Panduan Lengkap, Cara Sholat Hajat Yang Mustajab
Panduan Lengkap, Cara Sholat Hajat Yang Mustajab (foto ; Jupe melaksanakan sholat)

Panduan Lengkap, Cara Sholat Hajat Yang Mustajab

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Sholat hajat ini adalah suatu ibadah sholat sunnah yang dikhususkan bagi kita sebagai hamba Allah, untuk dapat memohon dan meminta sebuah hajat kepada-Nya. Hajat (keperluan) tersebut, ada yang kepada Allah SWT, serta ada pula dari kita yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau bisa disebut juga Hajat dalam hal urusan duniawi dan ukhrawi.

Jika kita memaknai kata “Hajat” menurut arti bahasa yaitu ; keperluan atau kebutuhan. Jadi pengertian sholat sunnah hajat disini adalah ; sholat sunnah yang dilaksanakan/ dikerjakan karena kita mempunyai maksud atau keperluan serta pastinya berharap Supaya Allah SWT mengabulkannya (mengabulkan hajat kita).

Berikut hadits perihal hukum dalam mengerjakan sholat sunnah hajat ;

Berikut Takhrij haditsnya ;

Waktu Untuk Melaksanakan Sholat Hajat ;

Pelaksanaan sholat ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, asalkan bukan pada saat (waktu) yang dilarang untuk mengerjakan sholat, Seperti misal ; sholat setelah subuh dan lain-lainnya.

Akan tetapi waktu yang paling utama (mustajab) adalah pada saat 1/3 malam terakhir yakni sekitar tengah malam (pukul 02.00 wib)

Waktu sepertiga malam tersebut insyaallah merupakan waktu yang paling istimewa dalam melaksanakan sholat termasuk sholat hajat, sebagai bentuk dari penghambaan kita kepada Allah SWT, terlebih lagi jika kita berdoa dimalam tersebut Insyaallah akan mustajab doa kita.

Tata Cara Sholat Hajat

Mengenai cara melaksanakan sholat sunnah hajat ini juga tidak ada perbedaan dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya atau sholat fardhu. Mungkin perbedaannya hanya terletak pada niat serta waktunya saja yang berbeda.

Berikut Bacaan Niat Sholat Sunnah Hajat ;

 

  • Niat (diucapkan dalam hati)
  • Mengucap Takbir (takbiratul ihrom) sambil mengucap niat bersmaan  dengan takbir
  • Membaca Do’a iftitah – Surat Alfatihah – Salah satu surat dalam Alqur’an
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk antara 2 sujud
  • Sujud ke-2
  • Berdiri untuk raka’at kedua, kemudian membaca fatihah – surat alqur’an (yang telah dihafal) lanjutkan seperti pada raka’at pertama setelah 2 raka’at akhiri dengan SALAM

Setelah Kita selesai Sholat Sunnah Hajat, maka kemudian alangkah lebih baik jika kita memohon ampunan kepada Allah SWT, dengan membaca istighfar : 100 kali, serta sholawat nabi : 100 kali, lalu kemudian dilanjutkan dengan membaca doa dibawah ini ;

Jika kita belum bisa menghafal doa diatas, maka kita bisa menggantinya dengan doa-doa yang lainnya, doa apa saja atau bisa berdoa dengan bahasa kita sehari-hari. yang paling penting niat kita dan tingkat kekhusuan kita dalam berdoa pada Allah SWT.

Saudaraku, semoga dengan kita melaksanakan sholat hajat ini, kita selalu mendapat ampunan, ridho, serta keinginan kita bisa tercapai.

Amin !

 

 

Oleh : Ustad Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

65 comments

  1. Blum tau apa yang mau di komentar

    • Team MutiaraPublic

      Terima kasih saudaraku sudah jujur, dan sudah mengisi kolom komentar :), semoga Allah melimpahkan berkah dan rahmat buat Anda. Aamiin !

      • klo gak afal doanya trus baca doanya lewat hp gppakah

        • Team MutiaraPublic

          Assalamu’alaikum Wr. Wb.

          Tidak Apa-apa saudaraku berdoa (membaca) lewat hp selagi saudara masih belum hafal doa tersebut, atau saudara bisa juga mengganti doa tersebut dengan yang lainnya atau saudara juga bisa mengganti sesuai apa yang menajadi keinginan saudara (dengan memakai bahasa yang saudara fahami).

          Yang terpenting didalam berdoa tersebut saudara sungguh-sungguh.. dan berusaha untuk khusu’, kalau perlu bersimpuh dan menangislah kepada Allah SWT sebagaimana permintaan/ doa yang saudara panjatkan tersebut, sebab Dia Maha Pengasih dan Penyayang.

          Semoga saudara di jadikan golongan yang Ahli ibadah. Aamiin !

  2. Terima kasih ustad atas penjelasannya.
    Sangat Detail 🙂
    Kalau perhomonan nya terakhir ya ustad??.

  3. Terima kasih ustad atas penjelasannya.
    Sangat Detail 🙂

    • Team MutiaraPublic

      Terima Kasih atas komentarnya saudaraku, Kami berdoa Semoga hajat saudara segera dikabulkan oleh Allah SWT dan selalu mendapatkan ridho dari-Nya. Aamiin.

  4. Trimakasih ustadz jazakumullah khaironjazak insya Allah kami amalkn

    • Team MutiaraPublic

      Sama-sama saudaraku, Semoga saudaraku digolongkan orang yang bertaqwa oleh Allah SWT. Aamiin !

