Daftar (Sementara) Artis Indonesia Yang Masuk Islam
Daftar (Sementara) Artis Indonesia Yang Masuk Islam

Daftar (Sementara) Artis Indonesia Yang Masuk Islam

MutiaraPublic.com – Agama bisa juga di-anggap sebagai pedoman hidup bagi seluruh manusia. Sebagai makhluk yang di-beri akal hendaknya manusia ini mempercayai bahwa adanya Sang Pencipta yakni Tuhan Semesta Alam sebagaimana yang diajarkan oleh agama islam kepada penganutnya.

Agama adalah merupakan salah hak dasar kehidupan dari setiap manusia. Dan Setiap manusia ini mempunyai kebebasan untuk memilih agama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan yang ada dalam hati mereka masing-masing. Termasuk juga mereka yakni para selebritis/ artis Indonesia.

Sejauh ini, beberapa dari artis indonesia ini memilihmasuk islam atau menjadi mualaf atau berpindah keyakinan. Tentunya, hal tersebut dikarenakan alasan yang berbeda-beda, ada artis yang memutuskan untuk menjadi Mualaf atau ber-pindah agama karena dorongan kuat dari kata hatinya, ada yang karena merasa dari panggilan hatinya, ada yang merasa karena ingin rezeki yang hakiki, dan alasan lain-lainnya.

Nah.. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mempubilikasikan/ men-share siapa saja sih Artis Indonesia Yang Masuk Islam atau menjadi mualaf dan artis-artis ini pun merasa lebih nyaman setelah memeluk agama Islam. Langsung saja inilah Daftar (Sementara) Artis Indonesia Yang Masuk Islam :

1. Alice Norin

Alice Norin

Sejak dirinya masuk islam atau menjadi mualaf yakni pada tahun 2007, sang ibundanya pun mendukung penuh atas keputusan Alice Norin ini untuk menjadi Mualaf dan mempelajari islam lebih dalam lagi. Dan Selama memepelajari ajaran-ajaran islam dalam beribadah kepada-Nya, Alice Norin pun ternyata diberi kemudahan oleh Allah SWT dan ia pun merasa tak mengalami kesulitan yang berarti.

Apalagi artis wanita cantik ini selalu mendapat dukungan penuh serta bimbingan dari orang-orang ter-dekatnya, Alice Norin pun mengakui bahwa pertamakalinya ia berpuasa ketika ia baru menjadi Muslimah telah dijalaninya dengan lancar, dan khusu’ tanpa ada hambatan.

2. Steve Emmanuel

Steve Emmanuel

Di akhir Mei tahun 2008 Steve Emmanuel ini telah menjadi sorotan media sebab dirinya dengan mantap memutuskan untuk masuk islam dan yakin terhadap ajaran Islam yang benar. Dan di hadapan Habib Rizieq, Ketua Umum FPI (Front Pembela Islam), Steve Emmanuel ini dengan khusu’ mengucapkan dua kalimat syahadat.

Dengan berpindahnya Steve Emmanuel ini menjadi mualaf, maka dirinya pun kemudian di-beri nama baru yakni Yusuf Iman. Sesuai dengan wajah tampannya Nama Yusuf Iman ini diambil dari nama Nabi Yusuf.

3. Rebecca Reijman

Rebecca Reijman

Rebecca Reijman ini masuk islam lantaran setelah ia mendengar ayat suci Al-Qur’an pada saat ia menghadiri malam tahlilan almarhum mantan drummer group band Bunglon yakni Andrey Chilink, yang pada saat itu tewas setelah dalam insiden kecelakaan mobil yang terperosok ke jurang. di kawasan Dago, Bandung.

Sejak artis cantik ini yakin menjadi mualaf lantaran takjub dengan ajaran yang ada dalam Al-qur’anul Karim tersebut. Dirinya merasa bahwa inilah agama yang mampu membawanya untuk menuju kehidupan yang sejati, kehidupan yang lebih baik.

4. Willy Dozan

Willy Dozan

Willy Dozan Artis senior ini dahulunya beragama Kristen, ia memilih untuk masuk Islam setelah menjelang pernikahan-nya dengan gadis cantik yang bernama Betharia Sonata.

