Cara Menyembuhkan Pecandu Narkoba ala Islam (foto ; tessy pelawak, korban narkoba)
Cara Menyembuhkan Pecandu Narkoba ala Islam (foto ; tessy pelawak, korban narkoba)

Cara Menyembuhkan Pecandu Narkoba ala Islam

MutiaraPublic.com – Narkoba (Narkotika dan Obat/ bahan berbahaya), adalah salah satu jenis obat-obatan terlarang. Narkoba ini bersifat terlarang sebab Narkoba memiliki dampak negatif yang sangat besar (berpengaruh buruk) bagi kehidupan mereka. Allah SWT menganjurkan untuk menjaga tubuh ini sebaik mungkin, dan Allah SWT telah melarang hambanya untuk merusak tubuhnya tersebut.

Saudaraku, sebenarnya mereka ini sudah tahu bahwa, jika mereka mengkonsumsi obat-obatan yang berbahaya (Narkoba) ini maka akan berdampak negatif atau madharat sangat besar bagi mereka. Namun, seringkali karena mereka penasaran dan akhirnya terus coba-mencoba lagi, hingga berujung pada kecanduan (ingin terus mengkonsumsinya). Bahkan, jika sampai mereka itu tidak mendapatkannya (Narkoba), maka mereka rela mencarinya kemanapun barang itu ada dan dengan cara apa pun mereka akan berusaha untuk mendapatkannya.

Tahap terparah yang akan dialami oleh mereka (para pelaku narkoba) adalah menjadi seorang pecandu. Bila telah mengalami kecanduan ini, maka pastinya akan sulit sekali, butuh proses dan waktu yang lama untuk mengembalikan kondisi mereka seperti sedia kala. .

Saudaraku, Di negeri tercinta ini, para pecandu narkoba akan menerima hukuman yang sesuai dalam Undang-Undang. Baik hukuman itu berupa penahanan dalam sel penjara hingga bertahun-tahun. atau pun mereka hanya akan mengalami masa rehabilitasi dengan tujuan untuk menyembuhkan dan memulihkan kembali kondisinya tersebut.

Cara seperti itu memang cukup membantu untuk merubah/ menyembuhkan pecandu narkoba tersebut, hanya saja efeknya kecil untuk berhasil. Mengapa demikian? Sebab, telah banyak kita menemukan para pecandu narkoba yang telah masuk ke dalam sel penjara bahkan telah seringkali mengikuti tahap rehabilitasi. Namun, ketika mereka bebas, mereka malah kembali mengkonsumsi narkoba lagi, bahkan bukan hanya sebagai pengguna/ pecandu, tapi juga sebagai pengedar narkoba.

Saudaraku, dalam ajaran agama Islam, telah diajarkan agar kita semua selalu mengingat Allah SWT. Begitu pula yang seharusnya kita ajarkan dan amalkan pada mereka (para pecandu narkoba) untuk mengingat Allah SWT (Berdzikir/ Dzikrullah). Mengapa harus berdzikir? Sebab, dengan kita berdzikir, maka jarak antara kita sebagai seorang hamba dengan Sang Pencipta Allah SWT akan terasa dekat, dekat, dan lebih dekat sekali.

Jika memang terdapat pecandu narkoba di sekitar lingkungan kita, maka hendaklah kita tidak mengabaikannya, atau seolah-olah kita tidak mengetahuinya. Usahakan bantu mereka untuk kembali ke jalan Allah SWT, jalan yang benar. Kita arahkan para pecandu narkoba tersebut, untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat mendekatkan diri pada Allah SWT.

Seperti misal ; mengaji, shalat, serta menyuruhnya untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT disetiap saat. Hal ini kita harus tekankan secara rutin kepada pecandu narkoba tersebut, supaya mereka terbiasa melakukannya. Dengan cara berdzikir ini, maka mereka akan selalu mengingatkan Allah SWT.

Perlu kita tanamkan lebih dalam makna dzikir yang benar kepada mereka, artinya bukan hanya dzikir dengan lisan saja, namun hati pun harus ikut berdzikir juga. Hingga lama-kelamaan mereka pun akan terlupa dengan dunia narkoba yang telah membuatnya buta, dengan kembalinya mereka mengingat Allah SWT, Dialah tuhan yang telah menciptakannya.

Dan jikalau kita merasa tidak sanggup/ mampu, maka hendaklah laporkan mereka kepada orang yang diarasa mampu untuk mengatasinya, seperti misal; para Ulama, Kyai, orang yang memiliki jabatan tertentu, atau kepada aparat keamanan setempat.

Mungkin cara lebih baiknya lagi, jika kita titipkan mereka (pecandu narkoba) tersebut, kepada sebuah pesantren. Sebab, suasana dalam lingkungan pesantren itu akan memberikan energi positif bagi mereka. pastinya mereka akan melakukan hal-hal yang baik di sana, selama waktu beberapa bulan, dan insyaallah mereka akan merasakan sebuah keajaiban yakni sembuh secara total.

Wallahu‘alam !

 

 

Oleh : Ustad Rahmad Hidayat
Editor : Sa’Dullah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.