Puasa Sebagai Motivator Kemajuan
Puasa Sebagai Motivator Kemajuan

Puasa Sebagai Motivator Kemajuan

MutiaraPublic.com – Seringkali kita menjumpai orang berpuasa hanya bermalas-malasan di tempat tidur. Kadang kita merasa sah untuk berleyeh-leyeh di depan televisi atau melalaikan rutinitas kesehatan dengan beralasan “lagi sedang puasa”. Subhanallah…

Tentu hal ini tidak dikehendaki oleh agama. Untuk menunjukkan bahwa puasa tidak bisa dijadikan alasan berleyeh-leyeh, sengaja Allah SWT mengabadikan peristiwa-peristiwa penting terjadi seperti puasa di bulan Ramadhan. Dengan ini, Allah SWT menunjukkan bahwa lapar dan dahaga (haus) semestinya bisa menjadi bahan bakar untuk selalu bersemangat untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT sekaligus menjadi motivator, artinya puasa sebagai motivator kemajuan dalam melaksanakan aktivitas.

Baiklah, kita rekam kembali kejadian-kejadian penting itu ;

1. Peperangan Badar Kubra
Ini adalah suaru peristiwa besar yang dalam Al-Qur’an diabadikan dengan istilah Yaumul-Furqan (hari dimana Allah SWT memberikan garis tegas pemisah antara yang hak dan yang batil). Kejadian besar ini tepatnya terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah. Ketika hari itu, dimana musuh besar Islam yang kejam bak Fir’au, yakni Abu Jahal akhirnya tewas terbunuh.

2. Penakluk Kota Mekah (Fathu Makkah)
Pada saat itu berhala-berhala di sekitar Ka’bah dihancurkan sekaligus menjadi lambang lengsernya kekuasaan berhala. Kejadian dahsyat itu terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah.

3. Islam Tersebar Di Negara Yaman
Sejarah sukses ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah.

4. Sebagai Kejadian Perang Tabuk
Peperangan heroik yang menyebabkan syahidnya sahabat Ja’far bin Abi Thalib ini terjadi pada tahun ke-9 Hijriyah

5. Penaklukan Andalusia (Spanyol)
Tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah, panglima perang Tharik bin Ziyad berhasil menancapkan syiar-syiar Islam di negara asal pengarang kitab Al-Fiyah, Imam ibnu Malik.

Banyak lagi kejadian-kejadian penting yang terjadi pada bulan Ramadhan yang kesemuanya menunjukkan puasa sama sekali tidak bisa menjadi alasan untuk berleha-leha. Semoga Bermanfaat !

 

 

 

Oleh : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.