebih baik 1 jam dalam sehari tapi berturut-turut dari pada 12 jam seminggu sekali.
Keempat, Pengamalan (Diamalkan)
Ilmu tanpa diamalkan ilmu tersebut dapat hilang dengan sendirinya karna kita lupa maka untuk mencegah semua itu maka kita harus mengamalkannya. Buat apa punya ilmu tapi tidak untuk diamalkan, apalagi ilmu-ilmu yang berkaitan dengan agama islam seperti muammalah. pengamalan adalah hal yang terpenting karena dengan mengamalkan ilmu kita dengan ikhlas kita dapat menambah pundi-pundi pahala kita untuk tabungan diakhirat kita kelak
Berikut ini adalah faktor-faktor lain yang dapat dengan mudah Menerima Pelajaran dan Cepat Dalam Menghafal adalah sebagai berikut:

1. Makanan
Kebutuhan pokok yang wajib  kita penuhi agar kita tetap dapat hidup. tentu kita harus memilih makanan yang halal dan juga baik tentunya. halal saja tidak cukup, dalam Alqur’an banyak sekali ayat-ayat menerangkan dan menjelaskan tentang perintah memakan makanan yang halal dan baik. 
2. Faktor Internal
Faktor dInternal adalah faktor yang berasal dari diri kita yang mempunyai kaitan dengan linkungan luar untuk mendukung keberhasilan belajar. Contoh saya cepat untuk menghafal dengan cara mondar-mandir dan menghafal dengan bersuara. Faktor dalam ini berbeda-beda untuk setiap orang, maka sebaiknya kita mencari apa sih faktor yang ada dalam diri kita.
Oleh : Bpk. Achmad Hasan (Kerajan Pesisir Besuki-Situbondo)
Redaktur : Zainul Hakim
Dipublisikan Oleh : Mutiara Public


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.