ilustrasi - Pemimpin Masa Depan Berkarakteristik Islam !
ilustrasi - Pemimpin Masa Depan Berkarakteristik Islam !

Pemimpin Masa Depan Berkarakteristik Islam !

MutiaraPublic.com – Wahai saudaraku, dalam sejarah bangsa Indonesia ini, kemerdekaan dan lahirnya suatu bangsa indonesia ini tidak bisa kita lepas dari keterlibatan peran oleh para tokoh Ulama serta pemimpin Islam di masa lampau pada masa itu.

Sepantasnyalah kita harus menyadari dan memahami bersama, bahwasanya Negara ini berdiri dengan banyak sekali tetesan air keringat, kucuran darah segar, serta ide dan gagasan oleh para Pahlawan Indonesia. Termasuk diantaranya dari berbagai kalangan para tokoh pejuang Islam dan para cendikiawan Muslim pada zaman itu.

Sejarah telah menyimpan banyak catatan penting, bahwasanya Negara Republik Indonesia ini merupakan salah satu negara yang sangat berhasil merangkum berbagai keragaman serta kemajemukan yang menjadi sebuah harmonisasi di dalam bernegara yang dilandaskan berdasarkan latar belakang dari kesadaran religiusitas yang besar.

Oleh sebab itu, suatu dorongan akan kisah dari sejarah serta nilai yang ada pada kehidupan masyarakat indonesia hari ini, tentu sudah tidak ada lagi hal yang membuat dinding pemisah antara agama dan negara Republik Indonesia ini. dalam artian keduanya bersatu serta berpadu untuk menjadi satu nama dan satu identitas, yakni negara tercinta Republik Indonesia.

Mengenai pemahaman akan kondisi negri ini tentunya mengalir serta menjalar merata untuk menjangkau seluruh aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Bukan hanya terdapat pada tataran kehidupan pribadi dan kehidupan sosial saja, akan tetapi juga perihal yang menyangkut kehidupan kenegaraan. Dimana dampak yang terjadi di dalam bernegara, menunjukkan bahwa kita sudah tidak asing dan tidak sungkan lagi untuk menunjukkan suatu identitas keagamaan di dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan tidak hanya yang berkaitan tentang simbolisasi saja, akan tetapi juga yang berkaitan dengan ideologi di dalam perihal keislaman. Oleh sebab itu Negara seharusnya menyadari bahwasanya Islam yang telah menjadi bagian penting di dalam pembentukan ideologi di Negara tercinta ini tentunya keberadaan Islam sendiri tidak bisa dilepaskan dari aspek dan nafas kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara indonesia yang tercinta ini.

Jika kita berbicara mengenai perihal ideologi, maka akar sejarah serta keislaman yang ada di negri ini, tentunya tidak akan pernah luput dari berbagai pengaruh kepemimpinan yang ada. Indonesia merupakan negara yang besar, majemuk, serta tumbuh dengan kesadaran dari nilai-nilai religiusitas yang sangat tinggi.

Tentunya kondisi seperti ini tidak mungkin dilepaskan dari peran para pemimpin di masa lalu. Tokoh-tokoh islam seperti : Wahid Hasyim, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Azhari, Mohammad Natsir adalah merupakan beberapa nama tokoh yang hadir pada masa itu.

Kalo boleh  jujur, sampai saat ini Indonesia dengan mayoritas penduduk Muslim terbanyak, belumlah memiliki/ mempunyai calon pemimpin yang sangat kokoh. Dalam artian pemimpin yang bisa mewakili ide, gagasan serta nilai-nilai keislaman yang tentunya pada dasarnya sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Umat Islam di Indonesia hari ini seharusnya terus menumbuhkan semangat yang berkobar serta fokus dan serius di dalam mempersiapkannya. Karena pada dasarnya, kepemimpinanlah yang akan mempengaruhi suatu arah gerak bangsa serta negara ini.

Dan tentunya sampai sekarang (hari ini), kita masih belum menemukan sosok pemimpin idaman tersebut. Berdasarkan Bursa kepemimpinan nasional, sampai hari ini masih diwarnai oleh para elit dengan sangat transparan para pemimpin hanya memiliki pandangan umum dan belum memiliki suatu keberpihakan terhadap umat muslim/ agama Islam di negri ini. Yang dampaknya yaitu setelah ia menjadi pemimpin/ kepemimpinannya terwujud, ternyata umat Islam sering dikesampingkan.

Wahai saudaraku seiman dan seagama, dalam mencari dan membentuk pemimpin yang tentunya memiliki nilai, ide serta gagasan mengenai masa depan umat Islam di Indonesia merupakan suatu kewajiban dan prioritas umat Islam Indonesia hari ini.

Umat Islam semestinya sudah menyiapkan dengan baik pemimpin-pemimpin yang bakal siap dan memiliki standarisasi pemimpin yang islami dan berdedikasi tinggi terhadap negri ini.

Pemimpin-pemimpin dengan memiliki ide dan gagasan tentang keisalaman yang jauh ke depan, berintegritas, kredibel, pemimpin yang memiliki pemahaman Islam yang menyeluruh, serta pemimpin yang siap membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul.

 

Oleh : Nurfahmi Islami Kaffah
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Wahai saudaraku, dalam sejarah bangsa Indonesia ini, kemerdekaan dan lahirnya suatu bangsa indonesia ini tidak bisa kita lepas dari keterlibatan peran oleh para tokoh Ulama serta pemimpin Islam di masa lampau pada masa itu. Sepantasnyalah kita harus menyadari dan memahami bersama, bahwasanya Negara ini berdiri dengan banyak sekali tetesan air keringat, kucuran darah …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.