Menggapai Sifat Dermawan (foto ; blogspot)

Tips Menggapai Sifat Dermawan

MutiaraPublic.com – Islam adalah agama yang sangat menekankan agar pemeluknya menginfakkan harta kekayaan dijalan yang baik, dan mencela tabiat kikir yang tidak mau mengulurkan tangan membantu orang lain. Oleh sebab itu, Islam sangat sekali menghendaki supaya para pemeluknya bersikap murah hati dan dermawan. Dalam hal ini, Islam menganjurkan supaya sesama kaum muslimin berlomba-lomba mengejar kebajikan, dan menjadikan sebagai kegiatan utama dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat dermawan adalah sifat yang mesti wajib ditanamkan dalam diri setiap muslim, menurut kamus bahasa indonesia, Dermawan diartikan sebagai pemurah hati atau orang yang suka berderma (beramal dan bersedekah).

Menurut istilah, Dermawan dapat diartikan memberikan sebagian hartanya yang dimiliki demi kepentingan orang lain yang membutuhkan dengan rasa senang hati tanpa keterpaksaan. Orang yang Dermawan adalah orang yang senang jika bisa membantu orang lain yang sedang ditimpa kesusahan. Dengan memiliki sifat dermawan, hidupnya akan lebih bahagia karena kedermawanannya tersebut akan melapangkan dadanya. Secara sosial mereka yang dermawan akan disenangi oleh banyak orang, sehingga orang-orang tersebut tidak enggan untuk bergaul dengan mereka.

Ada beberapa tips dalam menggapai sifat dermawan tersebut sebagai berikut ;

1. Jangan Sekali-kali Berpikir Bahwa Harta Yang Kita Dapat adalah Semata-mata Hasil Jerih Payah Kita Sendiri Tanpa Ada Untur Pertolongan dari Allah SWT.

Dengan berpikir bahwa harta itu adalah hasil usaha kita, maka kita akan menjadi orang yang kikir. Tetapi sebaliknya, jika kita yakin bahwa harta yang kita dapat merupakan karunia dan pertolongan dari Allah maka kita akan logowo dan enteng untuk membantu orang lain karena Allah SWT. Bukankah wajar bagi seseorang yang mensukseskan usaha itu mendapat imbalan? Nah! Cara memberi imbalan kepada Allah SWT adalah dengan menginfakkan sebagian harta kepada fakir dan miskin.

2. Tanamkan Secara Mendalam, dalam Lubuk Hati Bahwa Harta Yang Kita Punya pada Hakekatnya adalah milik Allah SWT.

Manusia hanya mempunyai hak pakai. Suatu saat jika nafas terpisah, maka otomatis sirna pulalah hak pakai itu. Maka dengan demikian, membelanjakan harta kita dalam hal (untuk) kebaikan akan menjadi terasa ringan.

3. Jangan Iri Terhadap Harta Orang Lain, Karena hal itu Akan Mendorong Kita Untuk Mengumpulkan Harta Sebanyak-banyaknya. Hal ini Pasti Akan Menyebabkan Kita Kikir dengan Aoa Yang Kita Punya.

Baginda Rasulullah SAW, Bersabda yang artinya ;

{” Janganlah (diantara) kalian saling marah (membenci), saling hasad (dengki), saling membelakangi. Jadilah kalian (sebagai) hamba-hamba Allah SWT yang bersaudara. Dan Tidak halal bagi (kalian) seorang muslim (untuk) menjauhi saudaranya (selama) lebih dari tiga malam “} (HR. Abu Dawud).

4. Banyaklah Bersyukur Atas Apa Yang KIta Miliki Saat Ini. Lihatlah Orang-orang Yang Kalkulasi Hartanya Jauh Dibawah Kita.

Allah SWT berifirman, yang artinya ;

{” Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan engkau (Allah SWT) memaklumkan; “Sesungguhnya jika engkau bersyukur, pastilah Kami akan menambah (kenikmatan) kepada dirimu, dan jika engkau mengingkari (nikmat-Allah SWT), maka sesungguhnya adzab-Ku (Allah SWT) sangatlah pedih (pedih sekali)” “} (QS. Ibrahim : 7).

5. Diam-diam Selamilah Kehidupan Mereka Yang Sedang Kekurangan; Bagaimana Kesengsaraan Mereka. Alangkah Bahagianya Jika Ada Saudara-saudara Seiman dan Seagama ini Yang Menjadi Pahlawan Penolong Kesengsaraan Mereka.

Baginda Rasulullah SAW, Bersabda yang artinya ;

Hadits Sifat Dermawan 1

6. Ikhlaskan Niat Dalam Sedekah dan Infak. Barangsiapa Meringankan Beban Orang Lain Di Muka Bumi ini Maka Allah SWT Akan Meringankan Bebannya Di Akhirat Kelak.

Hadits Sifat Dermawan 2

7. Yakinlah Bahwa Harta Yang Didermakan Tidak Akan Berkurang, Bahkan Malah Bertambah.

Baginda Rasulullah SAW, Bersabda yang artinya ;

{” (sama sekali) Tidaklah (tidak akan) berkurang harta (kalian) yang disedekahkan (dijalan Allah SWT) “} (HR. Muslim).

 

Itulah tips dalam menggapai sifat dermawan, semoga Allah SWT selalu menjadikan kita orang-orang yang dermawan tersebut. Amin !

 

 

 

Oleh : Arini Nadiah
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.