The Power Of Sholat Tahajud
ilustrasi - The Power Of Sholat Tahajud (foto ; blogspot)

The Power Of Sholat Tahajud

MutiaraPublic.com – Di dalam Sholat tahajud sungguh banyak sekali rahasia kekuatan serta rahasia keajaibannya. Dengan melaksanakan Sholat tahajud secara yakin dan ikhlas semata-mata hak karena Allah SWT, serta melaksanakan sholat tahajud ini secara rutin, maka insyaallah kita akan selalu di mudahkan oleh Allah SWT dalam menyikapi berbagai masalah-masalah kehidupan pada era/ zaman sekarang ini.

Saudaraku muslim dan muslimah, Kenapa bisa dikatakan demikian ?, sebagaimana Allah SWT telah menegaskan bahwasanya bagi mereka yakni orang-orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud hak karena Allah SWT, maka Allah SWT akan selalu menumbuhkan sifat rendah hati dan ramah kepada mereka. Inilah yang akan menimbulkan ketenangan sejati yang merupakan refleksi dari ketenangan jiwa kita di dalam menjalani kehidupan sehari-hari terutama di masyarakat sekitar kita.

Allah SWT Berfirman, Yang Artinya :

{” Dan (mereka) hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (merupakan) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan (sikap) rendah hati serta apabila mereka (orang-orang) jahil menyapanya, (maka) mereka pun mengucapkan kata-kata yang baik. Serta orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud serta berdiri untuk Tuhan mereka (Allah SWT). “} (QS. Al-Furqan: 63-64)

Dalam ayat diatas sudah jelas sekali menerangkan bahwasanya dalam melaksanakan sholat tahajud tersebut akan membuat kita menjadi pribadi yang baik, santun, rendah hati, dan selalu optimis dalam menjalani kehidupan ini, Berikut ini adalah beberapa kekuatan dibalik sholat tahajud (the power of sholat tahajud), yang mungkin bisa kita jadikan motivasi dalam mengamalkan sholat tahajud ini :

Pertama, The Power Of Sholat Tahajud sebagai Tiket Kita Untuk Masuk Ke Surga.

Abdullah Ibn Muslin pernah berkata ; {” kalimat yang pertama kali aku dengar dari Baginda Rasulullah SAW pada waktu itu adalah (sebagai berikut), “Wahai kalian (manusia) ! (selalu) Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan pada mereka, sambunglah selalu silaturahim, serta tegakkan lah sholat malam (sholat tahajud) ketika manusia lainnya itu sedang terlelap tidur, maka niscaya kalian (manusia) masuk surga Allah SWT dengan selamat “} (Hadits Riwayat ; Ibnu Majah).

Kedua, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Amal Yang Dapat Menolong Kita Kelak di Akhirat.

Allah SWT berfirman, yang artinya : {” Sesungguhnya mereka (orang-orang) yang bertaqwa (akan) berada di dalam taman-taman surga serta di mata air (surga), seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan terhadap mereka. Sebelumnya mereka itu sudah berbuat baik sebelumnya (di dunia), (dan) mereka itu adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam (sholat/ beribadah kepada Allah SWT) dan di akhir malam mereka selalu memohon ampun kepada Allah SWt) “} (QS. Az-Zariyat, Ayat [15-18])

Ketiga, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Pembersih Penyakit Hati dan Penyakit Jasmani.

Salman Al-Farisi pernah berkata, bahwa Baginda Rasulullah SAW bersabda ; {” (wahai kalian) Dirikanlah shalat malam, sebab sesungguhnya sholat malam (sholat tahajud) itu merupakan kebiasaan bagi orang-orang shaleh sebelum engkau, (shalat malam juga dapat) mendekatkan engkau kepada tuhanmu (Allah SWT), (sholat malam/ tahajud juga) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah engkau dalam berbuat dosa, serta (sholat malam/ tahajud dapat) menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh “} (Hadits Riwayat ; Ahmad)

Keempat, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Sarana Dalam Meraih Kemuliaan.

