Cara Agar Fokus Belajar Dengan Metode Islam
Cara Agar Fokus Belajar Dengan Metode Islam

Cara Agar Fokus Belajar Dengan Metode Islam

MutiaraPublic.Com – Saudaraku Ikhwatal Iman Rahimakumullah, belajar dalam menghadapi berbagai ujian bisa jadi sangat susah bahkan dapat mengakibatkan stres. Banyak diantara kita yang cukup kesulitan untuk Fokus pada hal yang ingin diselesaikan.

Akan tetapi, ada beberapa jurus atau langkah sederhana yang insyaallah mampu anda jalankan dalam membantu fokus belajar, Langsung saja Cara Agar Fokus Belajar Dengan Metode Islam ala MutiaraPublic berikut :

1. Cari Suasana/ Tempat Yang Suci Untuk Belajar.

Berada diruangan yang bersih dan suci adalah merupakan faktor utama untuk fokus belajar, Sebab tempat yang bersih dan suci akan terhindar dari berbagai gangguan setan atau jin yang acapkali sering mengganggu manusia terutama mengganggu fokus kita dalam belajar.

2. Usahakan Selalu Terjaga dari Wudhu’.

Wudhu’ dapat menyegarkan pikiran dan hati kita. Kesegaran air dalam Wudhu’ tersebut akan mampu membuat pikiran rileks dan pikiran kembali segar bugar dan tentunya akan membuat kita Fokus beajar.

Tidak hanya itu saja, gerakan-gerakan wudhu’ ini juga akan menghilangkan kelelahan kita. Karena gerakan-gerakan seperti membasuh wajah, kedua tangan, kedua telinga, dan sebagainya akan mampu memberikan relaksasi terhadap otot-otot kita yang lelah. dan otomatis akan berdampak besar terhadap tingkat keFokusan kita dalam belajar tersebut.

3. Istirahatlah Sejenak Sambil Dzikir

Setelah kita 45 menit belajar, usahakan untuk istirahat 5-10 menitan dan lakukan Dzikrullah. Berdzikirlah kepada Allah misalnya membaca kalimat Lailahaillallah…. sambil tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan dan setiap helaan nafas tersebut selalu ingat kepada Allah SWT., dan rasakan efeknya. insyaallah dengan langkah tersebut hati pikiran dan jiwa kita akan kembali fit atau kembali bugar dan hal ini akan menambah tingkat ke fokusan kita dalam belajar.

Dzikir ini juga mampu mengurangi kekhawatiran secara berlebihan. Dalam artian Jika Anda panik saat belajar, maka Anda bisa menggunakan tips di atas tersebut yakni, tarik napas dalam-dalam sambil membaca kalimat lailahaillallah (dalam hati) kemudian keluarkan, selanjutnya baca catatan Anda, dan cobalah memproses & memahami informasi yang ada. Insyaallah Bermanfaat.

4. Janganlah Putus Asa

Nah.. Cara yang terakhir adalah Anda Jangan putus asa. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-quran, yang artinya sebagai berikut :

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah swt. Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’alamengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Cara Fokus Belajar terutama dalam mempersiapkan ujian bisa menjadi tugas yang sangat berat bagi anda. maka dari itu Hadapi satu per satu dan jangan khawatir jika percobaan pertama Anda tidak sempurna. Ingat, Allah SWT selalu bersama Anda dan Dia Maha Pemberi Rahmat.

Semoga Allah SWT menjadikan kita Umat Muslim sebagai hamba-Nya yang selalu berkeyakinan penuh akan rahmat-Nya, selalu diampuni setiap keasalahan kita dan dosa kita , serta kita dijadikan hamba-Nya yang selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangannya.

Wallahu a’lam bishowab. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Oleh : CakHakim
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.