Tips Memilih Jilbab yang Sesuai dengan Ajaran Islam
Tips Memilih Jilbab yang Sesuai dengan Ajaran Islam

Tips Memilih Jilbab yang Sesuai dengan Ajaran Islam

MutiaraPublic – Seiring dengan berkembangnya fashion muslimah dalam beberapa tahun belakangan ini sehingga menimbulkan banyaknya bermunculan model-model jilbab terbaru begitu juga dengan munculnya designer-designer jilbab. Fenomena ini menjadikan jilbab sebagai sebuah komoditas yang diincar oleh wanita-wanita Indonesia untuk mengikuti trend fashion yang sedang berkembang.

Lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan jilbab muslimah itu sendiri?

Sesuai dengan namanya maka berarti ada sebuah makna eksklusif dalam konsep tersebut bagi wanita muslimah berati jilbab muslimah adalah sebuah pakaian yang diperuntukkan khusus untuk wanita muslimah yang taat dan patuh kepada Allah SWT. Sehingga jilbab bukanlah semata kain yang melekat pada kulit tubuh manusia yang trendnya bisa berubah dan hilang ditelan zaman, namun jilbab adalah identitas dari wanita muslimah itu sendiri.

Kewajiban yang melekat dalam penggunaan jilbab mengandung makna bahwa adanya aturan-aturan islam yang menjabarkan syarat-syarat jilbab yang diterima oleh islam itu sendiri, Maka dari itu bagi wanita muslimah berhati-hatilah dalam memilih jilbab, berikut ini adalah informasi seputar tips memilih jilbab yang sesuai dengan ajaran Islam :

  • Hal pertama yang harus dipenuhi dalam memilih jilbab yang benar adalah jilbab yang menutup aurat Jangan sampai menggunakan jilbab namun sangat pendek sehingga leher atau rambut juga masih bisa dilihat oleh yang bukan mahramnya. Karena menampakkan aurat bagi yang bukan mahram adalah haram hukumnya.
  • Jilbab yang benar adalah dengan batas hingga menutupi dada, sesuai dengan Ayat Suci Al-quran surat an-Nur ayat 31, dengan banyaknya mode jilbab muslimah belakangan ini kita harus selektif dengan mode yang sesuai dengan syariat yaitu sampai menutupi bagian dada. Ada beberapa mode jilbab yang hanya membalutkan jilbab ke bagian leher sehingga tidak menutupi bagian dada, sebagai muslimah yang baik hendaknya kita tidak mengikuti model yang seperti itu karena bertentangan dengan yang diajarkan oleh agama Islam.
  • Dalam Memilih Jilbab Yang Benar dianjurkan Jilbab tersebut tidak ketat Sama halnya dengan model jilbab yang dibalutkan ke leher hingga lekuk bagian leher tersebut terbentuk jelas, mode jilbab yang ketat seperti ini harus dihindari karena dalam islam dilarang menggunakan pakaian yang membentuk bagian tubuh sehingga orang lain bisa melihat lekukan – lekukan tubuh wanita.
  • Jangan menggunakan jilbab yang tipis dan transparan Jilbab dengan bahan yang tipis sehingga menerawang ini masih memungkinkan bagi lawan jenis untuk mengetahui seperti apa kira-kira aurat dari wanita tersebut, sehingga jilbab yang benar adalah jilbab yang terbuat dari kain yang tebal dan tidak transparan.
  • Tidak menyerupai pakaian dari agama lain Pakaian dengan penutup kepala seperti jilbab tidak hanya digunakan oleh orang islam,  ajaran agama lain ada juga yang mengajarkan untuk menggunakan pakaian tertutup contohnya pakaian biarawati dalam ajaran kristen dan wanita-wanita yahudi yang juga diperintahkan untuk menutup rambutnya ketika sudah menikah. Jangan sampai model jilbab yang anda pilih menyerupai dari pakaian ajaran agama-agama lain.
  • Dan yang terakhir tidak menyerupai laki-laki Karena Allah membenci wanita yang berpakaian seperti laki-laki begitupula sebaliknya.

 

Demikianlah info seputar Tips Memilih Jilbab yang Sesuai dengan Ajaran Islam, semoga artikel sederhana ini dapat bermafaat dan diamalkan oleh kita para muslimah yang semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat-Nya.

 

 

 

Oleh : Maryam Jamilah
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.