Panduan Lengkap, Cara Sholat Tasbih Yang Benar
Panduan Lengkap, Cara Sholat Tasbih Yang Benar

Panduan Lengkap, Cara Sholat Tasbih Yang Benar

MutiraPublic.com – Saudaraku, mungkin kita sering kali mendengar yang namanya “sholat tasbih” ini, sebagian besar dari Muslim dunia sudah sering melaksanakannya, karena sholat tasbih ini adalah salah satu sholat sunnah yang mana bisa dilaksanakan pada pada siang hari, atau bisa dilaksanakan juga pada malam hari.

Imam Al-Ghazali dalam sebuah kitabnya “Ihya’ Ulumiddin” mengatakan bahwa ; {” Sholat tasbih ini merupakan sholat sunnah yang pernah dikerjakan (dilakukan) oleh baginda Rasulullah SAW, Oleh karena itu, kalau bisa alangkah baiknya bagi umat Muslim untuk melaksanakannya, minimal dalam seminggu sekali, atau bahkan kalau tidak sanggup (mampu) dalam sebulan cukup sekali “}.

Jadi pada intinya, sholat tasbih ini termasuk salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW. Dan sholat tasbih ini, Kalau bisa dilakukan setiap hari/ malam, atau seminggu sekali, atau bisa sebulan sekali, atau juga setahun sekali, atau bahkan dilakukan seumur hidup sekali.

Sholat sunnah tasbih ini dilaksanakan dengan 4 rakaat. Jika sholat tasbih dikerjakan pada siang hari, maka 4 rakaat tersebut dilakukan dengan cukup satu kali salam saja, Jika sholat tasbih dikerjakan pada malam hari, maka 4 rakaat tersebut dilakukan dengan dua kali salam. Berikut ini, Bacaan Niat Sholat Tasbih, Tata Cara, dan Doa Setelah Sholat Tasbih ;

Bacaan Niat Sholat Tasbih, Untuk dua kali salam ;

Bacaan Niat Sholat Tasbih, Untuk satu kali salam ;

Tata Cara Shalat Tasbih

Ketika paada rakaat yang pertama setelah anda membaca surat al-fatihah dan surat pendek, maka anda membaca tasbih sebanyak 15 kali, lalu ketika anda posisi sedang ruku’ (setelah anda membaca do’a ruku’), maka anda membaca tasbih sebanyak 10 kali. lalu ketika anda bangun dari ruku’ (setelah anda membaca do’anya), maka anda membaca tasbih sebanyak 10 kali. lalu Ketika anda sujud pertama (setelah anda membaca do’a sujud tersebut), maka anda membaca tasbih sebanyak 10 kali. lalu Ketika anda posisi duduk diantara dua sujud (setelah anda membaca do’anya), maka anda membaca tasbih sebanyak 10 kali. lalu kemudian Ketika anda posisi sujud kedua (setelah anda membaca do’anya), maka anda membaca tasbih sebanyak 10 kali. dan selanjutnya Ketika anda akan berdiri untuk rokaat yang kedua, duduk dulu sejenak (duduk istirahat) sambil membaca tasbih sebanyak 10 kali, lalu kemudian baru berdiri untuk rakaat yang kedua dengan bacaan yang sama pada rakaat yang pertama tadi. Begitu seterusnya, sampai salam.

{” setelah anda tasyahud (membaca taihad pada saat sholat tasbih), baik itu tasyahud awal maupun akhir, dianjurkan anda membaca tasbih sebanyak 10 kali, kecuali setelah anda membaca surat al-fatihah tersebut yakni sebanyak 15 kali “}.

Berikut adalah bacaan tasbih ;

Berikut ini, Doa Setelah Sholat Tasbih ;

Demikian Panduan Lengkap, Cara Sholat Tasbih Yang Benar, dan semoga bermanfaat bagi Anda semua !

 =======================

*NB : Disunahkan pada rakaat pertama sholat tasbih tersebut, membaca surat At-Takatsur, dan pada rakaat kedua sholat tasbih tersebut, membaca surat Al-‘Ashr.

 ***

 

Oleh ; Ustad Ahmad Hasan (Pesisir Kerajan, Besuki – Situbondo)
Redaktur ; Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

6 comments

  1. terima kasih niat shalat tasbihnya pak ustadz. sangat membantu ana, dan ana baru tahu kalau tata caranya begitu yang dianjurkan.. hehehe.. semoga di berikan pahala besar buat pak ustadz. amin

  2. Pak saya mw tnya untuk sholat tasbih jika kita mengerjakannya pada jam 3 dini hari…kita menggunakan hitungan rakaat yg mna ea pak…yg 2 salam atau 1 salam ya pak…mhon jwbannya ea pak…

    • Team MutiaraPublic

      Jika sholat tasbih dikerjakan pada jam 3 Dini Hari (sebelum subuh) maka 4 rakaat tersebut dilakukan dengan dua kali salam saudariku….

  3. Pak Ustadz, sholat tasbih di siang hari 4 rokaat satu kali salam bagaimana ya pak cara pelaksanaannya, mohon bimbingannya ?, tks

    • Team MutiaraPublic

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudaraku Abdullah yang dirahmati Allah SWT.., Prakteknya adalah sebagai berikut :
      1. Niat shalat tasbih lalu takbiratul ihram (niat seperti artikel di atas)
      2. Membaca surat Al-fatihah 1 kali dilanjutkan membaca surah (Lebih utama lagi membaca surah surah alquran yang dimulai dengan kalimat tasbih seperti surat al hadid , al hasyr, ash shaff)
      3. Sesudah membaca surah dilanjutkan dengan membaca tasbih 15 kali
      4. Ruku’. Selesai membaca doa ruku, membaca tasbih sebanyak 10 kali
      5. I’tidal, lalu membaca tasbih lagi 10 kali
      6. Sujud. Selesai membaca doa sujud lalu membaca tasbih 10 kali
      7. Duduk diantara dua sujud. Selesai membaca doa duduk diantara dua sujud di lanjutkan membaca tasbih 10 kali.
      8. Lalu sujud kembali dengan membaca doa sujud, setelah itu membaca tasbih 10 kali.
      9. Pada waktu duduk istirahat sebelum berdiri atau sebelum salam, membaca tasbih 10 kali
      10. hal ini dilakukan pada setiap rakaat sampai 4 rakaat (sebagaimana sholat Dzhuhur atau Ashar “4 Rakaat”)

      Jika masih terdapat pertanyaan saudara Abdullah bisa meninggalkan pesan melalui akun FB kami di sini >> https://www.facebook.com/MutiaraPublic

      Semoga saudara Abdullah beserta keluarga selalu mendapat limpahan Rahmat Allah SWT. Aamiiiin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.