ilustrasi - Utamakan Bersedekah Kepada Kerabat
ilustrasi - Utamakan Bersedekah Kepada Kerabat

Utamakan Bersedekah Kepada Kerabat !

MutiaraPublic.com – Bersedekah itu dapat kita berikan terhadap siapa saja dan juga bisa dikelola menjadi potensi ekonomi masyarakat sekitar. Sepeerti baginda Rasulullah SAW yang menyarankan kepada Abu Thalhah untuk menyedekahkan sebagian hartanya kepada kerabatanya. Hal tersebut haruslah menjadi skala prioritas, sebelum bersedekah kepada orang lain.

Karena, pada dasarnya roh dari sedekah itu sendiri tiada lain untuk mempererat silaturrahim/ jalinan antar manusia yang dimulai dari hubungan kekerabatan, kemudian antar tetangga, dan pembinaan masyarakat yang lebih luas.

Hal tersebut bisa kita kaji dari surah Al-Baqarah (2) ayat 215, “Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.”

Hal lainnya dalam ajaran agama Islam, mempererat suatu hubungan kekerabatan merupakan fardu/ kewajiban yang semestinya harus dilakukan oleh setiap Muslim. Dan tentunya pemberian sedekah kepada kerabat kita merupakan bagian dari upaya menjaga, memelihara, dan mempertahankan hubungan kekerabatan demi terciptanya hubungan yang mapan.

Ketika kita bersedekah kepada kerabat, tanpa kita sadari, kita mendapatkan dua pahala disisi Allah SWT. Adapaun yang Pertama, pahala sedekah itu sendiri, dan yang kedua, pahala menyambung dan mempererat tali kekerabatan.

Rasulullah SAW sendiri bersabda, “Sedekah kepada orang miskin hanya mendapatkan pahala sedekah saja, sedang sedekah kepada sanak kerabat mengandung dua keutamaan, yaitu sedekah dan menyambung tali kekerabatan.” (HR Tirmidzi, Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Untuk itu, alangkah bainya kita dahulukan bersedekah dulu kepada kerabat kita yang miskin atau yatim sebelum kita bersedekah kepada orang lain.

Allah berfirman, “(Kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat.’’ (QS Al-Balad: 15).

Rasulullah SAW  bersabda, “Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada barulah untuk ini dan itu.” (HR Ahmad dan Muslim).

Wallahua’lam bi shawab… Semoga allah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, Amin !

 

Reporter : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Bersedekah itu dapat kita berikan terhadap siapa saja dan juga bisa dikelola menjadi potensi ekonomi masyarakat sekitar. Sepeerti baginda Rasulullah SAW yang menyarankan kepada Abu Thalhah untuk menyedekahkan sebagian hartanya kepada kerabatanya. Hal tersebut haruslah menjadi skala prioritas, sebelum bersedekah kepada orang lain. Karena, pada dasarnya roh dari sedekah itu sendiri tiada lain …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.