Metode Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat
Metode Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat

Metode Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat dan Mudah

MutiaraPublic.com – Keistimewaan dari menggunakan metode ini adalah bahwa mereka insyaallah akan memperoleh kebaikan dan kemapanan dalam hafalan tersebut dan juga insyaallah mereka akan lebih cepat dalam menghafal Al-Qur’an tersebut, sehingga dalam waktu yang cukup singkat, maka mereka otomatis akan segera meng-khatamkan Al-Quran.

Berikut ini akan kami paparkan metodenya lengkap dengan contohnya. Seperti misal, dalam menghafal ayat kitab suci Al-Qur’an, surah Al-Jumu’ah ;

  1. Pada ayat pertama, Dibaca sebanyak 17 kali.
  2. Pada ayat kedua, Dibaca sebanyak 17 kali.
  3. Pada ayat ketiga, Dibaca sebanyak 17 kali juga.
  4. Pada ayat keempat, Dibaca sebanyak 17 kali
  5. Selanjutnya keempat ayat (ayat 1-4) di atas tersebut, dari awal hingga akhir itu digabungkan dan juga dibaca berulang-ulang sebanyak 17 kali juga.
  6. Pada ayat kelima, Dibaca sebanyak 17 kali.
  7. Pada ayat keenam, Dibaca sebanyak 17 kali.
  8. Pada ayat ketujuh, Dibaca sebanyak 17 kali.
  9. Pada ayat kedelapan, Dibaca sebanyak 17 kali.
  10. Selanjutnya keempat ayat (ayat 1-4) di atas tersebut, dari awal hingga akhir itu digabungkan dan juga dibaca berulang-ulang sebanyak 17 kali juga.
  11. Dan kemudian, Bacalah dimulai dari ayat yang pertama hingga ayat terakhir ke 8 tersebut, sebanyak 17 kali, hal ini bertujuan untuk lebih memantapkan hafalannya.

Demikian seterusnya hingga pada setiap surah-surah selesai. Walaupun metode menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah ini, dirasa sangat ampuh. Namun janganlah sampai Anda menghafalnya dalam waktu sehari itu lebih dari seperdelapan juz, sebab justru akan menyebabkan hafalan Anda akan bertambah berat, sehingga Anda malah tidak bisa menghafalnya dikarenakan beban pikiran yang berat tadi.

Jika Anda misal, ingin menambah hafalan baru di hari berikutnya, sebaiknya sebelum Anda menambahkan hafalan baru tersebut dengan menggunakan metode menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah, maka Anda harus membaca hafalan yang lama (hafalan sebelumnya) dimulai dari ayat yang pertama hingga ayat yang terakhir, sebanyak 17 kali juga, supaya hafalan Anda pada ayat-ayat sebelumnya tetap kuat dan kokoh dalam memori ingatan Anda. Kemudian setelah Anda selsesai mengulanginya, maka baru Anda dapat (bisa) memulai hafalan baru dengan metode yang sama seperti diatas tersebut.

Inilah Bebarapa Kaidah dan ketentuan dalam menghafal Al-Qur’an ;

Yang pertama, Anda harus menghafal Al-Qur’an tersebut melalui bantuan guru yang fasih dan mampu membenarkan bacaan Al-Qur’an, jika Anda keliru atau salah salah membacanya.

Yang kedua, Hafalkanlah maksimal 2 halaman setiap harinya ; 1 halaman setelah Anda melaksanan sholat subuh dan 1 halaman lagi setelah waktu ashar atau setelah waktu maghrib maghrib. Dengan metode menghafal Al-Qur’an seperti ini (insya Allah) Anda akan mampu menghafal Al-Qur`an itu secara mutqin hanya dalam kurun waktu 1 (satu) tahun. Alhamdulillah …

Namun, jika Anda memperbanyak kapasitas menghafal Al-Qur’an setiap harinya (menghafal lebih dari 2 halaman setiap hari), maka kemampuan Anda dalam menghafal Al-Qur’an insyaallah akan melemah, hal ini diakibatkan beban otak yang sangat besar.

Yang ketiga, Sebaiknya menghafal Al-Qur’an tersebut dimulai dari belakang yakni surah An-Nas sampi terakhir surah Al-Baqarah, sebab hal ini akan jauh lebih mudah. Namun, setelah Anda bisa/ mampu menghafal Al-Qur`an ini, maka urutan selanjutnya (meraja’ah) sebaiknya, dimulai dari surah Al-Baqarah dulu hingga terakhir surah An-Nas.

Semoga bermanfaat bagi Anda semua, Amin !

 

 

Oleh : Ustad Jauhari
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.