ilustrasi - Inilah Beberapa Dosa Besar Mahasiswa Dan Doa Mengatasinya
ilustrasi - Inilah Beberapa Dosa Besar Mahasiswa Dan Doa Mengatasinya (foto ; mbah google)

Inilah Dosa Besar Mahasiswa Dan Doa Mengatasinya

MutiaraPublic.com – Saudaraku, patut diakui akui, hingga saat ini budaya membaca, belajar, dan menulis suatu karya ilmiah, seperti artikel, cerpen, esai, skripsi, dan lain-lain, bagi para kalangan mahasiswa kini sudah mulai luntur bahkan terkesan mati. Padahal, sebenarnya menulis tersebut menjadi suatu kewajiban bagi mahasiswa yang tidak layak untuk diabadikan.

Kemungkinan salah satu penyebab terjadinya hal demikian ini, dikarenakan beberapa faktor masuknya sistem globalisasi serta modernisme buta yang sampai saat ini telah mengikis budaya tulis-menulis bagi bangsa ini khususnya mahasiswa Indonesia. Bahkan, saat ini pun mahasiswa terkesan lebih mengutamakan untuk update status di berbagai media sosial seperti misal ; facebook, twiter, serta jejaring sosial lainnya, daripada menulis suatu karya ilmiah yang dapat membuat bangsa ini menjadi kaya akan ilmunya. Astaghfirullah…!

Saudaraku, sebagai mahasiswa anda haruslah introspeksi diri serta mulailah dari sekarang untuk menulis sesuatu yang bernilai positif. Pasalnya, menulis itu merupakan keniscayaan bagi mahasiswa. Menulis itu seharusnya bukanlah menjadi suatu paksaan bagi mahasiswa, namun mahasiswa tersebut haruslah menjadikan menulis itu sebagai  kebutuhan pokok dari setiap aktivitas di hari-harinya. Itulah yang merupakan ciri khas budaya kaum akademisi.

Saudaraku, Sebenarnya dosa besar mahasiswa sekarang ini sangatlah banyak bahkan bisa dikatakan tidak terhitung, Akan tetapi yang paling utama ialah rasa malas yang ada pada mahasiswa untuk menghidupkan berbagai kegiatan akademiknya, seperti ; berbau intelektual dan mengasah berbagai teori serta wacananya. Jadi dosa besar mahasiswa sekarang ini adalah ; malas belajar, malas diskusi, malas membaca, serta malas menulis.

Wahai mahasiswa yang dirahmati oleh Allah, akankan anda akan tetap malas-malasan untuk belajar, membaca, menulis ? kalau bukan anda sebagai mahasiswa, lalu siapa lagi, karena sejatinya tidak mungkin para tukang cendol, para tukang parkir, para preman, dan para pengemis jalanan yang menulis untuk perubahan bangsa kita ini. Hal itu mustahil terjadi. Oleh kerena itu,  sekaranglah saatnya bagi anda untuk membuang rasa malas yang berakibat penyakit dan dosa bagi anda. serta berikut dibawah ini adalah bacaan doa bagi anda untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari sifat Malas.

Do’a Meminta Perlindungan Kepada Allah dari Sifat Malas

 

Oleh : Sa’Dullah (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember)
Redaktur : Erlinda Natalia


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.