  5. trimasih atas tuntunan sholat hajat ini… kalo misalanya solat hajat di kerjakan siang hari apa juga di perbolehkan syariat??? mohon penjelasannya.

    • Team MutiaraPublic

      sama-sama saudraku, Menurut Pendapat Ulama Terkait dengan waktu pelaksanaannya, boleh sholat hajat ini dikerjakan pada siang hari saudaraku. artinya shalat hajat bisa dilakukan kapan saja selama bukan di waktu-waktu yang dilarang (yaitu setelah subuh hingga matahari naik sepenggalah dan setelah shalat asar sampai maghrib datang). Namun yang paling baik adalah dilakukan di tengah malam (akhir malam), baik sebelum tahajjud maupun sesudah tahajjud.

      Semoga saudara digolongkan hamba yang Taqwa. Aamiin

  6. Assalamualaikum..
    Saya mahu bertanya, jika kita sudah lakukan solat hajat pada waktu zuhur, selepas itu kita lakukan lagi pada waktu maghrib dan waktu isyak.. Adakah berdosa..

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudaraku, tidak apa-apa saudaraku (tidak berdosa) menurut pendapat kami jika shalat sunnat hajat tersebut tidak cukup hanya dikerjakan satu kali saja, akan tetapi hendaknya dikerjakan sampai tiga kali atau bahkan sampai tujuh kali, yang terpenting saudara mengerjakannya dengan penuh ikhlas dan khusu’ serta semata-mata karena berharap pertolongan dari Allah SWT, artinya tergantung penting dan tidaknya perkara hajat yang sedang dihadapi.

      Semoga saudara dijadikan golongan yang tertolong dan dikabulkan seluruh hajat saudara oleh Allah SWT. Aamiin.

      • Assalamualaikum pak ustadz..saya mau menanyakan apakah sholat hajat boleh dilakukan jika kita memiliki keinginan dapat melunasi hutang kita? Terimakasih, wassalam.

        • Team MutiaraPublic

          Waalaikumsalam Wr. Wb.

          Terimakasih atas pertanyaannya saudariku, Boleh melakukan sholat hajat ini dengan niatan supaya Allah SWT memberikan jalan keluar terhadap hutang-hutang kita sehingga kita mampu melunasi hutang-hutang tersebut saudariku. laksanakan dan amalkanlah sholat sunnah hajat ini, maka Insyaallah niat hajat saudari dalam melunasi hutang tersebut akan di ijabah oleh Allah SWT. Aamiin.

  7. Halimah abdul bari

    ASSALAMUALAIKUM…USTAD AKU INGIN BENAR BENAR DEKAT KEPADA ALLAH CUMA KURANG ATAU TIADA TUNJUK AJAR DARI SIAPA PUN

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudariku, langkah pertama yang harus saudari laksanakan adalah Tegakkan sholat 5 Waktu dengan penuh khusu’, kemudian saudari bisa memperbanyak dzikir dengan kalimat istighfar : “Astaghfiruloh hal adzim…” dan berdo’alah dengan membaca berikut ini :

      ROBBY AINI ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI IBAADATIKA

      Artinya : “Ya Robbku, tolong hamba agar selalu ingat pada-Mu.., selalu bersyukur atas nikmat-Mu, dan selalu beribadah terbaik pada-Mu…

      Semoga Allah menjadikan saudari hamba yang Taqwa. Aamiin !

  8. Aswlkum,, insyallh sya yakin akan janji allah itu benar adanya,, saya mohon tuntunanx pa udstadz, saya punya hajat ingin segera melunasi hutang saya senilai 900.000.000 perbulanx saya harus menyicil 30.000.000 bisa lunas smua ditahun 2018, pa uztadz tolong bantu saya dngan doa agar saya diberikan petunjuk, jalan dan kemudahan untuk melunasi hutang2 saya tahun ini,, dan tolong petunjuk amalan2 yg hrus saya lakukan, apapun akan sya lakukan agar hutang saya lunas namun harus sesuai syariat islam,, krna sungguh berat q harus menanggung ini,, sy takut rumah kedua orang tuaq yg jadi agunan disita bank jika usaha jual beliq tidak lancar,, saat ini saya benar2 kesulitan,, kurang lebih ada 250 orang yg bergantung pada usahaku ini,, ketika q bangkrut q takut mereka jg akan kehilangan arah,, uang yg q pinjam itu, q gunakan untuk membeli perlengkapan dan bibit untuk menanam rumput laut bagi petani sebaxk 250 orang,, tlng pa ustadz bantu doakan kami,, trmksh, ina 0853911969xx.

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas komentarnya saudaraku, Insyaallah Segenap Team MutiaraPublic akan membantu untuk mendoakan saudara agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam menggapai hajat saudara.

      Saran dari Kami adalah :

      – Tegakkanlah sholat Fardhu 5 Waktu dan Perbanyaklah melakukan sholat sunnah hajat tersebut, serta berkhusu’-lah dalam melaksanakan sholat (baik sholat fardhu maupun sholat sunnah), sebab didalam sholat tersebut sudah terdapat amalan dan doa-doa yang sangat komplit/ lengkap. Kajilah…!, resapi…!, dan pahami… makna setiap dari huruf dan bacaan dalam sholat tersebut.

      {“Rabbighfirlii.. Warhamnii.. Wajburnii.. Warfa’nii.. Warzuqnii.. Wahdinii.. Wa’Aafinii.. Wa’fuannii..”}

      artinya : “Ya Allah Tuhan-ku… Ampuni Aku…! Sayangi Aku…! Tutublah Aib-aibku…! Angkatlah Derajatku…! Berilah Aku Rezeki…! Berilah aku petunjuk…! Sehatkanlah Aku…! Maafkan Aku…!”

