Kultum Ramadhan - Persahabatan dan Doa
Kultum Ramadhan - Persahabatan dan Doa

Kultum Ramadhan : Persahabatan Dan Doa

MutiaraPublic.com – Sauadra/i-ku Yang berbahagia di bulan suci Ramadhan ini. Tentu Anda mempunyai sahabat, tetapi tidak semua yang mempunyai sahabat memahami benar apa yang dinamakan/ dimaksud dengan sahabat. Sahabat memang dari segi bahasa adalah teman, namun tetapi tidak semuanya teman itu dinamai “sahabat”. Sahabat itu adalah (ibarat) Anda didalam sosok yang lain, dan yang lain itu Anda walaupun sosoknya berbeda.

Oleh sebab itulah orang-orang berkata : “Jika Anda ingin mengenal seseorang tersebut, Anda tidak usah/ perlu bertanya-tanya siapa dia, tetapi tak bertanyak-lah siapa sahabatnya”.

Sauadra/i-ku Yang berbahagia di bulan suci Ramadhan ini. Kita pasti membutuhkan sahabat, bukan saja hanya sewaktu-waktu kita mengalami susah, walau sejatinya/ sebenarnya sahabat itu diukur dari ketulusannya, kejujurannya pada saat kita mengalami kesusahan demi kesusahan. Sekali lagi, kita ini membutuhkan/ memerlukan sahabat itu bukan hanya di waktu-waktu kita susah, akan tetapi juga di saat-saat/ waktu kita bergembira. Sebab, sejatinya tidak ada gunanya kegembiraan tersebut jika hanya kita sendiri yang menikmati-nya. Artinya, Semakin banyak yang terlibat dalam kegembiraan itu, otomatis semakin besar pula rasa kebahagiaan yang akan kita dapatkan. Dan juga semakin banyak yang terlibat dalam kesedihan itu, otomatis akan semakin kecil pula kesedihan itu dipikul.

Sauadra/i-ku Yang berbahagia di bulan suci Ramadhan ini. Kita adalah makhluk sosial, yang mana kita butuh sekali sahabat. Sekian banyaknya tuntunan-tuntunan dalam konteks persahabatan yang di berikan oleh agama atau budaya kita. Misalnya :

“Jika Engkau ingin mencari sahabat maka sebaiknya jangan mencari sahabat yang seperti “Tukan Las”, karena apabila Engkau menemaninya bisa jadi baju engkau akan ikut terbakar oleh Las (api) tersebut atau paling tidak anda ikut mencium aroma baunya las tersebut”. Lebih baik “Carilah sahabat yang bagaikan ia “Penjual Parfum”, karena meskipun engkau tidak mendapatkan/ memperoleh parfumnya, maka paling tidak engkau kebagian mencium aroma harumnya”.

Sungguh sahabat lebih kita cintai dari saudara. Sebab, Saudara itu baru kita cintai jikalau dia menjadi sahabat kita !

Doa Untuk Persahabatan Kita :

Yaa Allah, Ya Rabb…

Tuangkanlah pada hari ini, di bulan suci ini, dihati orang-orang yang senantiasa selalu tunduk dan tawadhu’ dalam beribadah kepada-MU…

Yaa Allah, Ya Rabb…

Sungguh sejuknya maaf-MU serta Indahnya kasihMU….

Maka, di bulan ramadhan ini bukakanlah pendengaran hati mereka, agar mereka bisa peka sehingga mereka bersikap patuh atas perintah-Mu, mereka bisa memperbanyak Dzikir kepada-MU…

Dan Ampunilah kesalahan-kesalahan mereka semua dengan kemulian-MU….

Yaa Allah, Ya Rabb…

Ridhoilah hubungan kami ini sehingga menjadi kebaikan yang bernilai ketaatan terhadap perintah-Mu, dan semua perkataan kami sebagai dzikir atas kebesaran-Mu, serta jadikanlah persahabatan kami ini selalu dijalan-MU…

…آمــين ​اَللّهُمَّ آمــين

 

Semoga dengan tulisan singkat ini bermanfaat bagi saudara/i. dan semoga di bulan Ramadhan ini kita diberikan kesahatan Oleh Allah SWT. Aamiin !

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Nur Laely


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.