Perihal Akhlak Baik dan Buruk Dimata Allah
Perihal Akhlak Baik dan Buruk Dimata Allah (ilustrasi)

Perihal Akhlak Baik dan Buruk Dimata Allah

MutiaraPublic.com – Orang yang memiliki akhlak baik tentunya disukai oleh Allah SWT, begitupun sebaliknya Allah SWT tidak menyukai orang yang mempunyai akhlak tercela. Akhlak mulia adalah akhlak yang memancarkan cahaya kebaikan dari hati manusia yang terlihat dari perilakunya. Allah SWT akan menjanjikan surga bagi siapapun manusia yang memiliki akhlak baik tersebut, dalam hadistnya Rasulullah SAW bersabda:

{” Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat kelak, selain akhlak mulia. Sesungguhnya Allah SWT membenci orang-orang yang berbuat keji dan berkata-kata keji “} (HR. At-Tirmidzi)

Dalam hadist diatas dijelaskan bahwasannya tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat nanti selain akhlak mulia, artinya bagi orang-orang mukmin yang memiliki akhlak mulia menjadi nilai yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT, sehingga keistimewaan tersebut dapat memberatkan timbangan amal baiknya semasa ia di dunia.

Akhlak baik tidak hanya disukai oleh Allah SWT, manusia pun tentunya akan menyukai orang yang berakhlak baik, karena orang yang memiliki akhlak baik, hatinya akan diselimuti dengan ketentraman, sehingga kehadirannya pun mampu menentramkan orang-orang yang ada disekitarnya.

Allah SWT membenci orang yang berbuat keji, dan berkata-kata keji. Orang yang berbuat keji kehadirannya sangat meresahkan, karena orang seperti ini kerap membuat kerusakan di muka bumi dengan caranya yang keji, begitupun orang yang berkata-kata keji perkataannya tidak mencerminkan akhlak baik, orang seperti ini suka sekali berkata-kata dengan perkataan kotor yang tidak nyaman didengar oleh orang lain dan dapat memicu permusuhan.

Jangan sampai kita menjadi golongan orang-orang yang dibenci oleh Allah SWT, sebab dikarenakan perbuatan serta perkataannya yang keji dan amat tidak terpuji. Maka jadikanlah akhlak baik sebagai tuntunan yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, Ingatlah selalu hadist diatas yang mengatakan perihal janji Allah SWT bagi siapapun para hamba-Nya yang memiliki akhlak baik, sungguh balasannya sangat begitu besar.

Tidakkah kita terdorong untuk menanamkan dalam diri kita akhlak baik? oleh karena itu, berusahalah menjadi manusia yang senantiasa memperbaiki diri dari hari ke-hari, dan berusaha untuk menahan diri dari apa-apa yang dibenci oleh Allah SWT, Jika kita terus berusaha maka Insya Allah akhlak baik itu akan melekat dalam diri kita.

 

Semoga Allah SWT merahmati kita semua. Amin !

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.