      – Biasakan membaca Istighfar (sebelum saudara melakukan kegiatan apapun).
      – Doakan Selalu Orang Tua.
      – Amalkanlah Dzikir ini YA Fattahu Ya Razzak.
      – Bacalah Doa Tahajut (di atas artikel tersebut) kalau perlu (doa) menangislah kepada Allah SWT, Mintalah Pada Allah dengan penuh khusu’.

      Insyaallah jika saudara amalkan maka niat baik saudara akan segera di kabulkan oleh Allah SWT. Semoga Saudara diberikan kemudahan dalam menggapai impian dan hajat saudara. Aamiin !

  9. Arief Nur Muhammad

    Assalamu ‘alaikum Warohmatulloohi Wabarokatuh… mohon izin beramal, smoga manfaat & barokah… AMIIN1001X

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terima kasih juga atas komentarnya saudaraku, semoga saudara dijadikan golongan yang Ahli Ibadah oleh Allah SWT. Aamiin !

  10. Vina Vinesta

    Assalamualaikum ya Ustadz, bagaimana jika hajat kita itu untuk 2 tahun ke depan ? (saya ingin kuliah S1 di Jepang). Apakah saya harus mulai sholat hajat dari sekarang atau nanti saja ?
    Lalu apakah dalam sholat hajat kita boleh meminta 2 permintaan sekaligus ?
    Terimakasih 🙂

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terima kasih atas komentar dan pertanyaan saudari, perlu kami jelaskan lagi saudariku bahwa Sholat Hajat ini adalah sholat sunah yang dilakukan agar kita dimudahkan dan memperoleh apa yang kita inginkan, cita-citakan, atau kita impikan. Maka akan sangat lebih baik saudariku, apabila saudari mengamalkan Sholat sunnah hajat ini dari sekarang semata-mata untuk mencari ridho-Nya, agar Allah SWT memberikan jalan menuju sesuai apa yang di cita-citakan saudari (yakni kuliah S1 di jepang). Bahkan Segala hajat-hajat saudari mulai dari hal kecil hingga yang besar sekalipun akan di berikan jalan oleh Allah SWT.

      Berdoalah disetiap sholat saudari.., termasuk sholat sunnah hajat ini, berdoalah dengan penuh khusu’.. (kalau perlu menangislah pada Allah SWT), bersimpuh dan mintalah pada-Nya apapun segala hajat saudari, dan Insyaallah semuanya akan menjadi nyata.

      Semoga Allah SWT selalu meridhai setiap hajat-hajat saudari. Aamiin !

  11. Syukron…

  12. Jejen Zainal M

    Assalamu’alaikum……Pak Ustadz yang terhormat sblmnya saya ucapkn trimkasih krn diberi kesempatan untuk mengomentari.Gini Pak Ustadz kurang lebih 2 bln ini keadaan hati sya slalu gelisah,itu dikarenakan saya punya tanggungan hutang yg setiap blnnya hmpir 10jt yg hrs sy byr,apalagi kemarin2 saya mendapat kabar bahwa kami akan brngkt ibadah haji tahun depan,jujur pak ustadz sya merasa senang dan bingung,senangnya alhamdulillah bisa terpanggil untk naik haji thn depan.bingungnya itu maslah keuangannya blm ada,tp saya berkeyakinan penuh pada Allah bahwa Allah akan memberi rejeki dri jln yg tak disangka sangka.yg ingin saya tanyakan bagaimana caranya sya memohon do’a agar khusyu dan saya mhon tim pak ustadz mendoakan sya agar hajat sya cepat terkabul,aaaammmiiinnn terimakasih sebelumnya,Wassalamu’alaikum wr.wb

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas komentar dan pertanyaannya, Saudaraku Jejen Zainal M. yang di dirahmati Allah SWT, Yakinlah dengan Ber-Fokus pada Allah…!

      Karena dengan Hanya kita ber-fokus dalam mengejar ridho Allah SWT semata-mata, maka hati kita akan selalu tentram, damai, dan setiap suatu hal yang menimpa diri kita akan berbuah menjadi suatu kebaikan dan kemuliaan di hadapan Allah SWT…!

      Salah satu langkah khusus agar kita berfokus kepada Allah SWT adalah dengan cara Berdzikir dan memperbanyak amalan sholat sunnah (termasuk sholat sunnah hajat ini saudaraku…). Tegakkan Sholat Fardhu !, dan dirikan sholat sunnah hajat ini, serta perbanyaklah berdzikir kepada Allah. Kemudian mintalah pada-Nya (berdoa) dengan penuh khusu’ (kalau perlu menangislah pada Allah SWT).

      Salah satu cara atau langkah agar kita khusu’ dalam berdoa adalah dengan cara mengakui diri secara dzahir dan batin bahwa kita ini betul-betul membutuhkan pertolongan-Nya. Tanpa Dia (Allah), maka segala keinginan kita tidak akan tercapai. Oleh karena itu Sadar ketika berdoa, yakinlah bahwa doa kita itu akan dikabulkan dan benar-benar dalam pengharapan..!

      Dan mungkin Tulisan (artikel) dan Video berikut dibawah ini akan membantu saudaraku dalam menggapai kesuksesan Dunia ini :

      – Dunia Ibarat Bayangan, Maka Inilah Kunci Sukses Dunia !

      Team kami juga akan membantu untuk mendoakan saudara Jejen Zainal M, Agar Allah SWT selalu memberikan jalan dan kemudahan bagi saudara. Aamiin !