Meskipun akhirnya pernikahannya kandas dengan wanita cantik Betharia Sonata. Namun, degan keyakinannya yang amat dalam akan kehidupan yang Allah SWT ridhoi sehingga sampai kini pun Willy Dozan masih memeluk agama Islam.

5. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo

Ketika pada waktu Isra’ Miraj di tahun 2006 lalu, artis cantik ini serentak memutuskan untuk berpindah agama. Dian Sastrowardoyo ini memilih untuk menjadi mualaf bukan disebabkan lantaran sebuah popularitas, Akan tetapi, karena murni kemauan dari dalam hatinya.

Meski Sang ibundanya masih menganut agama Katolik, Akan tetapi Artis cantik Dian Sastrowirdoyo ini mengaku bahwa perbedaan keyakinan dengan Sang Bundanya tersebut tak menjadi persoalan yang harus dibesar-besarkan. Bahkan menurutnya, sang ibundanya bukanlah orang yang picik. dan Ibundanya pun tidak mempermasalahkan soal keyakinan yang sekarang di anut oleh Dian Sastrowirdoyo ini. Sehingga sampai sekarang artis cantik ini merasa sangat bersyukur karena Allah SWT telah membimbingnya menjadi bagian dari Umat Rasulullah SAW.

6. Sultan Djorghi

Sultan Djorghi

Artis senior yang satu ini memiliki nama lengkap atau nama asli Sultan Pasya Djorghi, namun ia sering dikenal masyarakat dengan sebutan nama Sultan Djorghi. Artis berwajah tampan ini ternyata terlahir dari keluarga non-Muslim, Sultan Djorghi pun masuk islam sejak dia masih Duduk di kelas SMA.

“Saya sejak kelas dua SMA masuk Islam. Sampai sekarang, kita selalu saling menghargai,” Ungkap Sultan Djorghi. (sumber http://celebrity. okezone. com).

7. Natalie Sarah

Natalie Sarah

Artis cantik ini memilih untuk memeluk agama Islam pada tahun 2001. Keputusan artis cantik ini tentu mendapat perlawanan oleh keluarga besarnya, Akan tetapi kegigihan serta keyakinan yang sangat besar akan Islam tampaknya membuat artis cantik ini tak pernah goyah. Bahkan dirinya semakin mantap terhadap ajaran Islam Yang hakiki.

Natalie Sarah memiliki kenangan puasa pertama kali yang cukup unik. Bagaimana tidak, pada waktu itu Artis cantik ini masih sembunyi-sembunyi waktu melaksanakan ibadah puasanya, Bahkan beberapa kali, Natalie Sarah ini terpaksa harus tidak sahur lantaran dia takut karena anggota keluarga besarnya (di rumah) sudah mulai menaruh curiga.

8. El Manik

El Manik

Artis senior ini mulai masuk islam sejak tahun 1993, El Manik menjalankan ibadah puasa Ramadannya pun dengan sangat mulus. Artis pemain Tukang Bubur Naik Haji ini telah menungkapkan bahwa sampai saat ini dirinya tidak ada kesulitan dalam beribadah kepada Allah SWT, termasuk di bulan puasa tersebut.

El Manik mengibaratkan bahwa ibadah puasa adalah baik bagi tubuh kita sebagainama hal-nya ‘turun mesin’, Ibarat mesin yang apabila kita pakai untuk bekerja terus-menerus maka akan panas, begitu pula dengan sistem pencernaan manusia. oleh karena itu perlu sesekali untuk di istirahat-kan.

9. Merry Putrian

Merry Putrian

Artis Cantik ini kelahiran dari Jakarta, ia dikenal sebagai salah satu presenter, seorang model, dan juga sebagai pemain sinetron. Karirnya pertama kali diawali dari dunia model. Lantaran dorongan dari ibundanya, Merry Putrian akhirnya menempuh sekolah mode milik Soraya Haque. tidak hanya itu saja Merry Putrian juga pernah menjadi finalis Elite Model Look 1995, Finalis Wajah Femina 2001, serta menjadi Cover Girl Majalah Mode 1995.

