Ustad Arifin Ilham : Fitrah Alam Adalah Berdzikir
Ustad Arifin Ilham : Fitrah Alam Adalah Berdzikir

Ustad Arifin Ilham : Fitrah Alam Adalah Berdzikir

MutiaraPublic.Com – Ustad Arifin Ilham, Fitrah alam adalah berdzikir. Allah S.W.T. mempersembahkannya untuk kita. Jadi, dzikir sebenarnya merupakan bagian fitrah dari alam. Ketika kita tidak berdzikir, maka kita bukan saja tidak taat kepada Allah S.W.T. , tetapi telah melawan kehendak Allah S.W.T. yang menjadi bagian dari fitrah alam tersebut.

Kalau kita mau mendengarkan alam, maka ia berkata, taatlah kepada Allah S.W.T. Semuanya akan bergerak sesuai dengan aturan yang telah diberikan oleh Allah S.W.T.. Sebagai contoh, telur tidak akan menetas kecuali setelah mengalami proses sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Allah S.W.T. 

Sebagai bagian dari dzikir yang menggambarkan ketaatan kita kepada Allah S.W.T. adalah ketika lisan dan hati ini telah mengucapkan lafal “alhamdulillahirabbil’alamiin” dalam kondisi apapun yang terjadi pada diri kita, termasuk ketika kita harus menghadap orang yang paling kita cintai pergi untuk selamanya. Kita harus membiasakan bahwa musibah itu nikmat, sakit itu rahmat, dan kematian itu adalah ampunan dosa.

Kalau demikian, apa arti susah didalam hidup ini? Susah itu apabila kita berbuat dosa atau dusta, ketika berbuat maksiat, dan ketika melanggar keteraturan alam atau sunnatullah yang telah ditetapkan oleh Allah S.W.T..

Alam ini nikmat kalau kita mentaatinya dan mendengarnya. Kalau kita mau belajar dan berzikir dengan tubuh dan hati, maka kita akan merasakan kenikmatan. Itulah sebabnya Nabi Muhammad s.a.w. bersabda, seluruh umatku penuh kenikmatan, semua di dalam surga.” Kemudian, mengapa sebagian dari umat Islam menolak kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah S.W.T. tersebut? Mereka adalah orang-orang yang tidak mau menerima qadha dan qadar, taat, berbuat baik dan tidak mau menerima kebenaran. Yang ada di dalam dirinya hanya keluh kesah dan kekesalannya. Musibah yang kecil dibesar-besarkan dan nikmat yang besar dikecil-kecilkan.

Allah S.W.T. hanya untuk menyuruh kita untuk mensyukuri nikmat dengan cara taat dan berbakti kepadaNya. Agar kita termasuk di dalam golongan orang-orang yang ikhlas karena Allah S.W.T..

“Ya Allah aku bukan menolak takdir-MU, tapi aku mohon berikanlah aku kemampuan untuk mengambil hikmah dibaliknya.”

 

 

 

Sumber : Tausiyah Ustad Arifin Ilham
Redaktur : Ning Silviana Sholeha


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.