  13. terimakasih, semoga team mutiara public selalu diberkahi oleh ALLAH SWT,
    mohon bantu doakan saya supaya mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan

    • Team MutiaraPublic

      Sama-sama saudaraku Gayuh Fajar, terima kasih juga sudah mendoakan kami, Insyaallah akan kami doakan buat saudaraku agar Allah SWT selalu memberikan jalan dan kemudahan bagi saudara..

  14. assalamu’alaikum
    maaf pak ustad. saya mau tanya.
    waktu yg baik saat mengerjakan sholat hajat apakah iya jam 12 malam dalam keadaan belum tidur ?
    mohon pencerahannya pak ustad.

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terima kasih atas pertanyaannya saudaraku, Menurut pendapat Ulama waktu yang paling utama (mustajab) yakni adalah pada saat tengah malam atau 1/3 malam terakhir yakni sekitar tengah malam (pukul 02.00 wib). Baik itu sebelum tidur dan setelah tidur saudaraku.. Dan yang terpenting adalah saudara Khusu’ dan betul-betul bersimpuh serta Fokuslah hanya pada Allah SWT, fokus hanya mencari ridho-Nya. Wallahua’lam !

  15. assalammualaikum…
    kapan kita memasukkan hajat yg kita inginkan d dlm sholat hajat…?
    d niat sholatkan…?
    atau d akhir doa…?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudaraku, perlu kita ketahui bersama bahwa sholat sunnah hajat ini merupakan sholat sunnah yang dikerjakan karena kita mempunyai maksud, tujuan, atau keperluan serta pastinya berharap Supaya Allah SWT mengabulkannya (mengabulkan hajat kita).

      Jadi intinya menurut pendapat kami sebaiknya untuk di awal sebelum kita melaksanakan sholat hajat ini, niatkan terlebih dahulu untuk hajat-hajat kita dengan fokus mencari ridho Allah SWT. Dan setelah kita selesai melaksanakan sholat hajat ini baru kita berdoa agar Allah SWT meridhoi hajat-hajat kita, ungkapkan segala hajat-hajat kita kepada Allah SWT (kalau perlu menangislah kepada Allah SWT) di dalam doa kita.

      Semoga Allah selalu memberikan kemudahan Bagi saudara dermawan, Aamiin !

  16. Ass.wr.wb Ustadz,

    Shalat Hajat itu paling banyak dikerjakan 12 rakaat. Mau tanya, tata cara untuk bisa mengerjakannya bagaimana? Apakah 4 rakat dengan 1 salam atau 2 salam? Dan satu lagi, maaf agak menyimpang. Sebenarnya mengerjakan shalat Tasbih itu dikerjakan 4 rakaat 1 salam atau 2 salam ya Ustadz?

    Terima kasih Ustadz.

    Wassalam.wr..wb

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudaraku Sesar, Mengenai tata cara melaksanakan sholat sunnah hajat ini juga tidak ada perbedaan dengan melaksanakan sholat sunnah lainnya atau sholat fardhu. Mungkin perbedaannya hanya terletak pada niat serta waktunya saja yang berbeda. Dan menurut pendapat Ulama jika saudara melaksanakan sholat sunnah hajat ini sebanyak 4 Rakaat maka dilakukan dengan 2 salam, “2 rakaat satu kali salam (Assalamu’alaikum Wr. Wb. ke kanan dan Kekiri)”.

      Untuk sholat tasbih ini betul sekali di kerjakan 4 Rakaat dengan 2 kali salam. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini artikel mengenai Tata cara Sholat Tasbih tersebut :

      – Panduan Lengkap, Cara Sholat Tasbih Yang Benar

      =====================

      Semoga saudara Sesar selalu dilindungi oleh Allah dan dijadikan Hamba yang Taqwa. Aamiin !

  17. Assalamuallaikum pak ustad 🙂
    Saya senang skli membaca artikel anda ini karna smua bgtu jelas dan mudah di pahami.
    Jujur pak , saya belum pernah sekali pun mengerjakan shalat hajat ,tpi begitu saya membaca artikel anda ini hati saya jdi tergerak untuk mencobanya!
    Dan jujur , saya jga mempunyai hajat yg sampai skarang ini blm tercapai , saya hampir putus asa dan hampir meninggalkan tuhan krn beliau tdk jga mendengarkn doa saya , setiap saya sholat saya slalu berdoa dengan khusyu’ bahkan sampai meneteskan air mata tapi beliau tdk jga menjawab doa2 saya 🙁 , saya mulai berpikir DIMANA KEADILAN MU TUHAN? Saya bagai manusia yg kehilangan arah dan bingung harus mengadu pada siapa lagi(hehehe…maaf pak sdkit curhat)
    Dan Alhamdullilah saya menemukan artikel anda ini dan saya seperti mendapatkan semangat hidup yg baru!
    Astaghfirullah maha suci Allah dgn sgla firman nya!!
    Ternyata sudah sejauh ini aku meninggalkan mu tuhan 🙁 , Terima kasih pak atas artikel nya dan insyaallah saya pasti akan mengerjakan nya!
    Satu lagi pak , apakah tuhan masih mau mengampuni dosa2 saya ini? :’) Wassalam.

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Rasululllah SAW pernah bersabda :

      {” Tidak hentinya doa seorang hamba akan dikabulkan, selama itu bukan doa yang mengandung maksiat atau memutus silaturahim, dan doa yang tidak tergesa-gesa.” Para sahabat bertanya, ‘Wahai Baginda Rasulullah, apa yang dimaksud dengan tergesa-gesa dalam berdoa itu?’ Beliau Baginda Rasulullah menjawab, ‘Orang itu mengatakan, ‘Saya telah berdoa …, saya telah berdoa…, namun saya merasa belum pernah dikabulkan.’ Kemudian, dia putus asa dan meninggalkan doanya.” (H.R. Muslim).