Dan pada tahun 1998 artis catik ini pun memutuskan dengan keyakinan yang mantap untuk mempelajari ajaran Islam dan menjadikan Islam sebagai agamanya yang baru, artis cantik ini pun bangga dan bersyukur bisa mengenal Islam dan dengan penuh khussu’ kini dirinya menjadi lebih dekat dengan Rabb Sang Pencipta Alam Semesta.

10. Chirstian Sugiono

Chirstian Sugiono

ArtisTampan ini telah menjalin hubungan yang cukup lama dengan artis cantik yakni Titi Kamal, Chirstian Sugiono pun tak kunjung menikah dengan Titi Kamal. Kabar beredar bahwa akibat perbedaan agama yang menjadikan pemicu macet-nya hubungan mereka. Namun pada akhirnya, setelah Artis tampan ini yang akrab biasa dipanggil dengan sebutan Tian, dengan mantap memutuskan untuk memeluk agama Islam, dan ia pun akhirnya menikahi Titi Kamal.

Dan sekarang-pun dia berucap syukur ternyata dia tidak salah memeluk agama Islam dan Ketika Dirinya Mendekat dengan Allah dengan Masuk Islam, maka sesungguhnya Allah SWT masih Sayang padanya. sekarang hidupnya pun menjadi bahagia bersama keluarga tercintanya.

11. Cindy Claudia Harahap

Cindy Claudia Harahap

Cindy Claudia Harahap yang biasa dipanggil dengan nama Cindy ini telah menikah dengan Thariq Mahmud Eben yakni pada bulan juli 1998. Dan dari pernikahan-nya tersebut, akhirnya mereka dikaruniai 3 orang anak, yaitu : Abriel Omar Syarief, Sabrina Aisha Putri, dan Kirana Shaskia Putri.

Cindy adalah putri dari Rinto Harahap, dia memutuskan untuk masuk islam dan menganut ajaran Islam dengan penuh keyakinan. Dan Hingga kini pun, kehidupan keluarganya masih Sakinah, Mawadah, dan Warahmah. Cindy juga sampai saat ini masih tetap konsisten dengan keyakinan agama Islam yang dipilihnya.

12. Wahyu Soeparno Putro

Presenter asal negara Australia ini pernah ngetop dalam berbagai tayangan di televisi Indonesia pria bule ini masuk Islam dan telah menjadi muallaf. Wahyu Soeparno Putro sendiri kelahiran-nya dari Skotlandia, ia lahir pada tanggal 28 Juli 1963 dengan nama aslinya adalah Dale Andrew Collins-Smith. kemudian ia mengganti namanya dengan nama Wahyu Soeparno Putro karena pada saat itu ia memutuskan untuk tinggal dan menetap di negara Indonesia.

Perjalanan spiritualnya pun hingga saat ini tetap khusu’, dan dia merasa bersyukur karena Indonesia tidak hanya menjadi tanah favoritnya Namun Indonesia telah membawanya untuk menuju Islam, Indonesia telah membawanya untuk menjadi pengikut Baginda Rasulullah SAW.

13. Tamara Bleszynski

Tamara Bleszynski

Awalnya, Artis Cantik ini sering bahkan kebiasaan mengamati berbagai aktivitas-aktivitas umat Islam di Australia pada waktu itu, seperti misalnya aktivitas ibadah Shalat, Zakat, Puasa. dan tidak hanya itu juga kebiasaannya dalam mengamati aktivitas umat islam ini telah membuatnya semakin penasaran sehingga ia pun mempelajari Islam melalui buku-buku dan kitab suci Al-Qur’an, dan Alhamdulillah pada tahun 1995 Tamara Bleszynski ini pun resmi menjadi wanita Mualaf.

Dan Sejak itu pula, Tamara Bleszynski pun mulai menjalankan rutinitas ibadah-ibadah sesuai dengan agama yang dipilihnya yakni Islam. Meskipun sudah Dua kali menikah dan pernikahannya pun kandas, Tamara Bleszynski masih tetap teguh terhadap keyakinannya sebagai Umat Islam, dan dia pun kini bangga akan dirinya sebagai Umat Islam.

