Tips Dalam Menggapai Sifat Zuhud
Menggapai Sifat Zuhud

Tips Dalam Menggapai Sifat Zuhud

MutiaraPublic.com – Zuhud adalah sebuah kata yang bermakna “berpaling” atau berpindahnya keinginan terhadap sesuatu kepada hal lain yang tentunya lebih baik darinya. Sesuatu yang ditinggalkannya tersebut seharusnya adalah sesuatu yang dicintainya. Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu yang sama sekali tidak disukainya atau tidak diinginkan oleh jiwanya, maka hal itu tidak disebut orang yang zuhud.

Orang yang berpaling meninggalkan cinta dunia kepada cinta akhirat disebut sebagai orang yang zuhud terhadap dunia. Sebab, pada setiap jiwa manusia itu sesungguhnya telah tertanam secara naluri perihal kecintaannya terhadap perkara-perkara duniawi. Sedangkan di akhirat kelak, itu jauh lebih baik dari dunia sekarang ini.

Ada beberapa pendapat dari para ulama mengenai pengertian zuhud, diantaranya adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang mengatakan ; {“ Zuhud tersebut adalah meninggalkan sesuatu atau apa-apa yang tidak bermanfaat untuk kepentingan akhirat kelak, yaitu perkara mubah yang terlanjur berlebihan dan tidak dapat digunakan dalam membantu untuk berbuat ketaatan kepada Allah SWT, disertai dengan sikap percaya sepenuhnya terhadap apa yang ada disisi Allah SWT “}.

Sedangkan menurut pendapat Sufyan Ats-Tsauri ; {“ Orang yang zuhud tidak merasa gembira karena telah mendapatkan dunia, dan tidak merasa sedih karena telah kehilangan dunia “}.

Abu Muslim Al-khalani berkata ; {“ Kezuhudan di dunia itu bukanlah dengan mengharamkan yang halal dan kemudian membuang harta kita, Namun kezuhudan di dunia adalah jika apa yang ada di tangan Allah SWT lebih kita yakini daripada apa yang ada ditangan kita, dan jika kita terkena musibah maka kita lebih berharap kepada pahalanya serta simpanan modal musibah itu “}. (Ibnu Rajab dalam Jami’ Al-Ulum Wal-Hikam: 2/179)

Zuhud adalah amalan hati sehingga tidak bisa di ukur dengan perkara lahiriah mislanya seperti; kemiskinan, badan yang kurus, pakaian yang compang-camping dan lain-lainnya.

Oleh sebab itu, Abu Sulaiman berkata ; {“ Janganlah diantara kalian itu bersaksi bahwasanya seseorang tersebut adalah orang yang zuhud. Karena zuhud itu sendiri terletak/ ada dalam hati kita. Zuhud tidak selalu identik dengan suatu kemiskinan. Bisa saja 0rang-orang yang berlimpahan (memiliki banyak) harta itu ternyata lebih zuhud dari pada orang yang miskin “}.

Jadi Zuhud itu tidak sama dengan kemiskinan, walaupun keduanya ini sama-sama merupakan wujud (bentuk) dari gambaran meninggalkan dunia. Masing-masing dari zuhud ataupun kemiskinan memiliki tingkatan-tingkatan tersendiri untuk mencapai kebahagiaan dan keduanya bisa membantu seseorang untuk meraih kemenangan dan keberhasilan.

Setelah mengetahui pentingnya sifat zuhud dalam mengarungi samudera kehidupan ini, tentunya kita akan berusaha untuk memilikinya dengan benar dan tidak keliru. Oleh sebab itu, perlu adanya tips-tips agar kita dapat menggapai sifat ini. Berikut ini adalah tips dalam menggapai sifat zuhud tersebut :

1. Keimanan Yang Kuat Akan Hari Akhir

Maksudnya adalah keimanan yang kuat dan selalu ingat bagaimana kita akan berdiri di hadapan Allah SWT pada hari kiamat guna mempertanggung-jawabkan segala amal baik itu yang besar maupun amal baik yang kecil, dan amal baik yang tampak maupun amal baik yang tersembunyi, Ingatlah betapa dahsyat peristiwa datangnya hari kiamat kelak. Hal itu akan membuat kecintaan kita terhadap dunia dan kelezatannya menjadi hilang dalam hati, kemudian kita pun bisa berpaling meninggalkannya dan merasa cukup dengan kehidupan yang sederhana.

2. Mengetahui Dengan Benar Bahwa Dunia Ini Akan Hilang

Zuhud - Al Hadid 20

3. Menyadari Bahwa Dunia Mengganggu Hubungan Dengan Allah SWT

Dunia ini sebenarnya mengganggu hubungan hati dengan Allah SWT, dan membuat seseorang itu merasa jauh dari suatu kedudukan yang amat tinggi di akhirat kelak. Padahal kelak kita akan ditanya perihal kenikmatan dunia yang telah kita peroleh ini, sebagaimana firman Allah SWT :

Zuhud - At Takatsur 8

4. Memahami Perbedaan Cara Mendapatkan Dunia dan Akhirat

Dunia ini akan hanya didapatkan dengan susah payah dan kerja keras, dengan mengorbankan tenaga dan pikiran yang sangat banyak, dan kadang-kadang terpaksa harus bergaul dengan orang-orang yang berkelakuan jahat dan buruk.

Berbeda halnya jika kita menyibukkan diri dengan berbagai macam ibadah. Jiwa menjadi tentram dan hati menjadi sejuk, menerima takdir Allah SWT dengan tulus dan sabar, belum lagi ganjaran yang akan diterima di akhirat kelak. Dua hal diatas berbeda dan (setiap orang) tentu akan memilih yang lebih baik dan kekal.

5. Merenungkan Penjelasan Al-Qur’an Tentang Dunia

Maksudnya adalah merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an yang banyak menyebutkan tentang kehinaan dan kerendahan dunia serta kenikmatannya yang menipu (manusia). Dunia hanyalah tipu daya, permainan dan kesia-siaan belaka. Allah SWT mencela bagi mereka (orang-orang) yang lebih mengutamakan kehidupan dunia yang fana ini daripada kehidupan di akhirat kelak, sebagaimana dalam firmannya yang artinya :

Zuhud - An Naaziat 37-39

6. Beriman Pada Negeri Yang Abadi

Maksudnya adalah mengetahui dan mengimani bahwa di balik dunia ini terdapat negeri yang lebih hebat darinya, yaitu negeri akhirat yang kekal abadi.

7. Meyakini Bahwa Zuhud Tidak Mencegah Rezeki

Maksudnya adalah mengetahui dan mengimani dengan benar bahwa zuhud terhadap dunia tidak mencegah sesuatu yang Allah SWT takdirkan dan semangat untuk mendapatkannya.

 

Mudah-mudahan dengan tips islami di atas ini, Allah SWT memberikan taufiknya kepada kita untuk memiliki sifat zuhud ini, dan dari Allahlah segala taufik. Amin !

 

 

 

Oleh : Muhiburrahman Abu Zaahirah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.