Panduan Lengkap Shalat Istikharah, Yang Benar
Panduan Lengkap Shalat Istikharah, Yang Benar

Panduan Lengkap Shalat Istikharah, Yang Benar

MutiaraPublic.com – Dalam kehidupan ini biasanya sering sekali kita diselimuti dengan berbagai persoalan dan pilihan hidup yang kadang-kala membuat kita ragu dan bahkan acap-kali bingung dalam memutuskan hal perkara tersebut. misal seperti ; ketika kita di hadap-kan dengan pilihan jodoh, ketika di hadapkan dengan melanjut-kan sekolah ketingkat yang lebih tinggi, ketika kita di-hadapkan dengan keputusan tempat kerja atau usaha bisnis. dan lain-lainnya..

Nah.. Dengan adanya cinta dan kasih sayang dari Allah Azza wa Jalla melalui Utusan-nya yang paling mulia yakni Baginda Rasulullah Muhammad SAW, dengan memberikan sebuah solusi kepada kita yakni dengan melaksanakan Shalat Istikharah.

Shalat Istikharah ini merupakan shalat sunah yang dilakukan/ dilakasanakan dengan tujuan untuk meminta petunjuk dari Allah Azza wa Jalla oleh kita, yang diliputi oleh beberapa pilihan, mungkin kita merasa bimbang dan merasa ragu dalam memilih keputusan perkara tersebut. Atau Istilah logikanya adalah kita ini dapat menentukan mana sih yang paling bagus, dan yang paling baik bagi kita dari pilihan-pilihan yang akan kita putuskan tersebut. Akan tetapi kita sebagai manusia yang mana tak lepas dari keinginan selalu mendapatkan yang terbaik bagi kita, maka sudah sepantasnya dan selayaknya-lah kita terlebih dahulu memohon petunjuk kepada Yang Maha pemberi petunjuk, Azza wa Jalla.

Setelah salat istikharah tersebut, maka kita (dengan izin Azza wa Jalla) akan dianugrahi kemantapan hati dalam hal memilih perkara yang ada dalam keraguan hati ini. Jadi maksudnya, Apa pun yang terjadi ketika kita usai mengerjakan shalat istikharah ini, adalah merupakan yang terbaik untuk kita, walaupun bisa jadi hal yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan kita sebelumnya. Di sinilah akan terkandung sikap legowo/ sikap menerima apa pun yang menjadi takdir dari Allah Azza wa Jalla untuk kita.

Adapun Manfaat Shalat Istikharah

Kita sebagai Manusia ini hanya merupakan makhluk yang hakekatnya tidak mempunyai daya, upaya dan kekuatan dalam segala bentuk hal tanpa izin dari Allah Azza wa Jalla Yang Maha Pencipta, termasuk dalam hal menentukan berbagai pilihan yang terbaik dalam hidup kita ini, maka dari itu dengan melalui petunjuk Allah Azza wa Jalla, maka semua hal yang akan berdampak atau membawa kebaikan dalam hidup ini bisa kita peroleh, termasuk dalam menentukan pilihan yang masih menjadi rahasia Allah Azza wa Jalla karena Dia Yang Maha mengetahui segalanya, baik itu sebelum maupun setelahnya.

Dengan Memohon pilihan yang terbaik kepada Allah Azza wa Jalla adalah merupakan cara bagaimana yang telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW kepada ummatnya, sehingga ummatnya pun dapat menemukan pilihan yang membawa dampak positif bagi kehidupannya.

