CARA AMPUH MENGATASI TEKANAN PERASAAN
CARA AMPUH MENGATASI TEKANAN PERASAAN

Cara Ampuh Mengatasi Tekanan Perasaan

MutiaraPublic.com – Hati merupakan suatu anugerah terbesar dan tidak ternilai harganya dari Allah SWT. Dengan hati inilah, kita/ manusia bisa merasakan bahagia, suka, duka, kecewa, derita, bangga, dan lain sebagainya. Melalui hati ini juga, kita/ manusia bisa meraba dan memahami persaan orang-orang lain disekitar kita. Dan dengan hati pula, manusia dapat membuat dan memberikan kehidupan ini diselimuti dengan kasih saying dan kedamaian. Sesungguhnya hati merupakan keajaiban dari Allah Sang Pencipta, yang senantiasa selalu menuntun hambanya pada cahaya kebenaran.

Saudaraku, pada dasarnya manusia itu merupakan makhluk yang sering (paling) dilanda dengan kecemasan atau tekanan dari berbagai sudut. Ketika manusia dihadapkan pada suatu problem tersebut, sedangkan disisi lain manusia tersebut belum siap dalam menghadapinya, pastinya pikiran dan jiwanya akan terasa terguncang, tertekan dan sesungguhnya problem tersebut sudah menjadi bagian dari fitrah manusia.

Nah.. Kali ini MutiaraPublic.com akan memberikan cara ampuh mengatasi tekanan perasaan (hati) yang mungkin diakibatkan oleh rasa galau, gelisah, cemas, resah, gundah, gulana dan lainnya, berikut tips nya ;

1. Bersikap Tenang
Saudaraku, untuk mengatasi tekanan perasaan tersebut, maka lakukanlah dengan menarik nafas anda dalam-dalam, lalu lepaskanlah secara perlahan-lahan. Dan sambil membaca istighfar (ketika anda pada posisi melepaskan nafas tersebut ; baca kalimat ; “Astagfirullah hal ‘adziim, al-ladzi – laa ila ha illa – huwal hayyul – qayyum”), selanjutnya pusatkanlah pikiran anda bahwasanya anda sedang memohon taubat atau ampunan kepada Allah SWT. Dan lankah tersebut sebaiknya diulang-ulang sebanyak 7 kali atau semampu anda hingga anda merasa kembali tenang.

2. Berhubungan Baik Dengan Keluarga, Sanak Saudara, dan Tetangga (Orang Disekitar Kita).
Sejatinya, manusia itu merupakan mahluk social, yang dalam artian manusia selalu tidak terlepas dari orang lain atau membutuhkan orang lain. Sangat tidak mungkin manusia tersebut dapat hidup dan berdiri sendiri tanpa adanya orang lain, baik itu keluarga, tetangga (orang-orang disekitar kita), dan sanak saudara. Sudah menjadi syarat mutlak bagi mereka akan saling membutuhkan antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu jagalah selalu hubungan baik anda dan selalu pererat tali silaturahmi anda.

3. Suci (Menjaga Wudhu)
Jiwa anda akan menjadi lebih tenang, jika anda selalu membiasakan diri untuk berwudhu (sebelum melakukan pekerjaan). Kerja yang mungkin dirasa susah sehingga timbullah berbagai tekanan pada anda tentunya dengan kekuatan wudhu ini akan dinetralisir menjadi senang dan insyaallah semua pekerjaan sulit akan dirasakan gampang atau mudah diselesaikan.

4. Berdzikir, Membaca Al-Qur’an, dan Bersholawat
Jadikanlah Al-Quran tersebut, sebagai teman anda yang paling akrab dalam sepanjang waktu. Sebab sesungguhnya kandungan dari Al-Quran ini merupakan inti dari penenang jiwa anda yang paling mujarab dan ampuh. Selain itu juga anda harus senantiasa atau perbanyak dzikir pada Allah SWT dan bersholawat, agar hati anda sentiasa lebih tenang dan bisa menghadapi tekanan perasaan pada hati anda. Dan yang paling penitng juga, Anda harus yakin bahwa bagaimanapun hebatnya suatu tekanan yang anda alami, niscaya pertolongan Allah SWT akan tetap ada (tetap ada jalan).

5. Perbanyaklah Mengamalkan Sholat-sholat Sunnah
Perbanyaklah dalam mengamalkan sholat sunah tersebut. Seperti misal ; Sholat Sunnah Duha, Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Tahajjut, Sholat Sunnah Taubat dan sholat sunnah lainnya. Anda juga bisa baca Panduan Sholat-Sholat Sunnah Disini.

6. Berdoa (Adukan Semua Masalah Anda Pada Allah SWT)
Allah SWT telah berpesan bagi hambanya untuk selalu berdoa hanya kepada-Nya, Dialah Allah yang Maha Esa. Oleh karena itu, adukan seluruh persoalan anda kepada Allah SWT seluruh beban persoalan yang anda hadapi hanya kepada Allah tanpa terkecuali. Sebab Allah SWT lebih berhak mendengarkan berbagai kesah dan keluh semua hamba-hamba-Nya, karena Dia Maha Kuasa dan Maha Mendengar. Anda juga bisa baca Penghambat Terkabulnya Doa Kita, Disini.
Semoga hati ini selalu bisa dekat dengan Allah Sang Pencipta dan bisa lebih tenang. Semoga Bermanfaat !

 

 

 

Oleh ; Arini Nadia
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.