Sebagaimana Baginda Rasulullah SAW yang bersabda ; {” Jibril mendatangiku seraya berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesuka engkau, sebab engkau pun akan mati, cintailah orang yang kamu suka, sebab kamu akan berpisah dengannya, lakukanlah sesuai keinginanmu, sebab sengkau akan mendapatkan balasannya (sesuai apa yang engkau lakukan), serta ketahuilah bahwasanya sesungguhnya kemuliaan mereka (seorang muslim) adalah sholat di waktu malam serta ketidakbutuhannya pun akan di muliakan oleh orang lain “} (Hadits Riwayat ; Al Baihaqi)

Kelima, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Jalan Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Abu Hurairah telah berkata, bahwa Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda ; {” Semoga Allah SWT selalu merahmati laki-laki yang bangun pada malam hari, Kemudian lelaki tersebut melaksanakan sholat (tahajud) serta membangunkan keluarganya, istrinya. Jika sang-istri itu menolak, maka lelaki itu memercikkan air di wajah istrinya. Juga, merahmati wanita yang selalu bangun pada malam hari, kemudian wanita itu melaksanakan sholat serta membangunkan suaminya. Jika sang-suami tersebut menolak, maka wanita tersebut memercikkan air di wajah suaminya tersebut “} (Hadits Riwayat ; Abu Daud)

Keenam, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Sarana Untuk Pengabulan Permohonan.

Allah SWT telah berjanji untuk mengabulkan doa bagi orang-orang yang selalu menunaikan sholat tahajud dengan ikhlas semata-mata karena-Nya. Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda ;

{” Dari Jabir telah berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ; {” Sesungguhnya di malam hari tersebut, ada satu waktu dimana ketika seorang muslim memohon dan meminta kebaikan dunia dan akhirat, maka niscaya Allah SWT memberinya, Hal tersebut berlangsung setiap malam “} (Hadits Riwayat ; Muslim)

Ketujuh, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Penghapus Dosa serta Kesalahan.

Dari Abu Umamah Al-Bahili telah berkata, bahwasanya Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda ; {” Laksanakanlah Qiyamul-Lail, sebab hal demikian tersebut merupakan kebiasaan bagi orang-orang saleh sebelum kalian, bentuklah taqarub, penghapus dosa, serta bentuklah penghalang dari berbuat salah “} (Hadits Riwayat ; At-Tirmidzi)

Kedelapan, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Jalan Dalam Mendapatkan tempat yang terpuji.

Allah SWT telah berfirman, yang artinya :

{” Dan pada sebagian malam (tengah malam) bertahajudlah engkau sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, dan mudah-mudahan Tuhan engkau akan mengangkat engkau ke suatu tempat yang terpuji “} (QS. Al-Isra’:79)

Kesembilan, The Power Of Sholat Tahajud Merupakan Waktu Utama Untuk Melakukan Doa (Doa Diijabah)

Amru Ibn ‘Abasah telah berkata bahwa ; {” Aku bertanya kepada baginda Rasulullah SAW, ” Ya.. Rasulullah ! Di malam apakah itu yang paling di dengar (Diijabah) ? “, Lalu Baginda Rasulullah SAW menjawab ; ” Tengah malam terakhir, maka shalat-lah sebanyak yang kamu inginkan, sesungguhnya sholat malam tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila engkau berdoa maka akan diijabah oleh Allah SWT) “} (Hadits Riwayat ; Abu Daud)

 

Demikianlah pembahasan/ kajian The Power Of sholat tahajud tersebut. Dan sungguh, semuanya itu tergantung dari niat kita, ke ikhlasan serta ketekunan kita dalam mengamalkan sholat malam ini (sholat tahajud) yang merupakan inti pokok ujung tombak keberhasilan dalam menggapai ridho Allah SWT.

 

 

 

Oleh : Ika Aminatuz Zuhro
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.