Tips Menumbuhkan Cinta Kepada Rasulullah SAW
Tips Menumbuhkan Cinta Kepada Rasulullah SAW

Tips Menumbuhkan Cinta Kepada Rasulullah SAW

MutiaraPublic.com – Saudaraku, sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita yakni setiap Muslim untuk cinta kepada Rasulullah SAW, sebagaimana melebihi cintanya kepada seluruh makhluk. Bahkan, dengan mencintai Baginda Rasulullah SAW merupakan ushul iman (pokok keimanan) yang bergandengan cinta kepada Allah SWT, sebagaimana Allah SW sudah menjelaskan dalam sebuah ayat dengan menyerta-kan Ancaman bagi mereka yakni orang-orang yang lebih mendahulu-kan kecintaannya kepada kerabat, harta benda, negara serta lahirnya daripada cinta kepada keduanya.

{” Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. “} (At-Taubah : [24])

Rasulullah SAW Bersabda :

{” Tidak beriman (dengan sempurna) salah seorang di antara kalian, sampai aku lebih ia cintai daripada orangtuanya, anaknya, dan manusia seluruhnya “} (H.R.: Al-Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu, wajib hukumnya mendahulukan dan mengutamakan cinta kepada Rasulullah SAW atas kecintaan kita kepada diri sendiri, anak, kerabat, keluarga, harta, dan tempat tinggal serta segala sesuatu yang sangat dicintai manusia.

Dan setiap orang boleh mengklaim dirinya sebagai pecinta Rasulullah SAW. Namun, klaim tersebut tidak akan bermanfaat jika tidak dibuktikan dengan ittiba’ (mengikuti sunnahnya), taat serta selalu berpegang teguh terhadap petunjuknya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT :

{” Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencintai Allah SWT maka ikutilah (petunjuk-ku). Niscaya Allah SWT mencintaimu serta mengampuni dosa-dosamu. Allah SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang “}. (QS. Al-Imran: 31).

Ketika Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas ini, beliau berkata, “Ayat yang mulia ini merupakan hakim (pemutus perkara) bagi setiap orang-orang yang mengaku mencintai Allah SWT, Namun orang itu tidak mengikuti jalan (sunnahnya) Rasulullah SAW. Maka, dia adalah termasuk orang yang berdusta dalam pengakuan tersebut hingga dia mau me-ngikuti syariat dan agama (yang dibawa oleh) Bagina Rasulullah Muhammad SAW dalam setiap ucapan, perbuatan, dan keadaannya”.

Berikut ini Tips Menumbuhkan Cinta Kepada Rasulullah SAW

1.) Hendaknya kita selalu ingat bahwasanya Baginda Rasulullah SAW adalah orang yang paling berjasa kepada kita dan paling baik, bahkan melebihi orangtua kita sendiri. Rasulullah SAW lah yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju cahaya terang, beliaulah yang telah menyampaikan agama serta kebaikan-kebaikan kepada kita semua, dan beliaulah yang telah memperingatkan kita dari berbagai macam kemungkaran. kalau bukan karena Rahmat dari Allah SWT yang telah mengutus Baginda Rasulullah SAW, tentunya kita telah tenggelam dalam berbagai kesyirikan dan kesesatan.

2.) Renungkanlah perjalanan hidup Baginda Rasulullah SAW jihad dengan kesabaran-nya serta apa yang telah beliau korbankan demi tegaknya agama Islam ini, dan dalam menyebar-kan agama Islam, agama tauhid serta memadamkan berbagai ke-syirikan. Sungguh hal ini adalah suatu upaya yang tidak bisa dijangkau oleh siapa pun.

3.) Renungkanlah perihal keagungan akhlak Baginda Rasulullah SAW, sifat serta sikapnya yang sangat sempurna. Beliau itu rendah hati terhadap kaum Mukminin dan sangat keras terhadap orang-orang yang berlaku munafik dan musyrik. Beliau adalah dermawan, pemberani, dan penyayang. Allah SWT berfirman.

{” Sesungguhnya telah ada pada (diri) Baginda Rasulullah SAW itu (tentang) Suri Tauladan yang baik bagimu “} (Q.S.: Al-Ahzab: 21)

4.) Ketahuilah kedudukan beliau di sisi Allah Ta’ala. Rasulullah SAW adalah orang yang sangat-sangat paling mulia di antara seluruh umat manusia di dunia ini, Beliau adalah penutup para Nabi, yang sangat diistimewakan kelak pada hari Kiamat atas segenap/ seluruh para Nabi untuk memberikan syafa’at uzhma (agung), yang tentunya telah memiliki maqam mahmud (kedudukan terpuji), Rasulullah SAW adalah orang yang pertama kali membuka pintu surga dan banyak lagi berbagai keutamaan beliau lainnya.

 

Itulah seputar tips menumbuhkan Cinta Kepada Rasulullah SAW, semoga tips yang singkat ini bisa menjadi bekal semuanya dalam menumbuhkan cintanya Rasulullah SAW.

 

Aamiin!

 

 

 

Oleh : Sa’Dullah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.