Puasa Sebagai Motivator Kemajuan
Puasa Sebagai Motivator Kemajuan

Puasa Sebagai Motivator Kemajuan

MutiaraPublic.com – Seringkali kita menjumpai orang berpuasa hanya bermalas-malasan di tempat tidur. Kadang kita merasa sah untuk berleyeh-leyeh di depan televisi atau melalaikan rutinitas kesehatan dengan beralasan “lagi sedang puasa”. Subhanallah…

Tentu hal ini tidak dikehendaki oleh agama. Untuk menunjukkan bahwa puasa tidak bisa dijadikan alasan berleyeh-leyeh, sengaja Allah SWT mengabadikan peristiwa-peristiwa penting terjadi seperti puasa di bulan Ramadhan. Dengan ini, Allah SWT menunjukkan bahwa lapar dan dahaga (haus) semestinya bisa menjadi bahan bakar untuk selalu bersemangat untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT sekaligus menjadi motivator, artinya puasa sebagai motivator kemajuan dalam melaksanakan aktivitas.

Baiklah, kita rekam kembali kejadian-kejadian penting itu ;

1. Peperangan Badar Kubra
Ini adalah suaru peristiwa besar yang dalam Al-Qur’an diabadikan dengan istilah Yaumul-Furqan (hari dimana Allah SWT memberikan garis tegas pemisah antara yang hak dan yang batil). Kejadian besar ini tepatnya terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah. Ketika hari itu, dimana musuh besar Islam yang kejam bak Fir’au, yakni Abu Jahal akhirnya tewas terbunuh.

2. Penakluk Kota Mekah (Fathu Makkah)
Pada saat itu berhala-berhala di sekitar Ka’bah dihancurkan sekaligus menjadi lambang lengsernya kekuasaan berhala. Kejadian dahsyat itu terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah.

3. Islam Tersebar Di Negara Yaman
Sejarah sukses ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah.

4. Sebagai Kejadian Perang Tabuk
Peperangan heroik yang menyebabkan syahidnya sahabat Ja’far bin Abi Thalib ini terjadi pada tahun ke-9 Hijriyah

5. Penaklukan Andalusia (Spanyol)
Tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah, panglima perang Tharik bin Ziyad berhasil menancapkan syiar-syiar Islam di negara asal pengarang kitab Al-Fiyah, Imam ibnu Malik.

Banyak lagi kejadian-kejadian penting yang terjadi pada bulan Ramadhan yang kesemuanya menunjukkan puasa sama sekali tidak bisa menjadi alasan untuk berleha-leha. Semoga Bermanfaat !

 

 

 

Oleh : M. Ivan J.
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.