Puasa Itu Sehat
Puasa Itu Sehat

Puasa Itu Sehat !

MutiaraPublic.com – Saudaraku, tubuh manusia yang indah ini, tentunya tersusun dari berbagai organ yang saling berhubungan atau terkait. Organ tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing. kerusakan satu organ tentu akan mempengaruhi terhadap organ-organ lainnya.

Sama halnya dengan alam, tubuh kita juga mengalami siklus atau perputaran yang diberi nama siklus biologis. Siklus biologis ini akan mengatur segala kebutuhan tubuh kita, seperti makan, minum, dan istirahat atau tidur. setiap detik siklus ini terus berjalan yang kadang tanpa kita sadari.

Hampir seluruh pakar atau ahli kesehatan bersepakat bahwa alat pencernaan atau perut menjadi sumber penyakit. Dari sudut pandang kesehatan, Saudaraku, Sungguh puasa itu sehat, seperti puasa yang di praktekkan oleh Baginda Rasulullah SAW adalah puasa yang menyehatkan. sebab, dalam puasa tersebut, kita diajari untuk tertib dalam mengkonsumsi makanan secara proposional, yang intinya memelihara alat pencernaan (perut) kita yang menjadi pangkal dari berbagai penyakit.

Sadaraku, waktu berpuasa perut kita kosong. Berarti tanpa kita sadari bahwa kita telah mengistirahatkan alat pencernaan sekaligus menghilangkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berpuasa itu juga dapat meminimalisir zat-zat berbahaya yaang dibawa oleh makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Walau pun demikian, tubuh tetap membutuhkan makanan secara layak dan wajar. Inilah mengapa pada waktu ketika kita berbuka puasa, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis-manis seperti misalnya kurma sesuai sunnah Rasulullah SAW. Dari segi kesehatan kurma ini sangat cocok sekali, karena makan kurma atau makanan yang manis-manis adalah makanan yang cepat diserap oleh tubuh kita. Glukosa yang terkandung dalam kurma tersebut atau buah-buahan lainnya merupakan sumber energi utama yang dapat menggerakkan saraf pusat, setelah seharian tubuh kita tidak disuplai makanan.

Maka, sungguh salah alamat, jikalau ada orang yang tidak berpuasa hanya dengan alasan kesehatan, justru puasa itu sehat. Lebih dari itu semua, alangkah baiknya kita renungkan sebagian perkataan orang bijak, seperti berikut ini :

{” Siapa yang banyak makan, pasti banyak minum. Orang yang banyak makan dan minum, Pasti banyak tidur. Dan Orang yang banyak tidur, berarti ia telah menyia-nyiakan umurnya “}.

Semoga Bermanfaat Bagi Anda Semua, Amin !

 

 

 

Oleh : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.