Waktu Begitu Cepat, Kiamat Sudah Dekat (foto ; Abie Fawwaz)

Khutbah Jumat; Waktu Begitu Cepat, Kiamat Sudah Dekat ?

Khutbah Jumat : I

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1

Saudara, yang dimuliakan Allah SWT,

MutiaraPublic.com – Pernahkah kita merasakan bahwa sebenarnya waktu yang kita jalani di zaman sekarang ini terasa begitu singkat ? Seperti misalnya ; {“ Baru kemarin ini hari Jum’at, sekarang sudah hari Jum’at lagi “}.

Saudara yang dimuliakan Allah SWT,

Sudah layak semestinya hal ini menjadi bahan dalam perenungan bagi kita sebagai umat muslim ini. Sebab salah satu tanda akan datangnya hari kiamat itu adalah, terasa bergulirnya waktu ini dengan cepat.

Hidup di zaman sekarang yang semua hampir serba instan seakan kini menjadi budaya baru di seluruh pelosok Negeri ini. Bahkan banyak sekali diantara mereka semuanya yang telah mengabaikan nilai-nilai islam, seperti missal ; membuang waktu kita dengan percuma, melalaikan kewajiban rukun islam kita sebagai muslim yakni sholat, atau lalai terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan hedonism dikalangan masyarakat, baik di sekitar maupun seluruhnya.

Padahal di dalam ayat suci al-qur’an secara tegas dan jelas telah menggambarkan bahwasanya manusia itu ada dalam kerugian besar ( yakni bagi mereka yang telah membuang-buang waktunya). Sebagaimana dalam surat Al-Ashr [ayat 1-3], yang artinya ;

{“ Demi masa. Sungguh, (mereka) manusia (itu) berada dalam kerugian (besar). Kecuali (bagi mereka) orang-orang yang beriman serta (selalu) mengerjakan kebajikan dan (mereka) saling menasihati demi kebenaran serta (mereka) saling menasihati untuk kesabaran (antara satu dengan yang lainnya) “}.

Baginda Rasul SAW juga telah memberitakan kepada kita, bahwasanya salah satu diantara tanda-tanda kiamat itu adalah semakin hari semakin berdekatannya zaman (waktu).

Dari Abu Hurairah r.a yang menuturkan, bahwasanya Baginda Rasul Muhammad SAW. Pernah bersabda ; {“ (kelak) Zaman (itu) akan berdekatan, (seperti misal) ilmu berkurang, fitnah akan bermunculan, kekikiran akan tertanam, serta al-Haraj (menghalalkan yang haram, semakin) merajalela “}. lalu salah seorang sahabat bertanya kepada Baginda Rasul ; {“ Wahai Baginda Rasulullah, apa (sebenarnya) yang dimaksud dengan al-Haraj tersebut ? “}. Kemudian beliau menjawab ; {“ (yakni) pembunuhan-pembunuhan “}.

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT,

Sebagaimana pula pendapat dari Ulama mengenai sabda nabi yakni bahwa, “Zaman akan berdekatan”. Sungguh sedikit sekali keberkahan kelak di zaman tersebut (seperti pada yang kita rasakan di zaman sekarang ini). Sehingga, pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam tempo 1 jam (oleh generasi terdahulu), sekarang tidak bisa/ mampu diselesaikan oleh generasi-generasi penerus mereka (generasi sekarang ini), ya.., walaupun dikerjakan selama berjam-jam.

Ibnu Hajar juga menjelaskan tentang ; {“ di zaman kita sekarang ini, kita sudah dapat merasakan betapa cepatnya hari-hari berlalu, yang sama sekali tidak pernah kita rasakan sebelum-sebelumnya itu “}. Sungguh semakin dekatnya jarak antara penduduk pada satu zaman tersebut, Bagaimana tidak, sarana transportasi (baik laut, darat, maupun udara) yang kian hari semakin berkembang, sehingga yang awalnya jauh kini menjadi semakin dekat.

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT,

Berjalannya waktu (terasa) dengan cepat. Tanda-tanda ini tentunya akan terjadi pada saat akhir zaman. Sebab, Allah Mahakuasa dalam memperpanjang roda perputaran hari ataupun Allah Mahakuasa dalam mempersingkat perputaran waktu tersebut, sesuai kehendak-Nya. Allah SWT juga Mahakuasa dalam mengganti siang dan malam.

Sungguh pendapat diatas tersebut, dikuatkan oleh sebuah riwayat hadits perihal ‘Dajjal’. Ketika Dajjal sudah muncul ke permukaan bumi ini, maka hari-hari pun pada saat tersebut berputar. Ada hari-hari yang lamanya seperti 1 tahun, ada hari yang lamanya seperti 1 bulan, ada juga hari-hari yang lamanya seperti 1 pekan. Dan sungguh tanda kiamat ini masih belum terjadi.

Sebagaimana Abu Hurairah r.a telah meriwayatkan, bahwasanya Baginda Rasul SAW pernah bersabda ; {“ Hari ‘Kiamat’ belum akan terjadi hingga zaman (tersebut terasa) saling berdekatan. 1 tahun itu terasa seperti 1 bulan, 1 bulan terasa seperti 1 pekan, satu pecan terasa seperti satu hari, satu hari terasa seperti 1 jam, serta 1 jam terasa seperti api yang (mampu) membakar ujung ranting “}.

Dari riwayat hadits diatas ini, dapat disimpulkan bahwa di waktu akhir Zaman tersebut, dimana waktu akan terasa cepat dan begitu cepat, seperti halnya ‘kayu bakar’ yang menyala dengan cepat dan padamnya pun dengan cepat. Dan adapula yang berpendapat yang mengatakan, bahwasanya yang dimaksud dari saling berdekatannya zaman itu adalah pendeknya usia.

Semoga khutbah jumat kali ini dapat menggugah ke-iman dan ke-taqwaan kita kepada Allah SWT. Dengan selalu memanfaatkan sebaik-baik mungkin waktu yang singkat ini, kita dapat mengamalkan kebajikan-kebajikan bagi sesama, sehingga Allah SWT meridhoi setiap jengkal langkah kita.

Aamiin..!

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1b

Khutbah Jumat : II

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2a

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2b

 

Baca juga khutbah ini : Khutbah Jumat, Mengkaji Kebesaran Allah Tentang Hujan

 

 

 

Oleh : Ustad Jauhari 
Redaktur : Babur Rahmah 


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.