      Saudaraku Asmaddy yang dimuliakan Allah SWT. Perlu kita ketahui bersama bahwasanya ketika kita sebagai seorang Hamba, merasa bahwa doa ini tidak kunjung dikabulkan. Maka, selayaknyalah kita harus selalu yakin bahwa Allah SWT itu lebih mengetahui hal yang terbaik untuk kita dan Allah Akan memberikan yang terbaik pula bagi kita, sebab Dialah yang telah menciptakan kita dan Dia adalah Dzat yang Mahasempurna ilmu-Nya. Berdoalah dengan semata-mata berharap Ridho dari-Nya, Berdoalah dengan Penuh Khusu’… Kalau perlu (berdoa) menangislah hanya Kepada-Nya.

      Dan Ketahuilah saudaraku Bahwa Allah SWT itu akan mengampuni dosa-dosa Hambanya bagi mereka yang mau bertobat, maka dari itu perbanyaklah Istighfar dan teruslah selalu Istighfar, karena sebesar apapun dosa itu dengan kita Beristighfar dan selama Nafas ini belum sampai Kerongkongan, maka Niscaya Allah SWT Akan Mengampuni-Nya… “Ya Allah.. Ya Rabb.. Ampuni Dosa Hamba”.

      Kami Team MutiaraPublic Berdoa Semoga Saudaraku Asmaddy Menjadi Golongan Hamba Yang Tertolong Di Dunia maupun Di Akhirat Kelak, Aamiin !

  18. Assalamu’alaikum wr. wb. Ustad..
    terima kasih banyak atas informasi yg telah di share Team Mutiara Public.. ini sangat membantu saya yg saat ini memang ada hajat, meski hanya saya dan Alloh SWT yg tau. semoga Team Mutiara Public semakin solid dan semakin bermanfaat lagi.
    mohon tambahan do’a restu untuk niat hajat saya semoga Alloh SWT ridho dan memberi keberkahan atas niat saya. aamiin..
    terima kasih…
    tyo blt

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      TerimaKasih atas komentar dan Doanya saudaraku, Semoga Saudara selalu Dalam Lindungan dan Ridho Allah SWT, serta Di jadikan Golongan Hamba Yang Taqwa oleh Allah SWT. Aamiin !

  19. Assalamualaikum pak ustadz,
    Pak saya akhir akhir ini hati menjadi selalu gelisah, dikarenakan saya mempunyai masalah. Ijazah saya yang semenjak lulus dari ptn belum saya ambil, saya slalu takut untuk mengambilnya, selama ini saya takut dipersulit disana, sedangkan saya bekerja hampir setiap hari di jakarta. Saya sangat ingin membantu eknomi ayah saya yang akan pensiun dan masih punya 2 anak yaitu adik saya yang masih kecil. Setiap saya bekerja slalu merasa gelisah. Terima kasih pak ustadz mohon do’a nya supaya saya bisa segera mendapatkan ijazah saya.

    • Team MutiaraPublic

      Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

      Saudaraku Reza yang di muliakan Allah SWT, Dirikanlah sholat fardhu, dan perbanyaklah sholat Hajat tersebut, kemudian berdoalah… mintalah kepada Allah SWT agar Allah meridhoi langkkah-langkah dan impian saudara..

      Serta Tenangkan pikiran saudara, buanglah semua masalah tersebut kepada Sang Pencipta, curhatlah Kepada Allah SWT perihal masalah saudara kemudian perbanyaklah bersholawat kepada baginda Rasulullah… “Allahumma Sholli Alaa Sayyidina Muhammad“. Insyaallah dengan saudara mengamalkan tersebut Allah akan segera meng-ijabah niat dan impian saudara. (Berikut Artikel bisa saudara baca “KLIK” >> Kisah Nyata ; Keutamaan Sholawat Nabi ! )

      TerimaKasih atas pertanyaannya. Team MutiaraPublic akan berdoa untuk kebaikan saudara Reza beserta keluarga.

  20. Asalamualaikum pa ustad apakah jika kita menginginkan hati seseorang yg keras dan pemarah bisa luluh bisa memohon dengan solat hajat?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudari Via yang di rahmati Allah SWT, bisa saudari mengamalkan sholat hajat ini semata mata agar Allah SWT meluluhkan hati mereka yang keras, dan berdoalah kepada Allah SWT dengan penuh khusu’ kalau perlu menangislah hanya pada Allah SWT. Sebab dia Maha Pengasih dan Penyayang.. serta biasakan saudari memperbanyak Sholawat kepada baginda Rasulullah SAW, insyaallah dengan Sholawat, Allah akan meridhoi setiap jengkal langkah saudari… insyaallah !

      Berikut dibawah ini ada sedikit artikel yang insyaallah menjadi rujukan dan bermanfaat bagi diri pribadi saudari >>

      Tips Melunakkan Hati Yang Keras

  21. Assalamualaikum wr.wb
    pa ustadz izin bertanya,solat hajat biasa dilakukan berapa hari berturut? atau dilakukan sampai hajat benar-benar terkabul?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudaraku, lakukanlah sholat hajat semampu dan se-ikhlas saudara, atau lakukanlah sampai hajat saudara benar-benar terkabul, yang penting niatnya semata-mata karena Allah SWT, niat semata-mata hanya karena berharap Keridhaan dari Allah SWT. Serta Berdoalah dengan penuh khusu’ kalau perlu menangislah pada Allah SWT. Insyaallah niat baik atau hajat saudara akan di ijabah oleh Allah SWT.