14. Melly Goeslaw

Melly Goeslaw

Siapa yang tidak kenala dengan wanita yang satu ini “Melly Goeslaw”, wanita ini yang sangat dikenal dengan grup band yang bernama Potret kala itu bersama sang suami, Anto Hoed. Dan Melly Goeslaw pun menjadi vokalis di dalamnya, karyanya sudah menjadi populer dimata artis-artis indonesia.

Melly Goeslaw Masuk Islam setelah ia menikah dengan Anto Hoed yakni pada tahun 1995 silam. Dan sampai saat ini, Melly Goeslaw tampaknya sudah nyaman dan semakin mantap dengan keyakinan pilihannya yakni Agama Islam.

15. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Setelah pemain bola ini menikah dengan wanita Indoneisa, akhirnya ia memiliki paspor Indonesia. Istrinya adalah wanita ber-kebangsaan Indonesia yang bernama Eva Nurida Siregar.

Cristian Gonzales masuk Islam pada tahun 2003, ia masuk islam awalnya dari dorongan sang istri serta dorongan lingkungan di Indonesia. Namun, kemudian setelah ia mempelajari ajaran Islam yang benar maka dirinya pun sangat mantap akan agama Islam dan kemudian Cristian Gonzales mendapat nama lain yakni Mustafa Habibi.

16. Markus Horison

Markus Horison

Markus Horison adalah penjaga gawang tim nasional indonesia pada waktu itu. dan ia pun akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat dan akhirnya masuk Islam, meskipun pada waktu itu ia ditimpa masalah rumah tangganya yang berakhir kandas, namun kepercayaannya kepada Islam masih tetap, tidak goyah.

17. Titi DJ

Titi DJ

Artis senior yang cantik ini sangat akrab disapa dengan nama Titi DJ. Dan Pada tahun 1994 ia bertunangan dengan Bucek Depp, dan kemudian mereka menikah secara sederhana pada tanggal 9 Mei 1995.

Titi DJ memilih untuk masuk agama Islam yakni pada 1994, karena ia mengikuti keyakinan suaminya Bucek Depp. Akan tetapi sayang, usai melahirkan anak kedua-nya, mereka (Titi DJ dengan Bucek Depp) bercerai yakni setelah dua tahun menikah. Keduanya pun resmi bercerai pada tahun 1997. Sampai sekarang Titi DJ masih tetap berkeyakinan menjadi seorang Muslimah.

18. Novia Ardhana

Novia Ardhana

Novia Ardhana kelahiran kota Jakarta, ia lahir pada tanggal 27 November 1974. dan Novia Ardhana ini dikenal sebagai presenter dan pemain sinetron. Novia Ardhana termasuk salah satu artis yang memilih untuk menjadi seorang mualaf. dirinya memeluk Islam sejak tahun 1987

Novia Ardhana mengaku pernah terlibat dengan kasus “nar-koba” yakni selama enam tahun. dan setelah Novia Ardhana mendapat hidayah dari Allah SWT sehingga dia ber-niat penuh untuk berhenti dan terlepas dari jeratan nar-koba. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, akhirnya kini dia menjalani hidup dengan bahagia.

19. Ray Sahetapy

Ray Sahetapy

Ketika sejak tahun 1992 Ray Sahetapy ini memantapkan diri untuk masuk islam, malah dengan menjadi mualaf kini telah membuatnya lebih mantab untuk beribadah kepada sang Pencipta. Artis/ Pemain “The Raid” ini telah melatih kesadaraanya dengan selalu menjalankan ibadah-ibadah seperti shalat, puasa di bulan Ramadhan dll. Mantan suami Dewi Yull ini telah mengaku sama sekali tidak merasa kesulitan dalam menjalankan puasa sebab ia di dasari dengan niat yang ikhlas dan penuh khusu’.

Tak hanya itu saja menurut Ray Sahetapy untuk berpuasa, itu dibutuhkan niat yang tulus dalam melatih kesadaran. {” Dengan niat yang ter-tib, dan dengan jiwa kita yang tenang, seimbang serta dengan membuat hati kita bersih “} tutur Ray Sahetapy.

20. Jono

Jono

Pria asal kelahiran Inggris ini juga seorang mualaf. Berawal pada tahun 2000, pemuda kelahiran London, ini mampir ke negara Indonesia untuk menikmati indahnya alam indonesia yang sangat dikenal bersahabat tersebut. Ia memulai perjalanannya menjelajahi Indonesia lewat kota Aceh.

