Perbedaan Sahabat Baik Dan Sahabat Buruk
Perbedaan Sahabat Baik Dan Sahabat Buruk (ilustrasi)

Perbedaan Sahabat Baik Dan Sahabat Buruk

MutiaraPublic.com – Saudara/i yang dimuliakan Allah SWT, dalam sebuah pertemanan dan persahabatan terkadang kita tidak selalu menemui teman atau sahabat yang baik, kadang tidak menutup kemungkinan juga kita menemukan teman atau sahabat yang buruk. Kita akan menemukan teman-teman yang berakhlak baik dan juga teman yang berakhlak buruk, teman-teman yang berakhlak baiklah yang pantas kita sebut teman atau sahabat baik, begitupun sebaliknya teman-teman yang berakhlak  buruk adalah teman atau sahabat buruk, maka pandai-pandailah dalam bergaul, terutama dalam hal bersahabat dengan mereka.

Ada sebuah perumpaan untuk sahabat baik dan sahabat buruk, seperti yang disebutkan dalam hadits yang artinya :

Dari Abu Musa al-Asy’ari r.a. berkata : Rasulullah saw bersabda yang artinya ; {” Sesungguhnya perumpamaan sahabat baik dan sahabat buruk itu bagaikan pembawa kasturi (misik) dan bagaikan peniup api. Maka pembawa misik (kasutri) itu ada kalanya memberi kepada engkau, memberi kepadanya, atau (minimal) engkau mendapat bau (aroma) harum daripadanya. Adapun dengan peniup api tersebut maka jikalau tidak membakar pakaianmu maka kau akan mendapatkan bau (aroma) busuk daripadanya”}

Dari hadits di atas tersebut dapat kita simpulkan bahwa seorang sahabat baik diumpakan sebagai pembawa misik yang berarti membawa keharuman, artinya ketika keharuman itu tertularkan pada kita maka kita pun akan  terkena harumnya sehingga diri kita pun akan ikut harum, sedangkan sahabat buruk diumpakan seperti peniup api, artinya jika kita terlalu dekat maka api itu akan membakar diri kita, dengan kata lain kita akan lain jika kita bersahabat dengan mereka maka perbuatan buruk mereka akan menular kepada kita sehingga diri kita akan ikut terbawa menjadi buruk.

Saudara/i yang dimuliakan Allah SWT, sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita berakhlak baik, contohlah tauladan besar kita nabi Muhammad SAW dengan sejuta akhlak baik yang dimilikinya. Sahabat yang baik tentu akan banyak orang yang sayang kepada mereka karena akhlak baik yang juga dimilikinya, maka dari itu marilah kita menjadi salah satu sahabat yang baik, yang senang menebarkan kebaikan, saling mengingatkan ketika sahabatnya berbuat buruk, saling nasihat menasihati dalam kebaikan, tolong menolong, dan perbuatan baik lainnya.

Hati kita akan tenteram ketika bersama dengan mereka, hidup kita akan senantiasa dilingkupi dengan kebaikan-kebaikan, dan pada akhirnya kita akan dimasukan kedalam surgaNya bersama sahabat-sahabat baik kita, sebab amal-amal baik yang kita kerjakan bersama mereka.

 

 

 

Oleh : Hawada Afiyah
Editor : Didik Sugianto
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.