Tips Malam-malam Terakhir Ramadhan

Tips Malam-malam Terakhir Ramadhan

MutiaraPublic.com – Kini kita sudah memasuki malam-malam terakhir Ramadhan. Biasanya terdapat sesuatu yang di impikan oleh umat Islam di masa-masa akhir puasa Ramadhan ini, yakni malam seribu bulan, Malam Lailatul Qadar, dimana nilai keutamaan dari malam ini sama dengan seribu bulan.

Saudaraku, diwaktu malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi bersamaan dengan Malaikat Jibril a.s. Dengan demikian pula, Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada seluruh umat mukminin yang melakukan Taubat, walaupun sebesar dan sebanyak apapun dosa-dosa mereka.

Maka demikian, Kita pun tentunya tidak ingin begitusaja melewatkan malam Lailatul Qadar tersebut bukan ? Oleh karena itu berikut ada tips malam-malam terakhir Ramadhan yang insyaallah akan bermanfaat bagi kita, sebagaimana berikut ini :

  • Mulailah pertama-tama dengan niat yang tulus, ikhlas, dan bersih. Jika misalkan ibadah kita hingga hari ini terasa masih belum maksimal, maka bersiap-siaplah untuk memaksimalkan-nya. Artinya jika kita benar-benar ingin memperbaikinya, mumpung masih ada waktu !
  • Pada sekarang ini, cobalah baca tafsir dari surah Al-Qadr, dan baca, pahami artinya, dan resapi apa yang sesungguh-nya terjadi pada Malam Lailatul Qadar ini. Maka niscaya Kita akan merasakan betul kekuatan dan keagungan Allah SWT.
  • Bersegeralah sekarang ini, dan Janganlah kita menunggu hingga sampai malam ke-27 untuk me-ngerahkan segalanya. Karena seharusnya seluruh malam dari 10 malam terakhir ini menjadi target kita. Maka dari itu bangunlah setiap malam-nya. Jangan sampai malam lailatul qadar ini terlewatkan begitu saja. Sebagaimana sabada Rasulullah SAW : {” Barangsiapa yang berjaga (tidak tidur dimalam lailatul qadar) dan (ia) berdoa pada malam lailatul qadar dengan penuh iman dan pengharapan akan ganjarannya, (maka) dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. “}
  • Hafalkanlah doa malam lailatul qadar tersebut sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullaah SAW ini, Doa Malam Lailatul Qadar : {” Allaahumma innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’ Fu’anni (Yaa Allah…, Engkau-lah maha Pengampun dan Menyukai pengampunan, Maka (Sungguh) ampunilah Aku) “}. Ketika kita bermunajat kepada-Nya, maka ingatlah bahwa kita sedang meminta kepada Rabb Yang Maha Pemurah. Jadi jangan sekali-kali ragu, yakinlah, Tumpahkanlah semua isi hati kita di hadapan Allah SWT, Tumpahkanlah seluruh apa yang ada dalam benak kita kepada-Nya, dan Jangan biarkan keragu-raguan ini serta prasangka-prasangka buruk ini menjauhkan kita dari Sang Pengasih dan Pemurah.
  • Siapkanlah daftar-daftar pendek doa-doa yang dibutuhkan untuk dipanjatkan dimalam lailatul qadar tersebut. Perlu di Ingat bahwa hal ini adalah merupakan waktu yang betul-betul sangat istimewa bagi kita seorang hamba. Malam Lailatul Qadar !, Malam ditetapkan-nya takdir ! Maka pilih-lah doa-doa yang terbaik untuk agama kita, pilihlah untuk dunia dan akhirat kita serta untuk keluarga kita. Jangan Lupakan Keluarga kita ! Rasulullah SAW membangunkan keluarganya yakni para istrinya di waktu malam-malam ini. Serta anak-anaknya rasulullah pun juga bisa diajak untuk beribadah walaupun dalam beberapa saat (walau tidak selama orang-orang dewasa). Dan selalu siapkan, semangatilah, dan motivasilah mereka !
  • Jika memungkinkan Sempatkanlah tidur siang walau hanya sejenak. Jagalah perut kita supaya tidak terlalu ke-kenyangan dan tidur-lah sesegera setelah melaksanakan shalat isha’ dan tarawih hal ini sekadar untuk menyegarkan diri kita. Lalu kemudian bangun-lah untuk melakukan ibadah tersebut. Jika masih terasa mengantuk, maka sebaiknya variasikan bentuk ibadah kita tersebut yakni antara shalat, dengan bermunajat dan juga dengan membaca Al-Qur’an. Laksanakanlah hal tersebut secara bergantian.
  • Secara psikologis, Dalam hal berpakaian di dalam mempersiapkan diri kita itu akan sangat berpengaruh. Maka dari itu Pakailah-pakaian yang sekiranya bagus dan gunakan wewangi-wangian/ parfum ketika melakukan ibadah tersebut. Sebaiknya kita pilih spot khusus yang sekiranya kondusif dalam melakukan ibadah tersebut, apakah itu di rumah atau di masjid. Maka letak-kan sajadah-sajadah kita, serta mushaf dan juga persiapan air minum sehingga ketika kita haus kita pun tidak perlu beranjak dari kediaman tersebut.
  • HARAP DIINGAT ! malam lailatul qadar ini bukan malam untuk pasang-pasang status di media sosial ! (misal seperti status : “Alhamdulillaah.. ya…, nikmatnya terasa ketika saat ini bermunajat kepada-NYA” dan status lain-lainnya) entah itu di FB, Twitter, Whatsaap, BBM, atau media-media sosial lainnya. Saudaraku, Biarlah amalan ini menjadi rahasia indah antara kita seorang hamba dengan Allah SWT, Cukup Allah SWT lah yang tahu. Maka dari itu, sebaiknya di saat malam tersebut matikan dulu HP kita, matikan dulu tablet kita dan komputer kita. Putuskanlah dulu hubungan kita ini dengan dunia, dan nikmatilah jalinan hubungan batin kita dengan Sang Maha Kuasa Allah SWT !

 

Semoga tulisan ini ( Tips Malam-malam Terakhir Ramadhan ) bisa bermanfaat sebagai bekal tambahan ilmu dalam mendekatkan diri Kepada Sang Pencipta Allah SWT. Aamiin !

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.