Cara Mendidik Anak Usia Dini ala Islami
Cara Mendidik Anak Usia Dini ala Islami

Cara Mendidik Anak Usia Dini ala Islami

MutiaraPublic.com – Saudaraku, seiman dan seislam yang dirahmati Allah. Anak adalah anugrah yang terindah, yang Allah SWT berikan kepada kita semuanya. Anak adalah perhiasan Dunia, sebagai mana yang telah difirmankan oleh Allah SWT ; {” (sesungguhnya) Harta dan Anak-anak itu adalah perhiasan Dunia “} (Q.S. Al-Kahfi ; 46).

Namun perlu diingat, sekalipun harta dan anak itu adalah perhiasan dunia, ia adalah tanggung jawab dan amanah yang Allah SWT pikulkan dipundak kita, maka kewajiban bagi kita, sebagai orang tua untuk menjaga, mendidik, dan merawat anak kita. Agar kita kelak bisa mempertanggung jawabkannya dihadapan Allah SWT, Baginda Rasulullah SAW bersabda, yang artinya ; {” Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian akan dimintai (oleh Alla SWT) pertanggung jawaban anda, kelak di hari akhir “}. Dari hadits ini bagi Anda wahai Ibu, dan Anda wahai Ayah, sungguh Anda adalah pemimpin dalam rumah tangga kaliam. Maka Allah SWt pasti akan menanyakan tentang tanggung jawab ini kelak di hari akhir.

Sudahkah kita telah mendidik Anak-anak kita, seperti yang diperintahkan oleh Al-Qur’an dan Hadits…? Bagaimana cara mendidik anak usia dini tersebut atau apa yang kita tanamkan kepada mereka (anak-anak kita).?. Berikut jawabannya ;

  • Yang Pertama, Tanamkan pendidikan Tauhid, agar mereka (Anak-anak kita tersebut) hanya bergantung kepada Allah SWT, agar mereka hanya beribadah kepada Allah SWT semata, tidak beribadah kepada selain Allah SWT, baik siapapun dia, baik itu orang kaya, jin, batu, ataupun yang lainnya. Dan Ingatlah wasiat Luqman kepada Anaknya, yang artinya ; {” Wahai Anakku janganlah engkau berbuat syirik, karena (sesungguhnya) itu adalah suatu kedzaliman yang sangat besar “} (QS. Luqman ; 13). Karena dia meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya.
  • Yang Kedua, Ajarkan kepada Anak kita tentang shalat dan ibadah-ibadah lainnya. Baginda Rasulullah SAW Bersabda, yang artinya ; {” Perintahkan Anak kalian untuk melaksanakan shalat, kalau sudah (Anak tersebut) berusia 7 tahun, dan pukul mereka (sewajarnya/ tidak dengan kekerasan) kalau tidak mau sholat saat mereka berusia 10 tahun “}. Bila anak kita sudah terbiasa untuk menjalankan shalat sejak kecil atau sejak dini, maka dengan amat mudah. Tatkala mereka sudah dewasa dan baligh, maka tanpa kita suruh pun mereka akan menjalankan shalat.
  • Yang Ketiga, Tanamkan kepada Anak-anak kita tentang akhlak dan adab, baik akhlak kepada orang tua, baik akhlak kepada saudara, bai akhlak kepada teman dan tetangga, baik akhlak makan, minum, tidur dan lain sebagainya. Baginda Rasulullah SAW pernah mengajari kepada bocah kecil ; {” Wahai bocah kecil (anak kecil), apabila kamu makan maka bacalah Bismillah, makanlah dengan tanganmu dan makanlah dengan yang lebih dekat denganmu “}. Hal ini tentu patut kita sampaikan kepada Anak-anak kita, sehingga menjadi Anak-anak yang sholeh yang kita idam-idamkan. Bukankah kita sebagai orang tua mendambakan agar Anak-anak kita menjadi orang-orang yang baik.
  • Yang Keempat, Perhatikan siapa teman-teman Anak kita tersebut, karena pengaruh teman itu sangatlah besar. Betapa banyak Anak-anak tersebut rusak, karena talah bergaul dengan teman-teman yang jelek kelakuaannya, buruk akhlaknya. Seseorang itu berdasarkan agama temannya, kalau Anak-anak kita bergaul dengan orang-orang yang aktif Narkoba, maka Anak kita tersebut akan kecanduan Narkoba. Kalau Anak kita bergaul dengan Dukun, maka dia akan diajari amalan (ilmu) sihir, amalan pelet, dan amalam perdukunan lainnya. Namun, kalau Anak kita bergaul dengan orang-orang sholeh, maka dia akan menjadi orang-orang yang sholeh juga, insyaallah.. !

Saudaraku, seiman dan seislam yang dirahmati Allah. Maka dari itu, marilah kita dalam mendidik anak usia dini hendaknya selalu mengedepankan pendidikan Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Semoga cara diatas bermanfaat bagi Anda. Amin !

 

 

 

Oleh : Ustad Jauhari
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.