Sebagaimana Allah Azza wa Jalla berfirman : Wasta’inu Bis Shobri Was Sholah

{” minta tolonglah (kalian) kepada Allah Azza wa Jalla dengan sabar dan shalat “}

Adapun Manfaat Shalat Istikharah adalah sebagai Berikut :

1. Menghilangkan berbagai kerancuan dan keraguan dalam menentukan pilihan kita
2. Mampu menemukan pilihan terbaik yangmana sesuai dengan keinginan atas petunjuk-Nya
3. Terhindar dari kekeliruan/ kesalahan dalam hal menentukan pilihan
4. Mampu Memantapkan hati kita dalam hal pengambilan keputusan
5. Dan lain-lainnya

Waktu Melaksanakan Shalat Istikharah

Waktu melaksanakan Shalat Istikharah ini bisa dikerjakan kapan pun baik itu di siang hari atau malam hari (dilarang melakukan shalat istikharah misalnya setelah subuh hingga masuk waktu dhuha (boleh), dan setelah waktu ashar juga dilarang). Sedangkan untuk waktu yang paling dibolehkan atau waktu utama untuk melaksanakan shalat istikharah ini adalah pada saat tengah malam atau sepertiga malam (kira-kira Jam 02 malam). Nah.. Pada saat waktu itulah yang utama untuk mengajukan berbagai permohonan kepada Allah Azza wa Jalla supaya kita diberikan petunjuk dalam hal menentukan pilihan yang sangat tepat sehingga mampu membawa kemaslahatan dalam hidup kita, baik itu di dunia maupun di akhirat

Tata Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

Sebelum kita melaksanakan shalat istikharah sebaiknya kita terlebih dahulu kosongkan pikiran dan hati kita dari kecondongan kepada salah satu pilihan dengan cara perbanyak beristighfar supaya dijauhi dari berbagai bisikan setan.

Bacaan Niat Shalat Istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

USHALLI SUNNATAL ISTIKHARATI RAK’ATAINI LILLA-HI TA’ALA

Artinya : {” saya niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala “}

Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

ALLAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI ‘ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BI QUDRATIKA WA AS’ALUKA MIN FADHLIKAL-’AZHIIM FA INNAKA TAQ-DIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU WA ANTA’ALLAAMUL-GHUYUUB. ALLAHUMMA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA KHAIRUL LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATU AMRII FAQDIRHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIK LII FIIHI WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAA SYARRUL LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU ‘ANNII FASHRIIFNII ‘ANHU WAQDIR LIYAL-KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDHINII BIH

{” Ya Allah…, sesungguhnya saya memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, saya memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan semua urusanku ini) dengan kodrat-Mu, dan saya memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang Agung, sebab sesungguh-nya Engkau yang Maha Kuasa sedangkan saya tidak berkuasa, Engkau-lah yang Maha Tahu sedangkan saya tidak tahu, dan Engkau-lah yang Maha Mengetahui perkara yang ghaib.
Ya Allah…, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untuk saya, dalam agama saya, kehidupan saya, dan akibatnya bagi saya, maka takdirkan-lah serta mudahkan-lah urusan ini bagi saya, kemudian berkahilah saya dalam urusan ini.
Dan Apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk saya, dalam agama saya, kehidupan saya, dan akibatnya bagi saya, maka jauhkanlah urusan ini dari saya, dan jauhkanlah saya dari urusan ini, dan takdirkan-lah kebaikan untuk saya di mana pun itu, kemudian jadikanlah saya ridha menerimanya. “}
Aamiin ! (HR. Bukhari)

 

Bacalah doa diatas ini dengan penuh khusuk dan resapi setiap kalimatnya dan artinya… berdoalah dengan sungguh-sungguh hanya berharap kepada Allah Azza wa Jalla.

 

 

 

Oleh : Ustad Rahmad Hidayat
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

4 comments

  1. Semoga dapat mengamalkannya

    • Team MutiaraPublic

      Aamiin… Terima kasih atas komentarnya. Semoga Niat Baik saudara diridhoi Oleh Allah SWT.

  2. Semoga bermanfaat buat kita semua . Amiiiennnnn

    • Team MutiaraPublic

      TerimaKasih atas komentar dan Doanya Ukhti… Semoga Ukhti Di limpahkan Rahmat Oleh Allah SWT. Aamiin.. !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.