Semboyan Anak Muda
Semboyan Anak Muda

Semboyan Anak Muda (Muda Foya-foya, Tua Kaya-raya, Mati Masuk Syurga)

MutiaraPublic.com – Setelah mengingat kembai perihal Semboyan Anak Muda : “Muda Foya-foya, Tua Kaya-raya, Mati Masuk Syurga” agaknya telah membudaya di kalangan anak muda. Tentu, anak mudah yang jauh dari ilmu agama.

Faktanya, Foya-foya itu justru menghabiskan harta, bukan membuat kaya, dan ujung-ujungnya dijauhkan dari syurga. Na’udzubillah.. !

Kalau mau jujur, semboyan anak muda di atas hanyalah sebagai bentuk legalitasi untuk melanggar berbagai aturan. Alhasil, masa mudanya habis untuk sia-sia. Rambu-rambu syari’at dilanggar, yang penting bahagia, prinsipnya.

Padahal dalam riwayat hadits At-tirmidzi no. 2417, Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : {” Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya “}.

Sungguh dalam riwayat hadits di atas tersebut telah menjelaskan kelak di hari kiamat, tidak akan bergeser kedua kaki anak cucu adam dari hadapan Rabb-nya sampai dia ditanya tentang perkara Lima Hal. Dan diantara yang ditanya tersebut adalah tentang umurnya, untuk apa ia habiskan ? Dan tentang masa mudanya, untuk apa ia gunakan ?

Barangsiapa bisa menjawab dan mempertanggung-jawabkan Lima Hal di atas tersebut, maka ia akan menjadi orang yang beruntung. Dan Dengan Izin Allah SWT, ia akan mendapatkan kebahagiaan hakiki di akhirat kelak. Jika tidak bisa, maka sungguh ia termasuk orang-orang yang Celaka ! Na’udzubillahi min dzalik…

Semoga Allah Menjadikan Kita, khususnya yang Muda-muda termasuk golongan Hamba yang beruntung, beruntung di Dunia dan pula di Akhirat kelak.  Aamiin !

 

 

 

Oleh : Ustadz Ahmad Hasan
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.