      Semoga saudara digolongkan Hamba yang TAQWA dan dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT. Aamiin !

  22. Assalamualaikum
    Mohon pencerahan nya biasa nya pengabulan hajat bisa langsung di rasakan pada diri kita sendiri atau bagaimana?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudaraku Rino yang di Rahmati Allah SWT, perlu kita ketahui bersama bahwa do’a perihal hajat yang kita panjatkan dengan bersungguh-sungguh dalam menghadapkan diri kepada Allah SWT, niscaya akan dikabulkan. Hanya saja pengkabulan do’a/ hajat tersebut kadangkala disegerakan atau bisa jadi Allah SWT masih menguji kesabaran kita. Bahkan kadang-kadang Allah SWT mengganti permohonan do’a atau hajat kita tersebut dengan yang lebih baik menurut pandangan dan pilihan Allah SWT.

      Para ulama’ telah menyebutkan bahwa salah satu tanda-tanda dikabulkannya do’a/ hajat kita tersebut yaitu biasanya kita merasakan kesejukan dan getaran dalam hati ini sewaktu kita memanjatkan do’a perihal hajat tersebut. Adapun ditolaknya do’a atau hajat kita ini bisa disebabkan karena adanya beberapa rintangan. Termasuk dalam rintangan itu adalah: memakan makanan yang haram, memakai pakain yang haram, bersikap Sombong, terus menerus bermaksiat kepada Allah, dan berdo’a dengan hati yang lalai.

      Saudaraku Rino yang dirahmati Allah SWT, Apabila memang yang kita inginkan (hajat kita) tersebut sifatnya halal dan untuk kebaikan kita, akan tapi Allah SWT belum juga mengabulkannya, maka mungkin usaha kita masih belum cukup keras untuk meminta ridho Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT, :

      {” Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk “} (QS. Al-Baqarah: 45).

      Saran dari kami tegakkan sholat fardhu, dan perbanyaklah sholat sunnah hajat serta berdoalah dengan penuh khusu’ kalau perlu menangislah kepada Allah SWT, tancapkan dalam hati saudara bahwasanya tanpa Ridho dari Allah SWT semuanya akan sia-sia, semuanya tidak akan berarti apa-apa ! Sungguh Skenario Allah SWT itu akan indah pada waktunya, Percayalah saudaraku !

      Semoga Allah menjadikan saudara golongan Hamba yang TAQWA. Aaamiinn !

  23. Terima kasih ya atas informasinya, semoga Allah merahmati hidup kamu?

    • Team MutiaraPublic

      Barakallahu Fiq.. Semoga ukhti juga di limpahkan Rahmat oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabb!

  24. Vivi Amandarina

    Assalamualaikum ustadz yang baik hati, saya sudah berencana (inshaAllah) menikah tahun ini, saya sudah merencanakan lamaran sejak Januari 2016 lalu, tapi selalu saja ada masalah dan tertunda. Sampai akhirnya kedua belah keluarga sudah sepakat pada tanggal yang ditentukan, makanan sudah dipesan sana sini, dan sudah mengundang beberapa keluarga dan teman dekat, namun 2 hari sebelum hari H tepatnya tgl 9 April besok, tiba2 ada kendala (finansial) yang membuat semuanya gagal. Padahal sudah mengikuti prosedur yang diminta oleh pihak yg bersangkutan (terhitung desember 2015) usaha yang sudah dilakukan sampai titik darah penghabisan, calon saya sampai sakit2an, oprasi, dan alhamdulillah sekarang sembuh hanya utk mengurus dan mencapai niat kami berdua. Keluarga sempat bingunf dan kehabisan cara. Tolong pak ustadz bantu kami, apa saja yang kami harus benar benar lakukan utk memudahkan menuju rencana kami, merasa dipersulit oleh Allah dalam setiap langkah. Terimakasih banyak, mohon bantuannya pak ustadz

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudariku Vivi Amandarina yang Dimuliakan Allah SWT… Islam sangat memudahkan berlangsungnya pernikahan, sebagaimana rukun Pernikahan itu syaratnya hanya ada 5 saudariku :

      1. Mempelai Laki
      2. Mempelai Wanita
      3. Wali Nikah
      4. Saksi-saksi
      5. Ijab Qabul (Tawaran dan Penerimaan).

      Sungguh Nikah itu sangat simple saudariku, Memang dalam tradisi budaya di indonesia ada hal-hal yang tentunya memerlukan biaya besar, akan tetapi lebih baik dan tepat saudariku, cobalah musyawarah dengan keluarga untuk mengedepankan Syariat islam terlebih dahulu dalam sebuah pernikahan, sebagaimana syarat di atas tersebut. Kemudian apabila sudah di limpahakan Rezeki oleh Allah SWT maka selanjutnya tradisi tersebut boleh menyusul saudariku, karena menunda-nunda pernikahan itu adalah perbuatan kurang baik saudariku.

      Demikian pendapat kami, dan Kami berdoa Semoga Niat dan Hajat saudari Vivi Amandarina segera diijabah oleh Allah SWT. Aamiin !

  25. Assalamualaikum ustad sblmnya terimaakasih karena sangat bermanfaat….tp apakah boleh misalkan setelah sholat isya saya tidak mengerjakan sholat sunat yg lain trus tidur. Setelah itu bangun jam 2 malam untuk sholat hajat langsung ??? Atau bagaimana yang lebih baiknya ?? Terimakasiiih….

