Khutbah Jumat - Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan
Khutbah Jumat : Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan (foto : google)

Khutbah Jumat : Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Khutbah Jumat I

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1

Hadirin Sidang Jum’at Yang Dirahmati Allah SWT,

MutiaraPublic.com – Tidak terasa sebentar lagi kita akan kedatangan tamu mulia yakni bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba untuk menyapa kita semua. Tamu terhormat ini akan hadir dengan membawa segudang harapan, segudang peluang, serta kesempatan emas bagi kita. Kenapa hal ini dikatakan demikian ???

Karena, di dalam bulan suci Ramadhan ini terdapat/ terkandung keistimewaan serta kemuliaan yang amat sangat besar, yang tidak bisa kita temukan pada bulan-bulan lainnya. Nilai ibadah dibulan suci Ramadhan ini akan dilipatgandakan, do’a-do’a yang kita panjatkan akan diijabah/ dikabulkan, dosa-dosa yang kita lakukan niscaya akan diampuni oleh Allah SWT, serta pintu surga akan dibuka lebar, sementara pintu neraka akan ditutup rapat.

Ramadhan, merupakan tamu yang istimewa, merupakan tamu yang agung yang akan selalu dinanti-nanti kedatangannya oleh umat muslim, rugilah mereka yakni orang yang tidak bisa berjumpa dengan Ramadhan ini, Akan tetapi akan lebih rugi lagi jika mereka yang berjumpa dengan Ramadhan, akan tetapi mereka tidak mengambil/ tidak bisa memetik sesuatu dari Ramadhan ini (yaitu dengan menggunakan Ramadhan sebagai moment-moment penting dalam meningkatkan kualitas ketaqwaan dan ibadah kita kepada Allah SWT).

ألْحَمْدُلِلّهِ الّذِيْ جَعَلَ شَهْرَ رَمَضَانَ غُرَّةَ وَجْهِ الْعَامِ. وَشَرَّفَ أَوْقَاتَهُ عَلَى سَائِرِ الأَوْقَاتِ, وَفَضَّلَ أَيَّامَهُ عَلَى سَائِرِ الأَيَّامِ, أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ شهادَةَ مَنْ قَالَ رَبِّيَ اللهُ ثُمَّ اسْتَقَامَ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَنْ صَلَّى وَصِامَ. اللهمّ صَلّ وسّلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدِ وعَلى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ وَمَصَابِيْحِ الظُّلاَمِ. أمَّا بعْدُ, فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَِ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ وَتَرْكِ الأَثَامِ

Hadirin Sidang Jum’at Yang Dirahmati Allah SWT,

Marilah kita bersama-sama, berusaha untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kita kehadirat Allah SWT. yakni dengan cara senantiasa selalu memperhatikan dengan betul-betul dan sungguh-sungguh sekaligus mengamalkan dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya, melaksanakan apa yang menjadi perintah dari Allah SWT serta menjauhi dan meninggalkan apa-apa yang menjadi larangan Allah SWT, sehingga nanti kita dapat masuk ke dalam golongan hamba-hamba yang beruntung, baik itu dikehidupan dunia maupun dikehidupan akhirat kelak, Aamiin-aamiin ya rabbal ‘alamiin…!

Oleh sebab itu, Penting sekali bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dan dalam rangka menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan yang penuh dengan berkah ini. sehingga kita bisa memanfaatkan Ramadhan ini semaksimal mungkin dalam beribadah yang semata-mata untuk mendekatkatkan diri kepada Allah SWT. Maka dengan demikian, yang menjadi tujuan akhir dari puasa ramadhan ini adalah tingkat derajat “Ketaqwaan” yang harus kita raih.

Baginda Rasulullah SAW berpesan kepada seluruh umat-nya ketika datang bulan suci Ramadhan. Sebagaimana hadits ini diriwayatkan oleh An-Nasa’i dari Abu Hurairah, sebagai berikut :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرْدَةُ الشَّيَاطِينِ لِلَّهِ. فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

{“ Dari sahabat Abu Hurairah r.a. beliau berkata, bahwa Rasulullah telah bersabda : “Sungguh telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, yang mana pada bulan tersebut Allah SWT mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu, pintu-pintu langit dibuka, sementara pintu-pintu neraka ditutup serta syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan “} (HR. An-Nasa’i)

Selain itu juga, Baginda Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat muslin akan sebuah do’a yang dipanjatkan ketika menjelang datangnya Bulan suci Ramadhan ini, yakni sebagai berikut:

Allahuma bariklana fii Rajaba wa Sya’bana, wa ballighna Ramadhan

{“ Ya Allah.. berkahi kami… di bulan Rajab, dan bulan Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan “} (HR. Ahmad dan Bazzar).

Maka dari itulah, marilah kita semua bersama-sama menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan ini dengan penuh bangga dan berbesar hati. “Marhaban Ya Ramadhan”, kami sambut kedatangan-mu dengan penuh suka cita.

Hadirin Sidang Jum’at Yang Dirahmati Allah SWT,

Salah satu ulama Tafsir dari Indonesia lulusan Mesir “Universitas Al-Azhar” yakni Prof. Dr. Quraish Shihab, telah menjelaskan bahwa kata “marhaban” terambil dari akar kata “rahb” (رَحْبٌ) yang berarti “luas atau lapang“, sehingga “marhaban” ini menggambarkan bahwasanya tamu yang datang tersebut disambut dan diterima dengan penuh kegembiraan dan lapang dada, serta dipersiapkan bagi-nya (Ramadhan) tempat yang sangat luas untuk melakukan apa saja yang dia inginkan.

{“ “Marhaban Ya.. Syahra Ramadhan” yang berarti, “kami menyambut engkau dengan penuh rasa kegembiraan dan kami persiapkan diri untuk engaku tempat yang amat luas supaya engkau bebas melakukan apa saja, yang berkaitan dengan upaya mengasah serta mengasuh jiwa kami.” “}

Demikianlah khutbah Jumat singkat ini yang dapat kami sampaikan, semoga kiranya dengan khutbah jum’at singkat ini kita sama-sam memperoleh rahmat, taufik, dan hidayat serta kekuatan dalam mempersiapkan diri ini semaksimal mungkin, demi menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan besok, Aamiin – aamin ya Robbal ‘alamiin…..

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 1b

Khutbah Jumat II

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2a

Khutbah Jumat - MutiaraPublic 2b

Baca juga khutbah ini :  Khutbah Jumat; Waktu Begitu Cepat, Kiamat Sudah Dekat ?

 

 

 

Oleh : Ustadz. Ahmad Hasan
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.