Tips Dalam Meraih Kesabaran, Khusus Bagi Kaum Muslim
Tips Dalam Meraih Kesabaran, Khusus Bagi Kaum Muslim (foto ; blogspot)

Tips Dalam Meraih Kesabaran, Khusus Bagi Kaum Muslim

MutiaraPublic.com – Sabar adalah salah satu akhlak yang sangat mulia yang tiada tara nilainya. Bagi siapa yang memilikinya sungguh amat beruntunglah dia. Kemuliaan inilah yang digambarkan dengan baik oleh Imam Ibnul Qayyim. Beliau mengungkapkan bahwa ; {“ Allah SWT telah menjadikan sabar, ibarat sebagai kuda yang tak pernah letih, ibarat pedang yang tak pernah tumpul, ibarat pasukan yang tak pernah terkalahkan, dan ibarat benteng yang tak pernah tertaklukkan . Sabar dan kemenangan ibarat merupakan dua sadara kandung “}

Sabar berasal dari sebuah kata al-man’u (mencegah) serta al-habsu (menahan). Jadi yang dinamakan sabar itu adalah menahan jiwa dari rasa gelisah pada diri kita, menehan lisan dari rasa mengeluh, menahan anggota tubuh (badan) dari menampar pipi, dari merobek-robek pakaian dan lain-lainnya. (Ibnu Qayyim Al-Jauziyah).

Sabar adalah salah satu akhlak yang dapat menghalangi berbagai munculnya suatu tindakan negatif atau tindakan yang tidak baik dan tidak layak. Sabar merupakan salah satu sumber dari kekuatan jiwa, yang apabila dengannya (sabar) segala urusan jiwa kita ini bisa menjadi baik dan tuntas.

Al-Junaid bin Muhammad ketika itu pernah ditanya tentang sabar, lalu ia pun menjawab ; {“ Sabar itu adalah menegukkan kepahitan tanpa bermuka muram “}.

Kesabaran ini sangat sekali dibutuhkan bagi setiap kaum muslimin dalam beribadah kepada Allah SWT di dunia. terlihat lagi ketika seorang tersebut sedang menapaki jalan kebenaran, jalan kebenaran menuju ridho Allah SWT. Maka sikap sabar inilah yang harus jelas tertanam pada diri mereka, Karena berbagai macam halangan yang pastinya akan mereka hadapi, berbagai macam rintangan, berbagai macam ujian dan cobaan yang akan selalu mereka hadapi.

Oleh karena itu MutiaraPublic.com akan memberikan seputar tips dalam meraih kesabaran khusus bagi muslim. Sebagaimana menurut Dr. Yusuf Qardhawi, paling tidak ada 8 tips dalam meraih kesabaran yang bisa ditempuh agar kita dapat meraih derajat shabirin (derajat orang yang sabar). Berikut ini tips dalam meraih kesabaran tersebut :

1. Memahami Watak dan Hakikat Dunia

Salah satu faktor yang sangat menentukan sabar atau tindakan seseorang adalah kejelasannya dalam menatap hakikat kehidupan di dunia ini. Sungguh dunia bukanlah surga dimana tempat kenikmatan yang tiada akhir. Dunia juga bukanlah tempat menuai hasil dari amal perbuatan manusia. Tetapi Dunia adalah arena untuk menguji, menguji bagi siapa dari kita yang paling baik amalnya. Sebagaimana firman Allah SWT ;

{“ Yang menciptakan kematian serta menciptakan kehidupan, (semata-mata) untuk menguji kalian siapakah yang paling baik amalnya “} (QS. Al-Mulk ; 2).

2. Memahami Hakikat Manusia

Hendaknya manusia (kita) mengetahui betul bahwa manusia (kita) dengan segala atribut yang disandangnya (diperolehnya), pada hakikatnya itu adalah milik Allah SWT. Setiap saat, suka atau tidak suka , kapan saja, dan dimana saja jika Allah SWT menghendaki maka kita semua akan kembali padaNya.

3. Yakin Akan Adanya Balasan Di Sisi Allah SWT

Al-Qur’an menegaskan bahwa bagi mereka yang sabar akan dijamin oleh Allah SWT dengan balasan yang sangat tinggi nilainya, yakni terutama pada saat mereka kembali di sisi Allah SWT. Sebagai mana Allah SWT berfirman yang artinya :

{“Alangkah bagus ganjaran orang-orang yang beramal (baik), (yaitu) mereka yang sabar dan bertawakal kepada Rabbnya “} (QS. Al-Ankabut ; 58-59)

4. Yakin Akan Adanya Jalan Keluar

Kita harus yakin betul akan pertolongan Allah SWT, sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah SWT kepada kita orang-orang yang beriman. Mengenai penyelesaian masalah dari Allah SWT, sangat tidak diragukan lagi pasti datang (pertolongan tersebut kepada kita), selagi kita rajin mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagaimana firmanNya yang artinya ;

{“ Allah SWT akan memberikan kemudahan (kepada kita) setelah (kita mengalami) kesempitan “} (QS. Ath-Thalaq ; 7)

5. Memohon Pertolongan Kepada Allah SWT

Sabar merupaka salah satu nikmat dari Allah SWT, yang hanya diberikan kepada hamba-hambaNya yang Dia kehendaki. Oleh karena itu, sudah semestinya disamping upaya yang bersifat manusiawi, kita juga haruslah rajin-rajin dalam berdoa memohon pertolongan Kepada Allah SWT.

6. Meneladani Orang-orang yang sabar

Mempelajari dan meneladani sejarah hidup mereka yakni orang-orang yang sabar, baik itu dari kalangan nabi, kalangan sahabat, kalangan tabi’in, kalangan suhada, kalangan ulama, maupun shalihin. Karena dengan meneladani hidup mereka, kita akan mampu membangkitkan kekuatan baru dalam jiwa kita. Kita akan sadar betul bahwa cobaan yang kita terima/ alami ini belum sebanding dengan apa yang mereka terima. Dan mereka mampu bersabar dengan sebaik-baik kesabaran.

7. Beriman Kepada Qadha

Sesungguhnya, dengan berserah diri dan meyakini perihal kebenaran takdir Allah SWT adalah sesuatu sikap yang sangat terpuji dan diisyaratkan. Segala sesuatu yang menimpa kita adalah di luar kemampuan kita. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya ;

{“ Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan pada dirimu, kecuali telah ditulis dalam kitab (Lauhul Mahfudz) sebelum kami menciptakannya. Sungguh, yang demikian itu adalah mudah bagi Allah “} (QS. Al-Hadid ; 22).

8. Menjauhi Penyakit Yang Merusak Kesabaran

Manusia secara umumnya dan kaum beriman secara khususnya dan orang yang berjihad secara lebih khusus lagi, haruslah menghindari suatu hal-hal yang bisa merusak kesabaran. seperti Contoh, tergesa-gesa ingin keluar dari berbagai kesulitan, berkeluh-kesah, dan berburuk sangka kepada Allah SWT, bahkan berputus asa dari rahmat Allah SWT. Naudzubillah !

 

Semoga, kita selalu dibimbing oleh Allah SWT agar senantiasa kita meniti jalan kebenaran dengan penuh kesabaran hingga akhir hayat kita. Amin !

 

 

 

Oleh : Muhiburrahman Abu Zafirah
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.