Ustadz Arifin Ilham - Ramadhan, Bulan Pengendalian Hawa Naf-Shu (نفس)
Ustadz Arifin Ilham - Ramadhan, Bulan Pengendalian Hawa Naf-Shu (نفس)

Ramadhan, Bulan Pengendalian Hawa Naf-Shu (نفس)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

MutiaraPublic.com – Dalam tubuh manusia Ada 2 : Yakni Jasad dan Ruh. Mana yang lebih dominan ini ?. Kalau jasad-nya lebih dominan ketimbang Ruh-nya, maka lahirlah sifat hewan, yang targetnya hanya perut dan dibawah perut ! Perut itu dikenal sekarang dengan istilah “Materialisme“, dan dibawah perut adalah “Hedonisme“.

Ketika Rasulullah SAW ditanya perihal, Apa yang paling banyak menjauhkan manusia dari surga ke neraka ?. Rasulullah SAW pun menjawabnya : “Alfamu Wal Farju“, Mulut atau Perut, dan juga Ke-maluan dibawan Perut !

Maka Barangsiapa diantara kalian yang mampu mengendalikan perut dan yang dibawah perut ini, maka niscaya surgalah baginya. Apabila kalian tidak sanggup, maka niscaya Nerakalah tempat baginya. Sungguh sifat-sifat Hewan itu targetnya perut dan dibawah perut. Sungguh inilah yang telah merusak bangsa dan negara kita, negara indonesia, inilah yang merusak dunia dan ini pula-lah yang telah merusak rumah tangga.

Allahu Akbar, Allah Maha Besar !

ولو شئنا لرفعناه بها ولكنه أخلد إلى الأرض واتبع هواه فمثله كمثل الكلب إن تحمل عليه يلهث أو تتركه يلهث ذلك مثل القوم الذين كذبوا بآياتنا فاقصص القصص لعلهم يتفكرون

Walau Syi’naa Larofa’naahu Bihaa Walakinnahu Akhlada ilal Ardhi Wat-taba’a Hawah Famatsaluhu Kamatsalil Kalbi in Tahmil ‘Alaihi yalhats Au-Tatruk-hu Yalhats Dzalika Matsalul Qoumil-Ladziina kadzdzabuu bi Aayatinaa Faqshush-il Qoshosho La’allahum Yatafak-karuun.

{” Dan jika Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat) nya (manusia) dengan ayat-ayat itu (Al-Qur’an dan Sunnah), akan tetapi dia (manusia) cenderung kepada dunia dan lebih memperturutkan hawa naf-shu-nya (نفس) yang rendah, maka (mereka) perumpamaannya seperti anjing. jika engkau menghalaunya (maka) diulurkannya lidahnya dan jika engkau membiarkannya dia mengulur-kan lidahnya (juga). Demikianlah itu perumpamaan (bagi) orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami (Al-Qur’anul Karim). Maka ceritakanlah (kepada mereka manusia) kisah-kisah itu agar mereka (manusia itu) berpikir “} (QS.: Al-A’raf ayat [176]).

Ini Peringatan dari Allah SWT. Allahu Akbar, Allahu Akbar walilla-hil-hamd !

Maka dari itu, Bulan Ramadhan, Bulan Pengendalian Hawa Naf-Shu (نفس), dimana terjadi proses Pe-rohani-an Jasmani, “Revitalisasi” Rohani terhadap Jasmani. Yang mungkin jika diluar Bulan Ramadhan, Naf-Shu-nya (نفس) menjadi Imam (besar), sedangkan Iman-nya menjadi Ma’mum. Maka disaat bulan Ramadhan Naf-Shu (نفس) menjadi Ma’mum, dan Iman-nya menjadi Imam.

Maka kendalikan-lah hawa naf-shu (نفس)! Sehingga terjadi proses Perohanian Jasmani, Revitalisasi Rohani terhadap jasmani, yang mungkin sebelumnya naf-shu-nya (نفس) menjadi imam, maka mulai saat ini naf-shu-nya (نفس) tersebut menjadi ma’mum, dan iman-nya menjadi Imam.

Saudaraku, di bulan suci ini, bulan ramadhan ini, Walaupun kita lapar dan haus kita masih bisa mengendalikan. Keinginan berbuat Mak-siat itu ada, Tapi selalu kalah akan rasa takut-nya kita kepada Allah SWT. Dan kita pun ingin selamat di akhirat.

Keinginan untuk bermaksiat pasti ada, tapi selalu kalah dengan rasa takutnya kepada Allah ‘Azza wa-Jalla, dan kita pun ingin selamat di akhirat.

Oleh karen itu, kendalikan-lah wahai saudaraku. Karena sejatinya kita hidup di dunia ini tidak lama.

Subhanaallahu wabihamdi, Astaghfiru-ka wa-Atubu-ilaih ! Semoga dengan tulisan singkat ini, dan di bulan ramadhan ini, kita dilimpahkan rahmat dan ampunan oleh Allah SWT. Aamiin !

 

 

 

Sumber : Ustadz. Muhammad Arifin Ilham
Editor : Sa’Dullah
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

4 comments

  1. mudahan Ramadhan ini bisa membawa kita ke tingkat derajat yang lebih tinggi menuju surgaNya Allah

    • Team MutiaraPublic

      Aamiin Ya Robbal ‘Alamin…! terima kasih atas komentarnya, dan Semoga doa saudara di ijabah oleh Allah SWT. Aamiin.

  2. Alchamdulillah hirobbil aalamiin, ada saudaraku yang mengingatkan aku sesama muslim itu saudara, mudah-mudahan ALLAH selalu mendengar Tausiah bapak semoga dapat menjadikan ROMADLON INI PENUH DENGAN BERKAH AMIN YA ROBBAL ALAMIN

    • Team MutiaraPublic

      Aamiin.. Terima kasih atas komentar dan do’anya saudaraku, Semoga di bulan Ramadhan ini saudara di berikan pahala yang luas dan semoga saudara dijadikan golongan orang-orang yang Bertaqwa oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.