Selama Jono berada di Aceh, Jono banyak belajar mengenai adat dan istiadat kota Aceh tersebut termasuk kebiasaan para masyarakatnya. Hal itu pula yang membuatnya takluk dan jatuh hati pada wanita aceh yang bernama Fauzia atau akrab disapa Nyan Nyak, kemudian dia menikahinya dan memeluk islam.

Jonathan Amstrong atau dikenal dengan nama Jono ini, sampai sekarang masih terus berusaha untuk memperdalam ajaran Islam. Jono lahir dari keluarga Kristen yang taat. Dan ayahnya pun adalah seorang pendeta disana. Namun Meski begitu, Ayah nya sama sekali tidak menghalangi niat baik si Jono untuk berpindah keyakinan.

21. Angelina Sondakh

Angelina Sondakh

Tak lama setelah Angelina Sondakh melangsungkan pernikahan dengan Almarhum Adjie Massaid, ia akhirnya dengan penuh keyakinan memutuskan untuk menjadi mualaf. dan dirinya melakukan-nya murni karena kemauannya sendiri, bukan paksaan dari Almarhum Suaminya tersebut.

Hingga sang suami pun meninggal dunia, Angelina Sondakh yang akrab disapa dengan Angie ini pun tampak sangat serius menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim. Walau pun Di dalam tahanan yang menjeratnya lantaran terkena kasus korupsi, wanita cantik ini pun tak henti-hentinya beristighfar memohon ampunan kepada Allah SWT dan sekarang ia tampak selalu memegang tasbih.

22. Lulu Tobing

Lulu Tobing

Artis senior kelahiran batak ini juga tercatat sebagai salah satu Artis/ Selebritis yang berpindah agama, yakni masuk islam. Wanita Cantik, Lulu Tobing ini menjadi seorang mualaf lantaran ketika ia menikah dengan salah satu cucu dari keluarga cendana, cucu mantan presiden ke 2 Republik Indonesia, Yakni Presiden Soeharto.

23. Marsha Timothy

Marsha Timothy

Setelah dirinya resmi meenikah dengan Vino G Bastian yakni pada bulan Oktober 2012 lalu, ia mengatakan bahwa dirinya telah berpindah keyakinan untuk memeluk islam dan menjadi Mualaf. Marsha Timothy pun tak menganggap bahwa kepidahan agama ini lantaran semata karena pernikahannya.

Wanita cantik ini menuturkan bahwa, agama itu merupakan hak asasi manusia yang paling sangat privasi, dan agama adalah merupakan tanggung jawab antara dia dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Dan Alhamdulillah sampai sekarang dia menjalani hidup dengan kedamaian dalam Islam.

24. Lisa Johana

Lisa Johana

Salah satu Artis sinetron dan Pemain film yakni Lisa Johana, mengaku bahwa dirinya kini telah menerima islam dan memeluk agama Islam, ia memeluk agama islam pasca Lebaran yakni pada tahun 2012 lalu.

Tentunya awalnya tidak mudah bagi Lisa Johana mengakui, menerima, dan mengambil langkah untuk memeluk agama islam. Selain dorongan kuat dari pribadinya, dukungan kuat pun juga mengalir dari keluarga, kerabat, dan kekasih serta juga teman-temannya yang membuat ia semakin mantap dan yakin dengan ajaran yang benar yakni agama barunya, Islam.

25. Bella Saphira Veronica Simanjuntak (Bella Saphira)

Bella Saphira Veronica Simanjuntak

Pada saat bulan Ramadhan 2013 lalu, Bella Saphira telah menerima Islam dan memantapkan dirinya untuk menjadi muallaf. di Mesjid Istiqlal, Jakarta, Bella Saphira pun mengucapkan dua kalimat syahadat. Bella Saphira di masjid Istiqlal didampingi beberapa kerabatnya.

Dan Hingga kini Islam telah merubah jalan hidupnya menjadi Manusia yang lebih baik, dan ia pun semakin yakin bahwa sesungguhnya Allah SWT sayang kepadanya sehingga menuntunnya menuju cahaya terang yakni Islam Rahmat bagi Alam Semesta.

