Tips Islami, Rahasia Sukses Mengadapi UAS
Tips Islami, Rahasia Sukses Mengadapi UAS

Tips Islami, Rahasia Sukses Mengadapi UAS

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Adik-adikku muslimin dan muslimat, marilah kita terus bertawakal kepada Allah SWT, dalam menghadapi ujian-ujian di sekolah maupun ujian-ujian di kampus, dan tetap selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT, disertai menempuh sebab-sebab syar’i.

Dalam hadits riwayat Muslim yang mengatakan ;

{” Mukmin yang kuat itu lebih baik serta lebih dicintai Allah SWT, daripada (mereka) mukmin yang lemah. (dan) Masing-masing (niscaya) ada kebaikannya tersendiri. (maka) Bersemangatlah dalam mengerjakan apa yang bermanfaat bagimu, serta mintalah pertolongan (hanya) kepada Allah SWT, dan janganlah lemah “} (HR. Muslim)

Langsung saja kita simak beberapa Tips Islami, Rahasia Sukses Mengadapi UAS berikut ini ;

Tips Pertama

Mintalah kemudahan kepada Allah SWT dengan cara Berdoa kepada-NYA. Seperti yang telah dijelaskan dalam ayat suci Al-Qur’an ; {” Ya Rabb-ku, Lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku “} (QS. Thaha [20] : 25)

Tips Kedua

Mempersiapkan diri dengan cara belajar, menyiapkan peralatan ujian, kemudian tidur lebih awal, dan pergi ketempat ujian (ke sekolah atau ke kampus) sesuai waktunya.

Tips Ketiga

Membaca doa sebelum meninggalkan rumah (tempat tinggal anda)
Menyebut nama Allah sebelum memulai ujian dan
Mengingat Allah (Berdzikir) dalam menghilangkan kecemasan dan ketegangan pada diri Anda

Tips Keempat

Lihatlah keseluruhan soal ujian terlebih dahulu. kemudian jawablah soal yang dianggap paling mudah, dan kemudian soal ujian yang Anda anggap paling susah. Jawablah pertanyaan tersebut berdasarkan tingkat kepentingan soal dan biasakan jangan terburu-buru. Selanjutnya sediakan minimal 10% waktu untuk meReview jawaban Anda.

Tips Kelima

Dalam menghadapi tes tertulis, kumpulkan pikiran Anda sebelum mulai menjawab. Tulis kerangka jawaban Anda dengan beberapa kata yang akan Anda diskusikan. Kemudian berilah urutan untuk ide-ide tersebut, sesuai dengan urutan yang akan Anda tuliskan. Selanjutnya, tulis pikiran pokok dari jawaban Anda pada kalimat pertama.

Tips Keenam

Jika setelah UAS Anda masih merasa bahwa jawaban Anda tersebut banyak yang salah, maka jadikanlah hal itu sebagai pelajaran tentang pentingnya persiapan yang matang dikemudian hari. Terimalah kehendak dan ketetapan Allah SWT dan hal paling penting adalah jangan menjadi frustasi dan putus Asa.

Seperti hadits riwayat Muslim yang mengatakan ; {” Jika Anda tertimpa (ditimpa) suatu musibah, maka janganlah Anda mengatakan ; “seandainya aku lakukan demikian dan demikian..”. Akan tetapi hendaklah Anda katakan ; “Qadarullah..,Wa Maa Syaa’a Fa’al” (hal ini sudah menjadi takdir Allah SWT, setiap apa yang Allah SWT kehendaki pasti terjadi). karena perkataan “seandainya” (Law), dapat membuka pintu syaiton “} (HR. Muslim)

Tips Ketujuh

Jangan Menyontek ! Karena, ketahuilah bahwa menyontek itu Haram. Seperti hadits riwayat Muslim yang mengatakan ; {” Barangsiapa (dari kalian) menipu, maka kalian bukan termasuk golongan Kami “} (HR. Muslim)

 

Itulah beberapa Tips Islami, Rahasia Sukses Mengadapi UAS, semoga tulisan tersebut bisa bermanfaat banyak bagi Anda semua, Amin !

 

 

 

Oleh : Nur Laely
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.