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Boleh dan tidak berdosa saudara setelah sholat isya’ tersebut tidak mengerjakan sholat sunnah, karena hal itu hukumnya hanyalah sunnah. Akan tetapi lebih baik lagi saudara melaksanakannya. misalkan dengan melaksanakan sholat sunnah ba’diah isya’ (sholat sunnah rawatib), karena keutamaan atau fadhilah dari sholat sunnah rawatib sendiri sangantlah besar saudaraku.

      Terimakasih, semoga saudara selalu dalam petunjuk dan pertolongan Allah SWT. Aamiin…!

  26. Assalamualaikum pak ustadz..
    saya ada masalah, saya menjalin hubungan dgn seorg pria sudah 10 tahun, karna suatu kesalahan yg saya buat maka dia mengakhiri hubungan ini sdgkn awalnya kami niat menikah tahun dpn.. Saya sudah berusaha menjelaskan masalahnya dan meminta maaf berulang kali, tp dia masih keras menutup hatinya. Saya mencintainya, apa yg harus saya lakukan? apakah solat istikharah utk diberi petunjuk? solat tahajjud? atau solat hajat?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Menurut pendapat kami, Sebaiknya Fokuskan niat saudari semata-mata untuk mencari ridha dari Allah… Putarkanlah Arah yang dulunya saudari mencintai seorang pria tersebut sekarang cintailah Allah, fokus dengan cinta Allah saja, ketahuilah jika saudari fokuskan hanya pada Allah, maka niscaya saudari akan di kejar-kejar termasuk cinta dari pria sholeh yang Allah siapkan untuk saudari dia pria calon penghuni syurga. Insyaallah…!

      Perbanyaklah mengerjakan sholat sunnah… artinya semua sholat sunnah itu baik, apalagi dalam hal minta petunjuk, seperti sholat istikharah, sholat tahajut, dan sholat hajat, serta lain-lainnya. yang terpenting dalam sholat tersebut seperti di atas tadi, yakni fokuskan semata-mata hanya mencari ridha Allah.

      Kami segenap team akan berdoa semoga saudari di berikan kemudahan dan di jadikan golongan hamba tertolong Dunia dan Akhirat. Aamiin !

  27. assalamulaikum pak ustad,,,
    pak saya sudah 9 tahun menjalin hubungan dengan kekasih sy,,, kami berniat menikah diawal 2017 nanti, hanya saja sekarang terkerndala dengan restu dari ayah saya, sedangkan ibu saya sudah setuju dan kedua orgtua dari pihak laki2 juga sudah siap, hanya ayah saya hatinya sangat keras dan melarang kami,,, mohon penecrahan pak ustad agar hati ayah saya bisa luluh dan ridho memberi restunya kepada saya dan kekasih saya,,, apakah ada doa2 atau amalan2 tertentu?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      saudari Dewi yang dirahmati Allah SWT, Tegakkan sholat Fardhu, dan dirikanlah sholat sunnah termasuk sholat sunnah hajat tersebut saudari, semata-mata dengan tujuan untuk mencari ridho dari Allah SWT, agar Allah memberikan Ridho kepada saudari dan pasangan saudari dan segera di bukakan pintu hati ayahanda saudari dalam memberikan Restunya dalam pernikahan tersebut.

      Dan Perbanyaklah dalam bersholawat kepada Baginda Rasulullah SAW, seperti misalnya Sholawat Fatih, sebagaimana berikut ini :


      اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

      Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa naashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, wa ‘alaa aalihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil ‘adziim.

      Insyaallah dengan memperbanyak sholawat kepada Makhluk yang Paling Di cintai oleh Allah SWT yakni Baginda Rasulullah Muhammad SAW, maka Allah SWT akan lebih cinta lagi kepada saudari. dan kalau Allah SWT sudah cinta, maka apa lagi yang perlu dikhwatirkan saudariku ???

      Segenap Team Kami juga akan berdoa untuk kebaikan saudari beserta keluarga. Insyaallah… !

  28. Ass admin mutiarapublic.com
    Saya Gita dan saya masih harus banyak belajar mengenai Islam. Saya ingin menanyakan apakah sholat sunah hajat dapat dilaksanakan lebih dari sekali dalam sehari? dan apalagi upaya yang bisa saya tambah untuk memperkuat niat saya atas hajat tersebut. bagaimana agar dapat meyakinkan yang maha kuasa bahwa kita benar-benar bersungguh sungguh atas hajat tersebut? apakah surat yang harus dibaca setelah al fatihah ditentukan? dan yang terakhir jika kita mengerjakan sholat hajat sebanyak 12 rakaat, apa boleh mencicilnya dengan tiap 4 rakaat ditutup salam atau haru per dua-dua?

    Terimakasih sebelumnya, jika admin berkenan mohon dijawab ke email saya karena keterbatasan saya dalam membuka web ini.

  29. assalamualaikum pak ustadz ingin bertanya apa sdh benar kalau sholat sunnah hajat misal sy lakukan tepat jam 12 dan setelah bangun tidur dan setelah itu sy ingin melanjutkan sholat tahajut.bagaimana untuk waktu yg terbaik dan tepat untuk melaksanakan sholat hajat.?sebelum tidur atau sesudah tidur.terima kasih.mohon bimbingannya pak ustadz

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudariku triwahyuni yang di Rahmati Allah SWT. Sebelumnya terimakasih atas pertanyaannya.

