Penentuan Ramadhan 2015
Penentuan Ramadhan 2015

Ramadhan 2015 Diprediksi Jatuh Pada Tanggal 18 Juni

MutiaraPublic.com Menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan & Antariksa Nasional) dan juga menurut beberapa situs referensi almanak, Ramadhan 2015 ini diprediksi akan jatuh pada tanggal 18 Juni (hari Kamis), serta ramadhan pada tahun ini diprediksikan akan berlangsung selama 30 hari penuh, sampai jatuhnya hari Raya Idul Fitri yakni pada hari Jum’at-nya, pada tanggal 17 Juli 2015.

Ketua LAPAN mengatakan (Thomas DJamalludin) bahwa, kemungkinan awal puasa Ramadhan dan perayaan Idul Fitri di tahun 2015 sampai tahun 2022 akan sama dan seragam (di negara Indonesia). Sedangkan khusus untuk Idul Adha sendiri di Indonesia, keseragaman tersebut akan terjadi yakni dimulai pada tahun 2016 hingga tahun 2022.

Badan LAPAN telah memprediksi bahwasanya dalam kurun waktu 7 tahun kedepan ini (2015-2022), akan terjadi keseragaman di Indonesia didalam penentuan awal bulan puasa Ramadhan dan juga Idul Fitri. Sebab, kemungkinan posisi bulan (pada tahun 2015-2022) berada cukup tinggi.

Adapun mengenai penentuan kapan dimulainya waktu bulan Ramadhan tersebut, itu tergantung dari posisi hilal yaitu dimana penampakan bulan sabit muda yang bisa dilihat pertama kali pasca setelah terjadinya konjungsi (ijtimak) yakni sesudah maghrib. Alasannya kenapa hilal tersebut hanya dapat dilihat (bisa nampak) pada saat magrib atau petang ? yakni adalah dikarenakan bentuk dari bulan sabit muda itu sendiri masih sangat tipis dan cahayanya yang masih sangat redup. Nah.., Cahaya redup ini bisa tertutup oleh “cahaya matahari” (dimana cahaya matahari itu jauh lebih terang), sehingga bisa menyebabkan hilal tersebut menjadi tidak terlihat/ tidak nampak.

Pengamatan Hilal Untuk Mengetahui Awal Bulan Ramadhan

Ilustrasi Pengamatan hilal untuk mengetahui Awan Bulan Puasa Ramadhan.
Apabila hilal tersebut telah terlihat, maka pada waktu setempat telah memasuki awal bulan puasa atau bulan baru (dalam kalender Hijriah), sedangkan jika masih belum ada tanda-tanda hilal (masih belum nampak), maka untuk penetapan awal bulan puasa Ramadhan ini dimulai/ ditentukan setelah ba’da magrib di hari kemudian atau hari berikutnya.

 

Dalam perbedaan pandangan mengenai penentuan kapan jatuhnya awal bulan puasa ataupun kapan jatuhnya Idul Adha tersebut memanglah kerap sekali terjadi di negara kita (Indonesia) yang disebabkan adanya perbedaan dalam melakukan metode observasi hilal (metode hisab dan metode rukyat).

Ilmu hisab sendiri adalah ilmu untuk menentukan dimana posisi bulan berada, dengan cara menggunakan perhitungan-perhitungan astronomis yang kemudian selanjutnya dilakukan secara matematis tujuannya guna menentukan sekiranya kapan dimulainya awal bulan Ramadhan tersebut (pada kalender Hijriyah). “

Ilmu rukyat sendiri adalah kegiatan pengamatan hilal yang dilakukan secara langsung. Dalam artian aktivitas ini mencakup pengamatan pada bulan sabit muda yang terlihat atau tampak pertama kalinya setelang konjungsi. Adapun pengamatan tersebut dilakukan dengan berbagai macam metode/ bermacam cara, baik itu dengan melihat secara langsung tanpa alat bantu ataupun melihat dengan bantuan alat optik seperti misalnya teleskop. “

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai prediksi atau kapan dimulainya awal bulan puasa Ramadhan di tahun 2015 ini. Dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita terutama bagi umat muslim yang rindu akan bulan puasa Ramadhan 2015 ini.

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

10 comments

  1. Syukurlah.., kalau kompak begini rakyat biasa seperti kami sangat senang sekali, terima kasih atas tulisan ini tuan…

    • Team MutiaraPublic

      Sama-sama ya saudari, Terima kasih juga atas komentarnya, semoga Allah selalu Merahmati kita semua. Aamiin!

  2. Alhamdulillah, Brarti puasa & idul fitri tahun 2015 ini bakal rame dong, dari tahun2 sebelumnya.. insyaAllah.. a..mi..n…!

    • Team MutiaraPublic

      Insyaallah puasa ramadhan dan idul fitri pada tahun ini sama/ serentak saudaraiku, terima kasih atas komentarnya. semoga Allah melimpahkan ramat kepada kita semua. Aamiin!

  3. Fakhriy Alfarisi

    Asssalamu’Alaikum kepada yang terhomat bapak Mentri Agama Republik Indonesia ini kita sebentar lagi mau menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1436 H Masehi makannya dari itu kepada yang terhomat Bapak Mentri Agama Republik Indonesia agar selalu untuk buat Persiapan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1436 H Masehi paling setidak-tidaknya pada Hari Selasa 16 Juni 2015 sekian pengumuman dari saya kami ucapkan terima kasih dari Fakhriy Alfarisi

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam..,

      Terima Kasih atas komentar dan pemberitahuannya saudaraku, semoga kita semuanya selalu di lindungan Allah SWT. Aamiinn!

  4. Jadi jatuh nya bulan suci ramadhan tuh tanggal 18 ya??
    Terimakasih atas info nya..
    Assalamualikum.wr.wb..

    • Team MutiaraPublic

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      Insyaallah Saudaraku, Menurut Prediksi Insyaallah, Ramadhan 2015 jatuh pada tanggal 18 Juni.

      Terima kasih juga atas komentarnya. Semoga Allah melimpahkan Rahmat kepada Saudara dan Seluruh Umat Muslim lainnya. Aamiin.

      Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  5. kok di tempat saya mulai puasanya tanggal 17 juni padahal disini bukan muhammadiyah sementara yang saya lihat di kalender 2015, bulan ramadhan itu dimulai tanggal 18 juni?

    Bagaimana ya sebaiknya saya menanggapi hal itu? apakah saya harus berpuasa juga pada tanggal 17 juni?

    Tolong saran secepatnya

    • Team MutiaraPublic

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      Terima kasih atas pertanyaannya.

      Saudari Tamara, seperti yang kita ketahui bersama, hasil sidang isbat pemerintah dengan para ahli ulama’ dalam menetapkan awal Ramadhan 2015 jatuh pada taggal 18 Juni saudariku, ini juga telah di sepakati oleh Organisasi Besar yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama’ (NU).

      Artinya : “Awal puasa Ramadhan atau 1 Ramadhan 1436 H. Dimulai pada Kamis (Tanggal : 18/6/2015).

      Saran kami alangkah lebih baik-Nya saudari ikuti saja Pemerintah. Yakni Pada Tanggal 18 Juni, Maaf disini kami bukan mengajak saudari, kami tetap mengembalikan semuanya berdasarkan keyakinan Saudari.

      Semoga Allah SWT membimbing saudari. Aamiin !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.