Tiga Sifat Penghalang Masuk Surga
Tiga Sifat Penghalang Masuk Surga

Tiga Sifat Penghalang Masuk Surga, Penting !

MutiaraPublic.com –  Penghalang Masuk Surga, Ada tiga sifat yang oleh baginda Rasulullah S.A.W. disebut-sebut sebagai penyebab yang menghalang-halangi seseorang bisa masuk ke dalam surga, bahkan haram bagi mereka untuk memasukinya. Tiga sifat tersebut adalah :

1. Bakhil

Kalau dalam wasiat sebelumnya Nabi Muhammad S.A.W. menyatakan bahwa bakhil dan kikir menjauhkan pelakunya dari Allah dan mendekatkannya pada kemurkaan-Nya, maka kali ini Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W. dengan jelas menyatakan bahwa sifat bakhil tersebut akan mengakibatkan pelakunya tidak bisa masuk surga, sebab Allah S.W.T. sendiri telah mengharamkan surga-Nya untuk dimasuki orang-orang bakhil.

البخيل بعيد من الله, بعيد من الجنة, بعيد من الناس

“Orang-orang yang bakhil jauh dari Allah, (mereka) jauh dari surga dan (merekapun) jauh dari manusia” (Hadits riwayat Turmudzi).

Alasan mengapa sifat bakhil ini bisa menjadi penghalang bagi seseorang untuk memasuki Surga adalah karena bakhil dilandasi oleh sifat cinta dunia. Sifat cinta dunia sendiri sebenarnya merupakan hal yang menyebabkan seseorang menjadi jauh dari Allah S.W.T.. Dan jika kondisi seseorang sudah seperti itu, yakni sudah berada jauh dari Allah, maka kebaikan tak bisa diharapkan darinya, sementara pada waktu yang bersamaan kejelekan akan banyak ditemukan dalam perangainya. Inilah mengapa Allah S.W.T. sampai tidak membolehkannya masuk ke surga, sebab kejelekan yang terdapat dalam diri seorang bakhil lebih banyak ketimbang amal kebaikannya.

2. Durhaka Kepada Kedua Orang Tua

Tindakan lain penghalang masuk surga atau yang bisa menghalang-halangi seseorang masuk ke dalam surga adalah punya sifat berani dan durhaka kepada kedua orang tua. Dalam beberapa ayat, Allah S.W.T. telah menjelaskan bagaimana seharusnya seorang anak berlaku kepada kedua orang tuanya. Allah S.W.T. mewajibkan seorang anak untuk taat dan patuh terhadap kedua orang tua sepanjang perintah orang tua tersebut tidak mengajak pada hal-hal yang dilarang oleh agama.

Kewajiban anak terhadap orang tuanya adalah mutlak yang harus dilaksanakan sepanjang perintah orang tua itu benar-benar tidak melanggar agama Allah. Dan jika perintah orang tua itu benar-benar melanggar aturan Allah S.W.T., itupun seorang anak hanya diperbolehkan untuk tidak taat kepada perintah tersebut, sementara dalam hal lain, yakni dalam hal pergaulan anak masih diperintahkan untuk patuh kepada orang tuanya.

Sebagai sebuah perintah, taat kepada orang tua adalah sebuah amaliyah ibadah yang menyimpan banyak pahala. Allah S.W.T.menyediakan surga bagi mereka yang mau berbakti kepada kedua orang tua sekaligus Allah S.W.T. menyediakan tempat penyiksaan khusus yakni Neraka, bagi mereka yang durhaka kepada orang tua.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa baginda Muhammad S.A.W. bersabda; “Angin surga akan dihembuskan dari jarak lima ratus tahun (500th) dan tidak lah akan mencium bau surga itu orang-orang yang suka menyebut-nyebut amal perbuatannya, orang yang durhaka (durhaka kepada orang tuanya), dan mereka yang kecanduan khamr.”

Lewat hadits di atas Baginda Rasulullah S.A.W. ingin menyampaikan satu keterangan berharga bahwa sifat durhaka kepada kedua orang tua bukan saja akan menerima siksa neraka, akan tetapi lebih dari itu surga sendiri menolak atau tidak mau dimasuki oleh anak durhaka ini. Na’udzubillah….!

3. Naminah

Satu lagi yang oleh Nabi Muhammad S.A.W. disebut-sebut sebagai sebuah tindakan yang menyebabkan haramnya seseorang masuk ke dalam surga adalah Namimah. Namimah atau dalam bahasa kita sering disebut ADU-DOMBA adalah menyebarkan fitnah tentang seseorang terhadap orang lain dengan maksud mengadu domba agar antara dua orang tersebut bertengkar satu sama lain, walaupun sebenarnya tidak ada permasalahan antara keduanya.

Namimah ini adalah sebentuk dosa yang diakibatkan oleh lisan. dalam Al-Qur’an menyebut Namimah sebagai bentuk perilaku setan, sebagaimana yang difirmankan Allah S.W.T. :

“Setan itu menginginkan diantara kamu terjadi permusuhan dan kebencian (dengan sebab) arak dan judi dan memalinkan dari mengingat Allah dan Shalat. Tidakkah kamu berhenti?” (QS. Al-Ma’idah; 91)

Namimah memang begitu keji. Akibat yang akan ditimbulkan begitu berbahaya terhadap kelangsungan kehidupan seseorang. Nama baik dan harga diri seseorang akan tercemar lantaran tindakan tersebut. Karena alasan itulah maka sangat layak jika Baginda Rasulullah S.A.W. menvonis pelaku Namimah sebagai orang yang paling jelek. Dalam sebuah hadits Nabi S.A.W. pernah bersabda;

“Maukah kalian aku beritahu siapa yang paling jelek diantara kalian, Yaitu mereka yang melangkah dengan maksud namimah (mengadu domba dua saudara), merusak cinta kasih, melakukan tindakan dzhalim lagi hina terhadap orang-orang yang baik” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain juga disebutkan betapa dahsyatnya siksaan yang akan diterima oleh orang yang melakukan Namimah tersebut. Sebuah hadits menginformasikan bahwa suatu saat Nabi S.A.W. pernah berjalan-jalan dengan sebagian sahabatnya. ketika mereka melewati sebuah kuburan tua, Nabi S.A.W. mengetahui bahwa di tempat itu ada dua kuburan yang kedua penghuninya sedang disiksa oleh Allah S.W.T.. Baginda Nabi  S.A.W. menjelaskan kepada para sahabat bahwa salah satu dari kedua orang tersebut adalah suka melakukan Namimah sewaktu hidup, sementara yang satunya lagi adalah tidak suka bersuci sehabis kencing.

Subhanallah... inilah akibat yang akan diterima seseorang jika dalam hidup melakukan tindakan Namimah. Pelaku Namimah itu bukan saja akan diadzab oleh Allah S.W.T. di neraka lantaran dosa yang diperbuat, Akan tetapi lebih dari itu surga pun diharamkan untuk dimasuki oleh mereka. Astaghfirullah…!

 

Semoga dengan artikel/ tulisan ini kita semua bisa menjadikan diri kita jauh dari perbuatan yang menghalangi kita masuk surga dan semoga tulisan ini semakin menambah ketqwaan kita kepada Allah S.W.T. Aamiiin Ya Rabb !

 

 

 

Oleh : Ustadz. Ahmad Hasan
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.