Pola Hidup Sehat ala Baginda Rasulullah SAW
Pola Hidup Sehat ala Baginda Rasulullah SAW

Tips Pola Hidup Sehat ala Baginda Rasulullah SAW

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Kita perlu mengingat kembali Firman Allah SWT. sebagai berikut ;

{” Sesungguhnya telah terdapat dalam diri baginda Rasulullah SAW itu suri tauladan yang baik bagimu (yakni) bagi orang yang mengharapkan (rahmat) Allah SWT dan (kedatangan tentang) hari kiamat dan dia banyak mengingat (Menyebut) Allah SWT “} (Al-Ahzab [33]: 21).

Dalam berbagai pola kehidupan dan aktivitas baginda Rasulullah SAW, memang sudah direncanakan oleh Allah SWT sebagai contoh suri tauladan yang baik {” uswah hasanah “} bagi seluruh Umat manusia. Teladan tersebut mencakup aspek-aspek mengenai kehidupan, termasuk juga bermuara pada kesehatan tubuh secara keseluruhan dan pola hidup sehat  ala  baginda Rasulullah SAW.

Saudaraku, Sungguh Kesehatan itu merupakan aset utama dari kekayaan kita yang tidak ternilai dan tidak bisa diukur harganya. Ketika Allah SWT mencabut nikmat kesehatan kita, maka dengan itu pula manusia tersebut rela mencari obatnya walau dengan biaya yang mahal sekalipun bahkan mereka manusia rela menempuh berbagai cara demi pengobatan tersebut.

Namun sangat disayangkan, hanya sedikit sekali dari mereka yang penduli terhadap tubuhnya, sangat sedikit sekali mereka memelihara nikmat kesehatan yang diberikan oleh Allah SWT, Bukankah Allah SWT telah menegaskan kepada kita semua, bahwasanya baginda Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang baik, bukankah baginda Rasulullah SAW merupakan panutan contoh yang baik bagi kita, sungguh baginda Rasulullah telah memberi contoh kepada kita agar tubuh kita selalu sehat dan berberkah serta mendapatkan amal dan ridho dari Allah SWT.

Saudaraku, Pola makan seringkali dikait-kaitkan erat dengan suatu pengobatan, memang hal ini betul sekali, sebab makanan yang ada dalam tubuh kita merupakan penentu proses metabolisme dari dalam tubuh. Seperti halnya para pakar kesehatan yang selama ini sudah mengenal dua bentuk macam dari pengobatan yakni ; (1) pengobatan sebelum terjangkit penyakit (ath thib Al wiqo’i) dan (2) pengobatan setelah terjangkit penyakit (at thib al’ilaji).

Dengan mencontoh pola hidup sehat ala baginda Rasulullah SAW, sadar atau tidak, kita sebenarnya sudah menjalani terapi dalam mencegah berbagai penyakit yang di akibatkan oleh berbagai makanan yang dapat merusak tubuh kita, oleh karena itu kami MutiaraPublic.com Akan memberikan gambaran, bagaimana pola hidup sehat ala baginda Rasulullah SAW berdasarkan dari riwayat-riwayat yang pastinya bisa dipercaya, langsung saja inilah pola hidup sehat ala baginda Rasulullah SAW ;

1. Biasanya diwaktu pagi hari, baginda Rasulullah SAW memakai siwak untuk menggosok giginya atau menjaga kesehatan mulut dan gigi. Serta berbagai organ tubuh kita yang sangat berperan aktif dalam makanan yang kita konsumsi. Apabila mulut kita dan juga gigi kita sakit, maka kadangkala proses makanan yang kita konsumsi akan menjadi terganggu.

2. Biasanya diwaktu pagi hari pula baginda Rasulullah SAW, selalu membuka menu makanan dengan terlebih dulu minum segelas air dingin yang dicampur dengan satu sendok madu murni asli. Khasiatnya Insyaallah akan luar biasa. Dalam Al-Qur’an pun, kandungan madu murni asli tersebut merupakan obat (syifaa). Ditinjau dari segi ilmu kesehatan, madu murni tersebut berfungsi untuk membersihkan lambung dalam tubuh kita, serta madu murni bisa menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan dalam tubuh kita.

{” Sesungguhnya baginda Rasulullah SAW, minum air zam-zam sambil beliau berdiri “} (Diriwayatkan oleh ; Ibnu `Abbas r.a.)

{” Minuman yang disukai (paling disukai) baginda Rasulullah SAW adalah minuman yang manis dan yang dingin (air putih dan madu murni) “} (sumber riwayat oleh ; `Aisyah r.a.)

3. Ketika memasuki waktu dhuha baginda Rasulullah SAW selalu mengonsumsi tujuh butir kurma matang (ajwa’). baginda Rasulullah SAW juga pernah bersabda sebagai berikut ; {” Barangsiapa (diantara kalian) yang makan (mengkonsumsi) tujuh butir kurma, maka (insyaallah) akan terlindungi dari racun “}

Hal tersebut dapat dibuktikan ketika pada saat seorang wanita Yahudi yang menaruh racun dan mencampur ke dalam makanan baginda Rasulullah SAW (pada sebuah percobaan pembunuhan) di perang khaibar. Maka dengan izin Allah SWT Racun yang tertelan oleh baginda Rasulullah SAW kemudian dinetralisir oleh zat-zat kandungan dalam kurma tersebut. dan baginda Rasulullah SAW selamat.

4. Pada waktu malam hari, misalnya menu konsumsi utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat yang mengatakan, bahwa baginda Rasulullah SAW, selalu mengkonsumsi sayur-sayuran. Secara umum, sayuran tersebut mempunyai kandungan zat yang berfungsi sebagai penguat utama daya tahan tubuh kita dan kandungan pada sayuran yang baik dan segar tersebut dapat melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

5. Patut kita ketahui bahwa baginda Rasulullah SAW, ketika selesai mengkonsumsi makanan, beliau tidak langsung tidur. Akan tetapi Beliau lebih mengutamakan aktivitas terlebih dahulu (beraktivitas dulu) agar makanan yang dikonsumsinya tersebut bisa masuk ke lambung dan dengan cepat makanan tersebut sangat mudah dicerna oleh tubuh kita. (salah satu aktivitas tersebut juga bisa dengan cara malakukan shalat)

6. baginda Rasulullah SAW sering menyempatkan diri dalam melakukan aktivitas yakni berolahraga. Terkadang baginda Rasulullah SAW berolahraga sambil bermain dengan cucu-cucunya.

 

Demikianlah Tips pola hidup sehat ala baginda Rasulullah SAW, semoga tulisan ini bisa dimanfaatkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

 

 

 

Oleh : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.