Presiden RI Jokowi - panduan sholat dhuha lengkap

Panduan Sholat Dhuha Lengkap Doa Sholat Duha dan Artinya

Pengertian Sholat Dhuha

Sholat Dhuha yaitu shalat sunnah yang dilaksanakan setelah terbitnya matahari hingga menjelang masuknya waktu shalat dzhuhur. Sebaiknya shalat Dhuha ini dilakukan pada saat pagi hari dimana matahari sedang naik ( sekitar jam 9 an pagi).

Sholat Dhuha ini lebih dikenal dengan sholat sunah dalam rangka memohon rizki kepada Allah SWT., Sesuai dengan  hadits baginda Rasulullah SAW. ;

{“Allah berfirman ; ” Wahai anak Adam, janganlah engkau sekali-kali malas (dalam) mengerjakan empat rakaat pada saat (waktu) permulaan siang ( Sholat Dhuha ) niscaya (pasti) akan Aku (Allah SWT.) cukupkan kebutuhan engkau pada akhir harinya “} (HR. Hakim dan Thabrani).

Berikut juga Hadits-hadits Rasulullah SAW yang terkait dengan Sholat Dhuha ;

{” Barang siapa (yang mengerjakan) sholat Dhuha 12 rakaat, (Niscaya) Allah akan membuatkan baginya istana disurga “} (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)

{” Siapapun (Barang siapa) yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng, maka akan diampuni dosanya oleh Allah, walaupun dosanya itu sebanyak buih-buih di lautan “} (H.R Tirmidzi)

(” Dari Ummu Hani bahwasanya Rasulullah SAW (mengerjakan) sholat dhuha 8 rakaat serta bersalam (mengucapkan salam) ketika tiap dua rakaat “} (HR Abu Daud)

(” Dari Zaid bin Arqam RA. yang Berkata ; ” Rasulullah Muhammad SAW keluar (menuju) ke penduduk Quba serta mereka sedang sholat dhuha “. Beliau pun bersabda,? Sholat duha (awwabin) berakhir sampai panas matahari menyengat (pada tengah hari/ siang hari). “} (Hadits Riwayat ; Ahmad Muslim dan Tirmidzi)

{” Rasulullah SAW bersabda di dalam kitab Hadits Qudsi, bahwa Allah SWT. berfirman ; {” Wahai anak Adam, janganlah engkau sekali-kali malas untuk mengerjakan empat rakaat sholat dhuha, sebab dengan sholat (Dhuha) tersebut, Aku cukupkan kebutuhan engkau pada sore harinya “} (Hadits Riwayat ; Hakim dan Thabrani)

Manfaat dan Makna Sholat Dhuha

  • Ada sebagian Ulama yang berpandangan bahwasanya sholat dhuha ini juga seringkali disebut dengan sholat awwabin. Namun ada juga para Ulama yang berpandangan bahwa keduanya itu berbeda karena sholat awwabin itu waktunya adalah antara maghrib dan isya.
  • Waktu (mengerjakan) sholat dhuha dimulai dari matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.
  • Adapun berbagai keutamaan atau manfaat dari menjalankan sholat dhuha ini adalah sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Daud, Ahmad dan Muslim.  Dari Abu Dzar bahwasanya baginda Rasulullah saw pernah bersabda ; {” Hendaklah masing-masing dari kalian bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada waktu pagi (setiap pagi). Karena setiap kali bacaan tasbih itu merupakan sedekah, setiap tahmid itu merupakan sedekah, setiap takbir itu merupakan sedekah, setiap tahlil itu merupakan sedekah, setiap takbir itu merupakan sedekah, menyuruh orang lain supaya mengerjakan amal kebaikan itu merupakan sedekah, melarang kepada orang lain supaya tidak mengerjakan keburukan itu merupakan sedekah. Dan untuk sebagai ganti dari semuamya itu, maka (engkau) cukup melakukan dua rakaat sholat dhuha “}
  • Didalam riwayat hadits oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh yang berkata ; {” Nabi Muhammad SAW. kekasihku telah memberikan 3 wasiat kepadaku, yakni melakukan puasa 3 hari dalam setiap bulannya, dan mengerjakan 2 rakaat sholat dhuha, serta melakukan sholat witir terlebih dahulu sebelum (engkau) tidur “}

Jumhur Ulama juga mengungkapkan bahwasanya sholat dhuha itu adalah sunnah bahkan para Ulama Syafi’i dan Maliki telah menyatakan bahwa shalt dhuha merupakan sunnah muakkadah berdasarkan hadits-hadits diatas. Serta dibolehkan bagi setiap orang untuk tidak menjalankan/ mengerjakannya.

