Cara Ampuh Menyembuhkan Penyakit Dusta
Cara Ampuh Menyembuhkan Penyakit Dusta

Cara Ampuh Menyembuhkan Penyakit Dusta

MutiaraPublic.Com – Ada amalan-amalan yang mempunyai efek berantai. Artinya kalau dia mengerjakan sesuatu akan ada akibatnya dan seterusnya sampai menuju satu arah. Perbuatan jujur dan dusta merupakan salah satu contohnya.

Orang yang berbuat jujur akan terus berbuat jujur. Kejujurannya dalam menunaikan sesuatu amanat akan menghasilkan amanat lain yang lebih baik. Semakin dia jujur maka lingkungan akan memberikan apresiasi lebih tinggi. Akhirnya kejujuran itu akan mengantarkannya kepada surga. Dan orang yang senantiasa berlaku jujur akan dicatat ALLAH S.W.T. sebagai orang yang jujur. Maksudnya kalau sedikit saja ada kekhilafan maka ALLAH S.W.T. akan melupakannnya.

Demkian pula dengan penyakit dusta. Seorang yang berdusta akan berusaha menutupi dustanya dengan dusta berikutnya. Ketika dikejar kepada masalah yang sebenarnya, ia kembali bedusta sehingga tercipta sebuah cerita yang lengkap. Di situlah dustanya menjadi sempurna. Dusta seperti itu akhirnya mengantarkan dirinya kedalam neraka. ALLAH S.W.T dan oran-orang baik di sekelilingnya pun akan mengecapnya sebagai pendusta. Suatu ketika ada kebenaran yang di sampaikan orang menjadi tidak percaya. ALLAH S.W.T. pun tetap mencatat dia sebagai pendusta karena dari seringnya ia berdusta.

Maka berhati-hatilah terhadap penyakit dusta. Sekali kita berdusta, lebih baik mengakui bahwa kita bersalah telah berdusta. Dari pada kita menghindari malu lalu kita mengarang sebuah cerita fiktif semata-mata untuk melindungi dosa pertama tadi. Demikian itu kita sudah menjalani dusta kedua. Lastas orang betanya, ia kembali mengarang cerita dan menuju ke dusta ketiga dan seterusnya. Maka dari itu wahai saudara/i-ku, selagi kita belum menuju ke neraka, stop dulu dusta pertama dan jadilah orang yang jujur, agar kita mampu menggapai surgaNya.

Berikut Ada beberapa Cara Ampuh Menyembuhkan Penyakit Dusta :

1. Tidak Membicarakan Setiap Apa Yang Didengar Oleh Kita

Hendaknya lisan kita ini senantiasa dipelihara dan dijaga dari ketergelinciran, kekeliruan, dan dari kejahatannya yang tak terhingga. Maka, waspadalah dari apa yang kita dengar tersebut serta berhati-hati dalam menggunakan lisan kita karena dengan berhati-hati ini adalah merupakan sikap yang lebih bertaqwa dan lebih wara’. Apabila kita menemukan seseorang yang banyak bicara dan dia tidak peduli pada omongannya, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya orang tersebut berada dalam bahaya besar. Sebagaimana sabda Baginda Rasulullah SAW :

{“ Cukuplah seseorang dipandang berdusta (tidak jujur) bila ia membicarakan semua yang didengarnya “} (HR. Muslim dan Abu Daud).

2. Membiasakan Diri Untuk Selalu Berkata Jujur

Setiap akhlak yang baik bisa diusahakan dengan cara membiasakannya dan bersungguh-sungguh menekuninya, serta berusaha dalam mengamalkannya. Dengan membiasakan diri untuk berkata jujur, maka niscaya kita akan mencapai puncak kedudukan yang sangat tinggi, naik dari tingkatan pertama menuju yang lebih tinggi dimata Allah SWT. Karena itu Baginda Rasulullah SAW bersabda :

{“ Jauhilah kebohongan, sebab kebohongan itu dapat membawa pada kefasikan, dan sesungguhnya kefasikan akan membawa (kita) ke neraka. Seseorang yang senantiasa berbohong dan terus berbohong hingga ia ditulis di sisi Allah SWT sebagai pembohong “} (HR. Bukhari, Muslim, dan At-Tirmidzi).

3. Berucap Yang Baik-baik Atau Kalau Tidak, Diam 

Imam An-Nawawi r.a. berkata ; {“ Ketahuilah, bagi setiap Mukallaf (yakni orang yang berakal dan baligh) sepantasnya menjaga lidahnya dari seluruh perkataan, kecuali perkataan yang jelas-jelas memiliki mashlahat (yakni manfaat dan kebaikannya tersebut). Tatkala mereka berbicara atau tidak berbicara itu sama-sama ada mashlahatnya. Maka menurut sunnah tersebut, hendaknya mereka menahan diri darinya. Karena, perkataan mubah itu dapat menyeret mereka kepada perkataan yang haram atau makruh. Bahkan, hal ini banyak terjadi pada kebiasaan. Adapun keselamatan itu tiada bandingannya “}

4. Banyak Berkumpul Dengan Ulama’, Kiyai, dan Orang-orang Yang Jujur

Banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaulnya yang memiliki akhlak jelek. Namun, juga tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan karena disebaban bergaul dengan teman-teman yang sholeh.

 

Disamping Cara Ampuh Menyembuhkan Penyakit Dusta, sebagaimana tulisan di atas ini, Kita juga bisa melakukan Dzikir kepada Allah dan memperbanyak bacaan Sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW.  Semata-mata untuk menggapi Rahmat dan Ridho dari  Allah SWT. Semoga Bermanfaat..!

 

 

 

 

Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.