Siapakah AKU ini Sebenarnya
ilustrasi - Siapakah AKU ini Sebenarnya

Siapakah AKU ini Sebenarnya ?!

Siapakah AKU ini Sebenarnya ?!

MutiaraPublic.com Jika pertanyaan itu kujawab bahwa “aku adalah seorang muslim”, lalu seberapa besar kesejatian muslimku ? Jujur saja, lidahku ini terasa beku dan kaku, dah tak mampu berbohong untuk berkata; ‘sesungguhnya diriku ini masih sangat jauh dari sebutan “muslim sejati”.

Masa silamku yang tak karuan kuhabiskan untuk mencari kesejatian duniaku, kesejatian ekonomiku, kesejatian derajat sosialku, kesejatian pangkatku, kesejatian fisikku, hingga kesejatian lawan birahiku, dan kesejatian-kesejatian duniawiku lainnya yang hingga kini belum pernah mencapai kata finish  dan perfect.

Aku lupa, dan sering kali pura-pura lupa, siapakah aku ini sebenarnya ? hingga tak terasa kini aku menjadi manusia pelupa akan kesejatian diri dan jiwaku sendiri, kesejatian muslimku, kesejatian mukminku, kesejatian syahadatku, dan kesejatian Penciptaku, bahkan aku sendiri tidak mampu menjawab pertanyaan ‘siapakah sejatinya diriku ini’ : Muslim-kah aku ? Ummat Muhammad-kah aku ? Khaira ummatin-kah aku ? Atau aku sama saja dengan hewan-hewan ternak di sekitar rumahku, hanya manjadi budak-budak perut dan kelamin, atau bahkan lebih buruk lagi. Lalu sampai kapan dan seberapa lama aku hidup di bumi yang pongah ini, dan bagaimanakah nasibku di hari pembalasan nanti.

Di usiaku yang semakin tak muda ini, siang dan malamku diselimuti oleh rintihan-rintihan penyesalan dan tangisan-tangisan kekhilafan di masa silam, yang menyayat-nyayat tubuhku, padahal saat itu aku tahu bahwa diriku ini bukanlah seorang ‘kekasih’ yang dapat legitimasi dari ayat-ayat suci, sebagai hamba ter-cinta Sang Ilahi. Aku juga bukan manusia sekaliber nabi yang dimaksum dari segala perbuatan keji dan iri hati. Tapi tetap saja kebinalan jiwaku tak mau diajak kompromi.

Tuhan… kini aku sadar siapakah AKU ini sebenarnya, sesungguhnya aku hanyalah warga biasa yang tinggal di bumi Indonesia, yang bisa saja setiap jam, menit, atau bahkan setiap detik bergaul dan bermandi-kan air dosa. Dan kini aku semakin sadar, bahwa diriku ini hanyalah setitik air mani yang acap kali tak sadarkan diri, mengaku sebagai hamba suci di hadapan Tuhan semesta alam. Padahal pengakuanku itu tak kalah rendah dari Sumpah Sampah Pegawai Rendahan, yang tak mampu mencegah prilaku korupsi dan amoral.

Tuhan… AKU begitu hobi memper-kosa alam dengan senanganya dan sesuka hati, lalu dengan sedikit terpaksa mengucapakan terimakasih. Meski hanya sekedar ucapan kalimat suci : “Alhamdulillah ya Rabbb..”. Tak terasa aku menjadi manusia dewasa yang semakin terjangkit oleh ego sentries tinggi, sekalipun di hadapanMu Tuhan.

Wahai diriku yang bergelimang dosa dan kesalahan, takutlah akan lautan kedurhakaan yang pernah atau sedang kau lakukan. Bergegaslah untuk menuju tempat rehabilitasi Ilahi, karena khawatir penyakitmu tak ketolongan. Tuhan-mu menyediakan terapi dan tempat rehabilitasi yang siap menampung dan menyembuhkan di segala kondisi, kecuali ketika jiwamu di-ambang sekarat pati. Siapapun dirimu, dari manapun asalmu, tanpa dipungut biaya apapun dan sedikitpun. Ketahuilah, sesungguhnya tempat rehabilitasi itu beralamatkan di dalam hati dan sanubarimu sendiri. Dan terapi-terapi itu tersedia di berbagai ayat suci dan hadits Nabi, yang selama ini sering kali diabaikan oleh mayoritasmu.

Wahai jiwaku yang terbangun kesiangan !!! Wahai jiwaku yang tunduk di bawah kekuasaan Tuhan !!! Kembalilah kepada Tuhanmu ! Kenalilah kesejatianmu ! Dekati dan kenalilah Allah-mu, seperti kau kenali dirimu sendiri ! Bawalah nama-Nya di setiap jengkal langkah ! Niscaya dunia akhiratmu tentu arah.

Aamiiin..!

 

 

 

Oleh : Mohammad Kholison, M.Pd.I
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

19 comments

  1. artikelnya sungguh menyentuh kalbu.

    semoga kita semua termasuk glongan orang mukmin sejati

  2. terima kasih banyak, artikel ini membuat saya terharu dan sadar diri.

    dimanakah saya bisa menghubungi ini ? tolong balas ke email saya ya.

  3. Tulisannya keren bangeeet, bahasanya juga menyentuh hati saya

    semoga kita tergolong hamba yang lurus.

  4. mohon maaf, saya kurang enak disaat membaca bahasa “cipratan2 air sperma”
    mungkin lebih baiknya “setitik air mani”
    mohon maaf apabila kurang berkenan…

    • Team MutiaraPublic

      Terima kasih, atas koreksi dan masukannya. Team editor kami sudah ‘Menggantinya’.
      Sekali lagi kami dari segenap team mutiarapublic.com, merasa berterima kasih banyak atas koreksi dan masukan anda.

      Semoga Allah SWT merahmati kita semua. Aamiin!

  5. muhardi ardi

    Sangat berguna untuk menambah wawasan… Terima kasih….

  6. Smoga ini bermanfaat bagiku.AMIN..

  7. Jooossshhhh mantab.. ini yang perlu kita tanamkan dihati. *bagus*

    • Team MutiaraPublic

      Terima Kasih atas komentarnya saudari..

      Semoga Allah selalu meridhoi setiap langkah saudari dan umat muslim lainnya. Aamiin !

  8. Subhanallah sangt menyentuh bngett..
    Jdii terharu . .

    • Team MutiaraPublic

      Terima Kasih atas komentarnya ukhti..

      Kami doakan semoga menjadi berkah buat semuanya.. ! Aamiin.

  9. Artikel yang banyak memberi makna, mengupas akan eksistensi diri dan memberikan pelajaran kepada pembaca untuk lebih mengenal diri sendiri, agar dirinya dapat mengenal Allah SWT

    • Team MutiaraPublic

      Terima kasih atas komentarnya saudaraku.
      Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan berkah buat saudara ! Aamiin.

  10. Siapakah aku ?????

    Tiap individu akan mempunyai jawaban sendiri2, tergantung Allah, apakah Dia sudah membukakan pengetahuan tentang siapakah “aku” yang sebenarnya.

    Menurut aku …..

    Aku adalah jiwa yang menjalani tugas hidup dan takdir atas raga yang aku tempati, dan yang sudah ditentukan oleh Nya sejak umur 120 hari dalam kandungan

    Salam,

    .

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.