Siapakah Orang Yang Pantas Kita Bela
Orang Yang Pantas Kita Bela.

Siapakah Orang Yang Pantas Kita Bela ?

MutiaraPublic.com – Ketika di suatu waktu kita menemukan orang yang berbuat zalim kepada saudaranya atau siapapun yang ia zalimi, maka jangan pernah membiarkan ia terus berbuat zalim, belalah ia dengan cara menceganya untuk tidak kembali berbuat zalim, karena sesusungguhnya mereka membutuhkan pertolongan kita atas ke zalimannya.

Hal ini bisa jadi kezalimannya tersebut adalah sebuah kekhilafan atau dia memang tidak mengerti bahwa apa yang dilakukannya adalah perbuatan zalim, karena orang yang berbuat zalim biasanya dilakukan secara sadar atau tidak sadar, jadi alangkah baiknya kita tolong orang-orang zalim tersebut, agar dia menyadari kesalahannya dan mau bertaubat kepada Allah SWT.

Selain orang zalim, orang yang pantas kita bela itu adalah orang yang dizalimi karena pada dasarnya ia telah mendapatkan perlakuan buruk dari orang yang menzaliminya, jangan pernah menyalahkan orang yang dizalimi, karena bisa jadi ia memang tidak mempunyai salah apa-apa kepada orang yang menzaliminya, atau kalau pun memang ia salah tapi tetap saja ia menjadi orang yang terzalimi oleh orang yang dizaliminya, karena tidak seharusnya seseorang membalas kesalahan dengan sebuah kezaliman.

Sebagaimana hadist yang memerintahkan kita untuk selalu berbuat baik kepada orang yang zalim dan dizalimi tersebut, yang artinya:

{” Belalah (tolonglah) kawanmu baik dia zalim maupun dizalimi. Apabila dia zalim, cegahlah dia dari perbuatannya dan bila dia dizalimi upayakanlah agar dia dimenangkan (dibela) “} (HR. Bukhari)

Sudah dijelaskan seperti apa yang dikatakan hadist diatas: kita harus membela keduanya, jangan hanya salah satunya, karena keduanya sama-sama membutuhkan pertolongan, walaupun yang harus kita bela adalah orang yang telah dizalimi.

Pernahkah kita berbuat zalim kepada teman, saudara, atau bahkan kedua orang tua kita? Jika pernah, memohon ampunlah kepada Allah SWT, serta memohon perlindungan agar dijauhkan dari sifat zalim, dan bagi siapapun yang pernah dizalimi maafkanlah kesalahannya, dan do’akan agar orang yang menzalimi itu menyadari atas perbuatan zalimnya tersebut, yang sudah merugikan dirinya sendiri dan orang lain, dan Ingatlah bahwa do’a orang yang terzalimi pasti diijabah oleh Allah, maka berhati-hatilah dengan perbuatan dosa yang dapat mendatangkan murka Allah SWT tersebut.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi kita semua, Amin !

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Sa’dullah
Redaktur : Erlinda Natalia
 


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.