26. Diego Michiels

Diego Michiels

Atlet yang terkenal dengan sepak bola ini, Diego Michiels akhirnya membuat keputusan yang cukup mengejutkan prihal kepindahan keyakinannya kepada Islam. Kepindahannya pun juga di dasari dari kecintaannya kepada Ajaran yang benar, dan setelah ia berkonsultasi dengan Kapitra Ampera yang merupakan salah satu kuasa hukumnya, Pada tahun 2013 lalu ia pun semakin mantap dan yakin untuk menjadi seorang mualaf.

Diego Michiels telah mengaku bahwa sebenarnya dirinya itu sudah lama tertarik dengan ajaran Islam. Namun kemantapan itu datang pada tahun 2013 lalu, dan Alhamdulillah hingga kini ia hidup dalam Islam dan semakin mantap untuk mempelajari Ajaran Islam dengan sungguh-sungguh.

27. Sophia Latjuba

Sophia Latjuba

 

Sophia Latjuba tampil dengan nuansa baru. Janda dengan 2 anak ini ternyata sekarang telah memperdalam ajaran Islam, dan menjadi Mualaf. Dalam sebuah akun Instagram-nya, Sophia Latjuba sempat mengunggah tentang buku agama Islam yang berjudul ‘First Muslim’. “Finally got The English version,” status Sophia Latjuba dalam sebauh akunnya.

Sophia Latjuba telah menegaskan bahwa dirinya masih terus belajar dan memperdalam tentang ajaran Islam. Sophia Latjuba merasa sangat nyaman dengan Islam dan ia senang menjalaninya. Shopia Latjuba juga menuturkan : {” Sudahlah… (menjadi seorang mualaf). Sangat-lah menikmati. Saya terus belajar… dan (Alhamdulillah) saya sangat nyaman “} ungkapnya.

28. Renata Kusmanto

Renata Kusmanto

Setelah Renata Kusmanto dan Fachri Albar menggelar pernikahan di salah satu Hotel di jakarta selatan, Hotel Dharmawangsa. Sebelum menjalani akad nikah, Renata Kusmanto ini memutuskan untuk pindah keyakinan, dan menjadi Mualaf dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Hal itu di-utarakan oleh H. Wahidin yakni selaku Kepala Se-ksi KUA (Kantor Urusan Agama) di Kecamatan Kebayoran Baru, JakSel.

Dengan mualaf-nya Renata Kusmanto ini dan sementara kedua orang tuanya masih non-Muslim, maka wali nikah pun bukan kedua orang-tua Renata, akan tetapi dari pihak KUA. Dan sampai sekarang artis cantik ini sangat bahagia dan bersyukur atas Agama barunya, yakni Islam.

29. Marcell Siahaan

Marcell Siahaan Masuk Islam

Penyanyi yang terkenal ini (Marcell Siahaan) harus menghadapi perjalanan spiritual yang cukup amat panjang perihal temukan agama islam. Apalagi pencariannya terhadap Tuhan Sang Semesta Alam, Allah S.W.T.. Ayah tiga anak ini sebelumnya pernah beberapa kali bergonta-ganti perihal keyakinanannya, sampai pada akhirnya ia memilih agama Islam sebagai keyakinan yang paling logic dan sesuai dengan kitab suci yang sampai hari ini 100% murni dari Sang Pencipta, Sungguh tiada keraguan terhadap isi dalam kandungan Al-Qur’an tersebut.

 

 

Itulah Daftar (Sementara) Artis Indonesia Yang Masuk Islam. Mungkin masih banyak lagi artis-artis indonesia yang lainnya, yang sudah menerima dan memeluk Islam yang belum ada di daftar atau belum kami publish. Dan Alhamdulillah… Semoga dengan tulisan ini khususnya kita sebagai umat muslim lebih menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Aamiin !


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

3 comments

  1. SUBHANALLAH ATAS HIDAYAH DARI ALLAH MEREKA MENDAPAT PETUNJUK KE JALAN YANG BENAR, MENGIKUTI AGAMA YANG PALING DIRIDHOI ALLAH SWT

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.