Berikut cara mengerjakan Sholat Dhuha ;

  • Sholat Dhuha minimal dikerjakan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dikerjakan secara tidak berjamaah (Munfarid), dengan langkah atau caranya sebagai berikut ;

Untuk niat sholat dhuha itu dibaca didalam hati yang bersamaan dengan Takbiratul ihram :
{” Ushalli Sunnatadh – dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa “}

Artinya :
{” Saya niat sholat sunnah dhuha 2 rakaat, karena Allah Ta’ala “}

  • Kemudian Membaca doa Iftitah
  • Kemudian Membaca surat al Fatihah
  • Kemudian Membaca satu surat ayat-ayat Al-Qur’an. (sebaiknya (anjuran) pada rakaat pertama anda membaca surat Asy-Syam selanjutnya pada rakaat kedua surat Al-Lail)
  • Kemudian Ruku’ serta membaca tasbih tiga kali
  • Kemudian I’tidal serta membaca bacaannya
  • Kemudian Sujud pertama serta membaca tasbih sebanyak 3 kali
  • Kemudian Duduk diantara dua sujud serta membaca bacaanya
  • Kemudian Sujud kedua dan membaca tasbih sebanyak 3 kali
  • Kemudian Setelah pada rakaat yang pertama selesai, maka lakukan rakaat yang kedua sebagaimana cara yang diatas
  • kemudian pada saat Tasyahhud akhir setelah selesai, maka anda membaca salam sebanyak 2 kali. dan pada Rakaat-rakaat selanjutnya dikerjakan sama persis seperti contoh diatas tersebut.

 Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Artinya (Lengkap Bahasa Arab & Bahasa Indonesia)

Bacaan Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

20 comments

  1. WAODE NURNILAYATI

    mengerjakan perintah allah hrus dhe dasari dgn rasa syukur

    • Team MutiaraPublic

      Terima Kasih atas masukan dan komentarnya ukhti.., Semoga Allah Selalu merahmati ukhti.. ! Aamiin !

  2. mengerjakan semua perintah allah harus dengan rasa bersyukur dan Iklhas. yang terpenting nawaitu 🙂

    • Team MutiaraPublic

      Terima Kasih atas masukan dan komentarnya ukhti.., Semoga Ukhti dilimpahkan berkah oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin… !

  3. ini sangat bermanfaat bagi saya dan kita semua… terima kasih kami sampaikan.

    • Team MutiaraPublic

      Terima kasih atas komentarnya saudaraku, Semoga saudara di limpahkan Rahmat dan digolongkan Hamba yang Taqwa oleh Allah SWT. Aamiin !

  4. sangat bermanfaat, ijin share buat temen-temen saya ya, semoga mereka saya dan mereka bisa merutinkan sholat dhuha

    • Team MutiaraPublic

      Terimakasih saudaraku sudah berkenan Share artikel ini, Kami doakan semoga saudara dijadikan Hamba yang tertolong dan digolongkan Hamba yang Taqwa oleh Allah SWT. Aamiin !

  5. Dela sri utami

    bermanfaat sekali ,

    • Team MutiaraPublic

      Terimakasih atas komentarnya Ukhti….

      Semoga Allah melimpahkan Rahmat kepada Ukhti. Aamiin !

  6. mencari jannah

    Adakah diwajibkn bacaan surah as syam dan surah dhuha bg rakaat ptama dan kdua?

    • Team MutiaraPublic

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      Perihal Bacaan Surah As-Syam dan Surah Dhuha di dalam sholat sunnah Duha tersebut tidaklah harus/ bukan suatu kewajiban saudaraku, hal tersebut hanyalah berupa anjuran saja. Artinya saduaraku membaca surah yang mudah menurut saudara setelah membaca Al Fatihah tersebut juga di syahkan dalam sholat dhuha tersebut.

      Mengenai bacaan surah dalam sholat dhuha tersebut tidak ada batasan tertentu saudaraku, karena dasar dari syah-nya sholat tersebut yang wajib hanya Al-Fatihah sedangkan tambahannya itu adalah sunnah. Maka jika setelah Al Fatihah saudara membaca surat As Syamsi, Al Lail, Al Ikhlas, Ad dhuha, Al Insyirah, Bahkan Al-BAQARAH, dan surat-surat yang lainnya, ini adalah satu hal yang baik saudaraku. Yang terpenting adalah selalu berusaha tingkatkan ke khusu’an saudara dalam sholat tersebut, Serta selalu berharap Ridha dari Allah SWT.

      Semoga saudara selalu dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin !

  7. Alhamdulillah,,sngat membantu saya,,,ga cuma saya mungkin bg umat muslim laennya,,,mudah2n berkah dunia akherat…Aamiin

    • Team MutiaraPublic

      Barakallahu Fiq.., Terimakasih atas komentarnya saudaraku, Semoga Saudara Dilimpahkan Rahmat oleh Alla SWT. Aamiinn !

  8. apakah bacaan doa dhuha itu wajib dibaca setelah selesai sholat?
    bacaan nya panjang,saya sangat sulit menghapal nya

    • Team MutiaraPublic

      Assalamualakum saudara Rio yang di rahmati Allah SWT,

      Perihal bacaan Doa Dhuha tersebut tidak harus saudara membacanya, artinya saudara bisa mengganti bacaan Doa tersebut sesuai bahasa saudara, bahasa yang saudara mengerti dan pahami, dan apapun doa-doa yang saudara minta kepada Allah SWT. Yang terpenting berdoalah secara khusu’ kalau perlu berdoa sambil menangislah kepada Allah SWT. Fokuslah hanya mencari Ridho dari Allah SWT. Insyaallah Doa saudara akan segera diijabah/ dikabulkan oleh Allah SWT.

  9. Assalamulaikum adakah tuntunan Shalat Hajat? terimakasih wr.wb

  10. Alhamdulillah ijin sy copas dan sharing infonya pak ustad. Trims. Salam kenal

    • Team MutiaraPublic

      Barakallah.. Silahkan saudaraku sebarluaskan Demi kepentingan Ummat, dan jangan lupa untuk mencantumkan sumber mutiarapublic.Com

      Semoga saudara Dani selalu dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.