Tips Puasa Bagi Penderita Maag - ilustrasi
Tips Puasa Bagi Penderita Maag - ilustrasi

Tips Puasa Bagi Penderita Maag, Manjur !

MutiaraPublic.com – Adanya permintaan dari salah satu pembaca di situs ini, untuk membahas mengenai tips puasa bagi penderita Maag, maka kami-pun ingin merespon permintaan tersebut untuk membahas mengenai tips puasa bagi penderita Maag.

Saudaraku, Dalam ilmu kedokteran penyakit Maag atau biasa sering disebut sebagai “gastritis”, adalah merupakan suatu proses peradangan atau merupakan proses inflamasi pada sebuah dinding yang melapisi lambung kita.

Komplikasi dari sakit maag ini bisa menimbulkan suatu penyakit luka pada lambung kita yang biasanya dalam ilmu kedokteran disebut sebagai “Ulkus Gaster“. dimana hal ini disebabkan oleh ketidak-seimbangan antara produksi asam lambung tersebut, dengan berbagai mekanisme pertahanan dinding pada lambung kita.

Apabila terjadi Maag pada diri kita, maka bisanya kita dapat merasakan beberapa gejala seperti misal ; pada bagian perut sebelah kiri kita terasa tidak nyaman/ enak , perut terasa mual, perut kembung, perasaan penuh, sesak, terasa nyeri pada perut kita, dan bahkan terkadang muntah.

Ada beberapa hal yang biasanya kita lakukan sehingga menyebabkan sakit Maag tersebut atau bisa meningkatkan asam lambung pada perut kita dan akibatnya akan berujung pada rasa sakit (maag kambuh) ketika melaksanakan puasa, diantaranya seperti misal ; setelah sahur biasanya kita langsung tidur, mengkonsumsi makanan berlebihan atau dengan jumlah yang sangat banyak saat buka puasa, dan atau kita merokok sesaat sesudah berbuka puasa. Nah.. Hal semacam ini (tindakan seperti ini) patut kita hilangkan pada saat kita menjalani puasa Ramadhan ini.

Oleh karena itu Bagi para individu yang lagi menderita Maag, di-ha-rap-kan ! untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan yang jumlahnya sedikit namun sering (artinya konsumsi sedikit-demi-sedikit), seperti misalnya mengkonsumsi makanan yang ringan-ringan dulu pada saat berbuka puasa.

Berikut Detail singkat mengenai tips puasa bagi penderita Maag :

  • Melaksanakan sahur (melakukan makan sahur) ketika mendekati waktu imsak (sebagaimana Rasulullah berpuasa), hal ini supaya tidak terlalu lama perut kosong selama berpuasa.
  • Hindari-lah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas, makanan asam, atau minuman bersoda, minuman yang mengendung kafein.
  • Berbukalah tepat pada waktunya, Artinya jangan ditunda atau diundur-undur. Pada saat ketika kita berbuka mulailah terlebih dahulu dengan makanan yang manis-manis secukupnya, misalnya dengan kurma dll. Hal ini sangat penting untuk menormalkan kembali kadar gula yang ada dalam tubuh kita.
  • Mengkonsumsi makanan secara bertahap. Artinya pada saat berbuka puasa sebaiknya kita jangan langsung saja comot makanan sana-sini/ menyantap makanan besar (seperti nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya Lakukanlah makanan berat itu (makan nasi dan lauk pauk) setelah kita melaksanakan shalat Magrib terlebih dahulu, Ya.. kira-kira sekitar 20-45 menit setelah berbuka dengan makanan ringan tersebut, supaya kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.
  • Nah.. Yang Terakhir perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat pada waktu sahur, sehingga pengosongan lambung kita akan berjalan lambat !

Itulah seputar tips puasa bagi penderita maag, semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi semua pembaca. Dan semoga Allah selalu memberikan kesehatan pada kita semua. Aamiin !

 

 

 

Oleh : Indri Anggraini
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.