Foto Inspirasi Muslim Sholat - 9
Foto Inspirasi Muslim Sholat - 9

Panduan Sholat Untuk Orang Sakit Menurut Ulama

MutiaraPublic.com – Saudaraku, mengkin kita sudah sering melihat, bahwa masih ada orang muslim yang kadang kala meninggalkan kewajiban sholatnya dengan alasan sakit atau dengan memaksakan dirinya untuk melaksanakan sholat dengan cara-cara yang biasanya dilakukan oleh orang-orang sehat pada umumnya. Dan pada akhirnya pun ia merasakan betapa beratnya melaksanakan sholat itu ketika ia sakit, bahkan ia berpendapat bahwa hal tersebut sebagai beban yang sangat menyusahkannya ketika sakit.

Saudaraku, ketahuilah sesungguhnya telah sangat jelas, jelas, dan jelas sekali, bahwasanya tidak ada satu pun beban syari’at Islam yang diwajibkan untuk kita (Para hamba Allah SWT) di luar batas kemampuannya. Karena pada dasarnya syari’at Islam itu dibangun atas dasar ilmu serta kemampuannya (kita) yang dibebani.

Bukankah, Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-Nya ;

Saudaraku, bagi orang yang mengalami sakit itu tidak sama dengan orang yang sehat. Meskipun demikian tidak ada alasan bagi kita semua untuk melaksanakan kewajibannya yakni Sholat, menurut kemampuan masing-masing. Sehingga akan nampak pada kita perihal keindahan syari’at Islam serta kemudahannya.

Orang yang sakit harus tetap (wajib) mengerjakan sholat tersebut, Dan melaksanakan Sholat sesuai dengan kemampuannya. Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam hadits Imran Bin Husain RA, yang bersabda ;

Inilah Panduan Sholat Untuk Orang Sakit Menurut Ulama

Dan untuk kemudahan bagi yang mengalami sakit tersebut adalah mengetahui tata cara sholat orang yang sakit sesuai petunjuk baginda Rasulullah Muhammad SAW, dan penjelasan dari para Ulama’. Sebagai berikut diwajibkan;

a. Bagi orang yang sedang sakit untuk melaksanakan Sholat dengan berdiri apabila ia mampu dan tidak merasa khawatir mengenai sakitnya tersebut akan bertambah parah, Sebab dengan posisi berdiri dalam sholat itu merupakan salah satu rukunnya Sholat.

b. Bagi orang yang sedang sakit dan ia mampu berdiri, namun tidak bisa (mampu) untuk melakukan ruku’ atau sujud. Maka, dia hanya menunduk untuk rukuk, dan jika ia masih tidak sanggup membongkokkan punggungnya tersebut, maka cukup dengan menundukkan lehernya saja, Selanjutnya melakukan duduk, lalu menundukkan kepala untuk sujud dalam keadaan duduk dengan mendekatkan wajahnya ke tanah sebisa mungkin (semampunya).

c. Bagi orang yang sedang sakit dan ia tidak mampu untuk berdiri, maka ia hanya cukup melakukan sholat tersebut, hanya dengan dengan posisi duduk saja.

d. Bagi orang yang sedang sakit dan tidak mampu mengerjakan sholat dengan posisi berdiri dan juga duduk. Maka, ia boleh mengerjakan Sholatnya hanya dengan berbaring miring saja, dan dibolehkan walau hanya dengan posisi miring ke kanan, atau ke kiri, dan pastinya dengan menghadapkan wajahnya tersebut ke-arah Kiblat.

e. Bagi orang yang sedang sakit dan tidak sanggup untuk berbaring miring. Maka, ia boleh mengerjakan Sholatnya hanya dengan posisi terlentang, serta menghadapkan kakinya tersebut ke arah Kiblat. Sebab Hal demikian itu lebih dekat (sama) kepada sholat dengan cara berdiri. Seperti missal ; Jika kiblatnya itu arah barat, maka ia meletakkan kepalanya itu di sebelah timur dan posisi kakinya itu di arah barat.

f. Bagi orang yang sedang sakit dan tidak mampu menghadap kiblat serta tidak ada yang membantu dan mengarahkannya ke arah kiblat, maka sholatnya pun bisa menyesesuaikan posisi keadaannya tersebut, dan tetap syah.

g. Bagi orang yang sedang sakit dan ia tidak mampu untuk mengerjakan (melakukan) seluruh aktivitas situasi dan kondisi (keadaan) yang sudah dipaparkan di atas. Artinya jika ia juga tidak mampu (tidak kuat) untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya, maka ia hanya cukup Sholat dengan niatan hatinya yang tulus dan ikhlas.

Sesungguhnya melaksanakan Sholat itu tetap diwajibkan bagi kita semua sebagai Umat Muslim, selama akal dan pikiran kita masih sehat (Waras/ tidak gila).

Wallahua’lam !

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.