Khutbah Jumat Singkat - Fokus Kepada Allah (foto : Aa Gym)
Khutbah Jumat Singkat - Fokus Kepada Allah (foto : Aa Gym)

Khutbah Jumat Singkat : Fokus Kepada Allah

Khutbah Jumat I

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1

 

Allah SWT. berfirman : {” Hai orang-orang mu’min…, jika engkau menolong (agama) Allah SWT, maka niscaya Dia (Allah SWT) akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu “} (Q.S.: Muhammad [47] : 7)

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT,

Kita yakin bahwasanya Allah SWT yang telah menciptakan kita. Allah SWT yang selama ini mengurus kita. Allah SWT yang selama ini telah mencukupi kebutuhan kita. Allah SWT lah yang telah menghidupkan kita. Allah SWT lah yang paling betul-betul mengetahui seluk-peluk persoalan kehidupan kita dan bagaimana jalan keluarnya. Allah SWT yang telah memudahkan segala urusan-urusan kita. Allah SWT yang telah memperkaya kita dengan ilmu-ilmu-Nya. Sungguh, segalanya ini adalah hak milik Allah SWT. Oleh karena itu, tiada yang pantas sedikitpun untuk kita jadikan sandaran kecuali semata-mata hanya Allah SWT.

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT,

Kita yakin bahwa Allah SWT yang berkuasa atas seluruh alam jagad Raya ini, maka sungguh tidak pantas kita beribadah kepada Allah SWT dengan ‘Sisa’. Kita menunaikan sholat pada waktu sisa, yakni sisa kerja atau sisa main kita. Padahal Allah SWT menyukai setiap hamba-Nya yang menunaikan sholat di awal waktu. Seperti juga Kita bersedekah fi sabilillah dengan uang sisa, yakni sisa jajan, sisa uang recehan. Padahal sungguh Allah SWT sangat menyukai kita apabila kita bersedekah dengan harta yang kita cintai ini.

Sungguh Allah SWT itu Maha Perkasa dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Coba sejenak kita ingat dan lihat semburan pada lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur. Bertahun-tahun lumpur Lapindo itu terus menyembur. Sehingga berduyun-duyun para ahli ilmuan dari berbagai negara datang ke negeri kita ini hanya untuk meneliti-nya dan mereka semua berusaha untuk menghentikan semburan Lumpur Lapindo tersebut. Akan tetapi, Apa yang terjadi… ? semburan Lumpur Lapindo sampai saat ini tidak juga berhenti. Wahai saudaraku.. Sungguh manusia itu tidaklah berdaya. dan Allah SWT lah Yang Betul-betul Maha Kuasa atas segalanya. Dan sungguh Semburan Lumpur Lapindo tersebut merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT dan saran bagi seluruh hambanya untu mentafakuri kekuasaan-Nya.

Jadi intinya di dalam kehidupan ini cukuplah bagi kita ini Allah SWT. Cukuplah Allah SWT yang menjadikan kita fokus dan menjadi sandaran bagi kita. Dan caranya tersebut adalah yakni dengan mengikuti segala petunjuk dari Baginda Rasulullah SAW. Dalam segala hal- apapun itu, sejak pertama, sejak di pertengahan, dan hingga di akhir, tetaplah bersama Allah SWT.

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT,

Ketika kita telah menemui berbagai persoalan-persolaan di dalam hidup ini, yang membuat kita merasa lelah dan rumit yakni karena disebabkan fokus kita pada persoalannya. Padahal persoalan tersebut sungguh tidak akan datang apabila Allah SWT tidak menghendaki dan mengizinkannya. Sesungguhnya persoalan yang kita alami tersebut datang atas izin dan ridho Allah SWT, dan Allah SWT pasti memiliki jalan keluar atas persoalan hidup yang kita alami tersebut. Dan Ketahuilah jalan yang supaya kita selalu tetap tenang dalam menghadapi persoalan hidup tersebut adalah dengan FOKUS kepada Dzat Yang Maha Menghendaki, yaitu Fokus kepada Allah SWT.

Semoga kita semua dijadikan hamba yang Fokus kepada Allah SWT . Aamiin !

 

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1b

Khutbah Jumat II

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2a

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2b

 

 

Dikutip dari ceramah : Aa Gym
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.