Panduan Wudhu Lengkap dan Terpercaya
Panduan Wudhu Lengkap dan Terpercaya (foto ; blogspot)

Panduan Wudhu Lengkap dan Terpercaya

1. Pengertian Wudhu ;

Jika ditinjau menurut bahasa, Wudhu memiliki arti Indah dan Bersih. sedangkan ditinjau menurut istilah (syariah islam) artinya adalah menggunakan air (suci/ bersih) pada anggota badan tertentu (dengan cara tertentu) yang dimulai dengan niat yang bertujuan untuk menghilangkan hadast kecil.

Wudhu tersebut merupakan salah satu syarat dari sahnya sholat kita artinya bagi kita yang akan melakukan sholat, diwajibkan berwudhu terlebih dulu, sebab tanpa berwudhu shalatnya tidak sah, Berikut ini panduan wudhu lengkap tersebut :

Berikut bacaan doa wudhu yang lengkap !

Sebelum Niat Wudhu baca ;

 

Bacaan Niat Wudhu ;

 

Do’a Sesudah Wudhu ;

2. Langkah-langkah dalam berwudhu ;

  • Apabila seorang muslim dari kalian ingin melakukan wudhu, maka hendaklah ia berniat dalam hatinya lalu kemudian membaca {“ Bismillahirrahmanirrahim “}, karena baginda Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda bahwa ; {“ Tidaklah sah wudhu seseorang yang tidak mengucapkan (menyebut) nama Allah “}. Dan apabila kita lupa untuk mengucapakan tersebut, maka tetap sah (tidak apa-apa jika lupa/ belum tahu). Dan Jika kita pun hanya mengucapkan {” Bismillah “} saja maka itu juga dianggap cukup.
  • Selanjutnya disunnahkan bagi kita untuk mencuci kedua telapak tangan kita, sebanyak 3 kali (sebelum memulai wudhu tersebut).
  • Kemudian kita berkumur-kumur.
  • Lalu membasuh atau mencuci hidung kita.
  • Selanjutnya membasuh seluruh wajah kita, dan membasuh jenggot kita hingga 3 kali (jika kita punya jenggot).
  • Kemudian mencuci kedua tangan kita mulai dari menyelai-nyelai jari jemari hingga siku-siku .
  • Lalu mengusap kepala (dengan cara mengusapnya dari depan di tarik ke belakang) beserta dengan mengusap/ memberisihkan kedua telinga dengan air.
  • Kemudian mencuci kedua kaki hingga mencapai kedua mata kaki (Yang dimaksud dengan mata kaki ini adalah benjolan yangg terdapat di sebelah bawah betis. (Bagi kita yg tangan atau kakinya terpotong maka ia hanya wajib mencuci bagian yang tersisa saja).
  • Ketika berwudhu wajib mencuci anggota-anggota wudhunya secara berurutan tidak menunda pencucian/ pembasuhan dalam berwudhu tersebut. Hal ini tentunya berdasar hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Umar Zaid bin Sabit dan Abu Hurairah bahwa Nabi senantiasa berwudu secara berurutan kemudian beliau bersabda “Inilah cara berwudu di mana Allah tidak akan menerima shalat seseorang kecuali dgn wudu seperti ini.”

Berikut dibawah ini Video Panduan Wudhu Lengkap ala Rasulullah SAW :

3. Inialah perkara-perkara yang dapat membatalkan wudhu kita ;

  • Keluarnya air kencing serta segala sesuatu yang dihukumi sebagai air kencing seperti misalnya cairan (yang belum jelas) setelah kencing.
  • Keluarnya tinja, baik itu banyak maupun itu sedikit.
  • Keluarnya angin (kentut) dari dubur, baik itu bersuara maupun tidak bersuara.
  • Jika kita tertidur (hilang kesadaran).
  • Segala sesuatu yang membuat kita kehilangan keadaran seperti missal ; mabuk, pingsan, atau bahkan gila, dan lain sebagainya.
  • Istihadhah kecil dan sedang (khusus bagi kaum perempuan).

Saudaraku, sesungguhnya wudhu tersebut merupakan amalan ringan, Akan tapi Fadhilah Wudhu/ pengaruhnya sangat luar biasa dan bisa dibilang ajaib sekali. Selain wudhu itu dapat menghapuskan dosa-dosa kecil kita, wudhu ini juga bisa mengangkat harkat, derajat serta kedudukan kita di surge kelak. Sebagaimana baginda Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda sebagai beriku ;

 

Baginda Rasulullah Muhammad SAW telah memberitahukan/ mengabarkan kepada kita bahwasanya kelak beliau akan mengenali ummatnya di Padang Mahsyar, dengan melalui adanya tanda cahaya pada anggota tubuh mereka (yang gemar berwudhu).

 

 

Oleh : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.