4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan
4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan !

MutiaraPublic.com – Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allah SWT. Keberhasilan seseorang dalam melakukan sebuat aktivitas, ditentukan oleh bekal yang telah ia persiapkan sebelumnya. Kesuksesan seorang muslim dalam melakukan Amal, sangat dipengaruhi oleh bagaimana persiapan yang telah direncanakan ia sebelumnya.

Bulan suci ramadhan telah menjumpai kita, Allah SWT telah mempersiapkan berbagai macam keistimewaan, berbagai macam keutamaan di bulan suci Ramadhan ini. Terdapat banyak sekali jamuan-jamuan istimewa yang Allah SWT persiapkan di bulan suci ramadhan. Maka oleh sebab itu, kita sebagai seorang Muslim yang beriman kepada Allah SWT. hendaknyalah kita melakukan berbagai macam persiapan agar kita menjadi orang yang sukses dalam ibadah kita di bulan suci Ramadhan.

Lantas, apasaja persiapan yang kita butuhkan untuk menjadi orang Muslim yang sukses/ berhasil dalam menjalani bulan suci Ramadhan ini ?. Paling tidak disini Ada 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang-mana 4 tips ini kita butuhkan untuk menjadi orang-orang yang sukses di bulan Ramadhan ! Berikut dibawah ini :

Yang Pertama adalah Persiapan Mental.

Seperti halnya ulama terdahulu yang luar biasa, mereka mempersiapkan mentalnya sejak bulan-bulan yang lama sebelum Ramadhan. “Ya Allah, Ya Rabb.. berkahi-lah kami di-bulan rajab dan berkahi-lah kami di bulan sya’ban, serta perjumpakan-lah kami dengan bulan Ramadhan..!”

Seperti halnya Berpuasa di bulan Sya’ban sebagai wujud latihan/ persiapan dalam berpuasa di bulan Ramadan. sebagaimana Hadits berikut ini :

{” Dari ‘Aisyah r.a.: “ Baginda Rasulullah SAW berpuasa hingga kami mengatakan (mengira bahwa) Rasulullah SAW tidak pernah berbuka. Dan (di lain waktu) Rasulullah SAW tidak berpuasa hingga kami mengatakan (mengira bahwasanya) beliau pernah berpuasa. Dan aku tidak melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa-nya sebulan penuh selain di bulan Ramadhan dan (sungguh) aku tidak melihat Rasulullah SAW memperbanyak ber-puasa selain di bulan Sya’ban ”. “}. (H.R.: Bukhari & Muslim)

Ini adalah bagian dari persiapan mental kita agar ketika datang atau masuk di dalam bulan suci ramadhan kita betul-betul siap, kita betul-betul sudah siap melakukan berbagai amal kebaikan di bulan suci ramadhan ini.

Yang Kedua adalah Persiapan Ruhiyah Kita/ Keimanan Kita.

Persiapan Ruhiyah ini bisa kita lakukan dengan cara memperbanyak tilawah-tilawah atau bacaan-bacaan Al-Qur’an, melakukan berbagai macam-macam ibadah, memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, menyucikan jiwa kita dengan memperbanyak taubat di bulan suci ramadhan ini (Astaghfirullah… Ampuni Aku Ya Allah…!), serta juga bisa melakukan berbagai macam-macam amalan/ ibadah-ibadah sunnah lainnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Yang Ketiga adalah Persiapan Ilmu.

Persiapan Ilmu ini sangat penting di dalam bulan suci ramadhan ini, karena sebagaimana yang telah disebutkan oleh para Ulama’ bahwa syarat diterimanya suatu ibadah itu adalah Al-Ikhlas Wal-ittiba’ (keikhlasan dan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW).

Semua Amal ibadah, sehebat apapun amal ibadah itu kalau tidak ikhlas dan minyimpang dari sunnah syari’at Rasulullah SAW, maka dia akan tertolak. Waallahua’lam ! Dan

Yang Keempat adalah Persiapan Jasadiyah

Persiapan Jasadiyah atau persiapan jasad kita, Agar kita tetap selalu melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dengan sehat, dengan fit dan segar. Sebab, apalah artinya kita yang sudah mempersiapkan Mental, mempersiapkan Iman, dan mempersiapkan Ilmu, akan tetapi badan kita tidak fit, tubuh kita tidak sehat, atau sakit-sakitan. Ketika kita masuk kedalam bulan suci Ramadhan ternyata badan kita sakit, terhalang oleh rasa sakit, maka otomatis kita tidak akan bisa dan tidak akan mampu melaksanakan puasa di bulan suci ramadhan ini dengan semaksimal mungkin.

Itulah 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang betul-betul harus kita persiapkan. Semoga dengan upaya ini kita mampu mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dan Semoga Allah SWT berkenan mempertemukan kita semua dengan bulan suci Ramadhan hingga usai, sehingga kita mampu memetik dan mendapatkan taufiq serta keberkahan di bulan suci ramadhan ini. Aamiin !

 

 

 

Oleh : Ustadz. Fahmi Bahreisy, Lc
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.