      Terkait dengan waktu pelaksanaan sholat hajat tersebut, shalat hajat bisa dilakukan kapan saja saudariku, selama bukan pada waktu-waktu yang dilarang, yakni seperti: setelah subuh hingga matahari naik sepenggalah dan setelah shalat asar sampai maghrib datang. Namun yang paling baik adalah dilakukan di tengah malam (akhir malam/ sepertiga malam), baik sebelum tahajjud maupun sesudah tahajjud.

  30. Mualik rudi harriyanto

    Assalamualikum pak ustadz,
    Saya butuh pencerahan dr bapak dengan masalah yg saya hadapi, sy mempunyai org tua angkat dan sy di asuh dr masak kecil sy dan sekarang ada sedikit warisan dr org tua angkat sy berupa rumah dan sedikit aset yg sudah di alihkan atas nama sy dr org tua angkat sy, dan masalah yg sedang sy hadapi adalah, sekarang rumah dan aset yg sudah nama sy pribadi di tarik kembali sama org tua angkat sy, begini pak ustadz org tua angkat sy non muslim yg jadi masalah adalah karena sy sekarang mualaf dan org tua angkat sy tidak menerima sy menjadi mualaf, sholat 5 waktu sy sudah lakukan, sholat 1/3 mlm juga sy lakukan, apakah sy masih berhak mempertahankan rumah dan aset , dengan masalah yg sy hadapi apakah ini bisa sy tambahi dengan melakukan sholat hajat,
    Mohon bantuan doanya pak ustadz semoga rumah dan aset bs kembali ke saya lg dan org tua angkat sy di beri hidayah oleh Alloh swt.
    Amiiin mohon doanya pak ustadz

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya dan sharing perihal masalah hidup saudara rudi (Mualik Rudi Harriyanto).

      Saudaraku Mualik Rudi Harriyanto yang dimuliakan Allah SWT, Tiada kenikmatan lain didalam hidup ini kecuali dengan Islam dan Iman. Saudaraku ijinkan kami mengutip sebuah hadist berikut ini, :

      Dari Anas bin Malik z, Nabi n bersabda ; “Tiga hal yang jika ada pada seseorang, ia akan merasakan manis dan lezatnya iman: (1) Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selain keduanya; (2) ia mencintai karena Allah dan membenci karena Allah; dan (3) seandainya api yang sangat besar dinyalakan lalu ia dilemparkan ke dalamnya, itu lebih ia sukai (lebih baik) daripada menyekutukan Allah.” (HR. Bukhori)

      Banyak manusia mendefinisikan perihal kebahagiaan, akan tetapi hakikinya kebahagiaan itu bukan pada banyaknya harta, tingginya kedudukan dll…, Walaupun kebanyakan dari kita menilai kebahagiaan dengan banyaknya dunia yang ia kumpulkan. Dunia memang dijadikan indah dalam pandangan manusia hingga banyak manusia tertipu dengan hijau dan gemerlapnya dunia.

      Saudaraku M. Rudi Hariyanto yang dimuliakan Allah SWT, mungkin dari sekilas hadits dan kalimat paragraf di atas sudah tergambarkan bagaimana kita harus menghadapi godaan gemerlapnya dunia ini dengan cara melibatkan Allah SWT. Semoga kita tidak tertipu dengannya.

      Saudaraku M. Rudi Hariyanto yang dimuliakan Allah SWT, Islam tetap memerintahkan seorang anak untuk selalu berbakti dan menghormati kepada orang tuanya (walaupun dia non-muslim) didalam urusan-urusan selama hal itu tidak mengandung kemaksiatan kepada Allah SWT. dan Perihal di tariknya harta benda saudara oleh orang tua angkat saudara tersebut, itu merupakan ujian dari Allah SWT, dan sebaiknya langkah pertama yang harus saudara lakukan yakni haruslah bersikap IKHLAS karena Allah SWT. Biarlah aset saudara ditarik oleh orang tua angkat saudara, mungkin dibalik kejadian itu Allah SWT mempunyai skenario lain yang lebih indah tentunya dari harta orang tua angkat saudara, atau mungkin daibalik di tariknya harta benda tersebut, Allah SWT memberikan rezeki lain yang lebih berkah tentunya, lebih banyak pastinya, dan lebih bermanfaat khususnya buat kehidupan keluarga, keturunan, dan anak cucu saudara kelak.

      Masukan dari kami, segera perbaiki sholat saudara, perbaiki kualitas sholat, pahami Makna Sholat, makna dari setiap gerakan sholat, rukun sholat ; mulai dari takbir, berdiri, ruku’, sujud dan seterusnya… hingga salam. Nah.. apabila saudara (kita) sudah memahami itu, maka niscaya sholat kita akan tuma’ninah (tenang dan tidak tergesa-gesa). dan akan menemukan indahnya kesempurnaan sholat tersebut, Karena semuanya sudah ada dalam sholat tersebut. Subhanallah… Allahu Akbar..! dan selanjutnya perbanyak sholat sunnah termasuk sholat hajat tersebut, ketika sholat hajat berdoalah kepada Allah dengan khusu’ dan berdoalah dengan penuh keyakinan akan kebesaran-Nya, karena Dialah Allah SWT yang maha Kaya, Maha Pengasih, dan Penyayang. InshaAllah dengan mengamalkan hal tersebut Segala impian dan cita-cita saudara akan di ridhoi oleh Allah SWT, akan segera di ijabah oleh Allah SWT, termasuk harta warisan tersebut.

      Kami segenap Team MutiaraPublic berdoa semoga Saudara M. Rudi Harriyanto beserta keluarga di Golongkan Oleh Allah SWT orang-orang yang beruntung, beruntung di dunia dan di akhirat. Aamiiiin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.