Makna Bersujud Menurut Rasulullah SAW
Makna Bersujud Menurut Rasulullah SAW

Makna Bersujud Menurut Rasulullah SAW

MutiaraPublic.com – Ada orang yang beranggapan ibadah merupakan urusan orang tua, bahkan ada yang melakukan shalat dengan cepat sekali, sehingga mengabaikan bacaan-bacaan shalat yang seharusnya dibaca tuma’ninah, dibaca dengan baik termasuk ketika bersujud.

Seakan-akan tidak membaca do’a sedikitpun ketika bersujud. Padahal saat itulah kita merasa kecil di hadapan Allah SWT, Yang Maha Besar. Pada saat sujud kita meletakkan anggota tubuh kita di tempat yang sangat rendah, kita menanggalkan semua atribut keduniaan dan kita meletakkan semua gelar kehormatan. Semuanya kecil di hadapan Allah SWT.

Makna Bersujud Menurut Rasulullah SAW, Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam muslim, Rasulullah SAW bersabda : “Kalian harus memperbanyak sujud kepada Allah SWT, karena ketika kalian bersujud , Allah akan angkat derajat kalian, dan Allah akan hapus dosa kalian.”

Ada dua hal penting yang patut kita garis bawahi dari hadits di atas. Bersujud Menurut Rasulullah SAW atau Perintah sujud yang disampaikan Rasulullah SAW memberikan dua manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan kita :

Pertama, dengan banyak bersujud, Allah SWT akan angkat derajat kita. Derajat yang akan Allah berikan kepada kita bisa berupa derajat di dunia maupun di akhirat. Derajat di dunia bisa berupa kehidupan yang sakinah, jabatan, mendapatkan jodoh yang ideal, keinginan-keinginan lain yang dikabulkan, atau juga bisa berupa kedudukan yang tinggi. Semuanya itu merupakan dampak positif dari banyak bersujud kepada Allah SWT. Sedangkan derajat di akhirat hanyalah Allah SWT yang maha mengetahui. Tak seorangpun yang mengetahui akan hal itu, karena itu menjadi rahasia Allah SWT semata.

Kedua, dengan bersujud Allah SWT akan menghapus dosa kita. Sebagai manusia tentu banyak perbuatan dosa yang kita lakukan, disengaja atau tidak. Dosa tersebut tidak kita ketahui jumlahnya, kecuali nanti di yaumil hisab (Hari Perhitungan). Anjuran Rasulullah SAW untuk banyak bersujud agar dosa-dosa kita satu persatu dihapus Allah SWT. Semakin banyak bersujud kepada Allah SWT, semakin banyak pula dosa yang dihapus. Semakin banyak kita melaksanakan shalat, akan semakin banyak sujud yang kita lakukan.

Dalam satu raka’at shalat kita bersujud sebanyak dua kali. Maka, dalam 17 raka’at sehari semalam berarti kita sudah bersujud sebanyak 34 kali. Bagaimana dengan shalat sunat lainnya yang kita lakukan?

Bila kita shalat sunnah qabliyyah dan ba’diyyah yang kita laksanakan di awal dan akhir shalat fardhu sebanyak 16 raka’at, berarti kita sujud sebanyak 32 kali.

Bila jumlah bilangan rakaat shalat fardlu dan shalat sunnah dijumlahkan, berarti sehari semalam kita melakukan sujud kepada Allah SWT sebanyak 66 kali. Itu berarti Allah SWT akan menghapus 66 dosa kita sehari semalam.

Padahal dosa yang kita perbuat sehari semalam, lebih dari 66. Dengan bersujud sebanyak 66 kali sehari semalam, masih belum mampu menghapus dosa-dosa kita yang banyak sekali.

 

Saudara/i-ku Rahimakumullah, Marilah kita perbanyak sujud kepada Allah SWT, tanpa perlu menghitung-hitungnya. Bersujudlah sebanyak-banyaknya setiap ada kesempatan. Karena memang Allah SWT menciptakan kita tak lain untuk beribadah kepada-Nya. Allah ‘alam bish-shawab.

 

 

 

Oleh : Ustaz Ahmad Dzaki, MA
Editor : Ahmad Jailani


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Ada orang yang beranggapan ibadah merupakan urusan orang tua, bahkan ada yang melakukan shalat dengan cepat sekali, sehingga mengabaikan bacaan-bacaan shalat yang seharusnya dibaca tuma’ninah, dibaca dengan baik termasuk ketika bersujud. Seakan-akan tidak membaca do’a sedikitpun ketika bersujud. Padahal saat itulah kita merasa kecil di hadapan Allah SWT, Yang Maha Besar. Pada saat …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.