Pandanglah Kebawah, Maka Engkau Akan Melihat Betapa Besarnya Nikmat Allah !
Pandanglah Kebawah, Maka Engkau Akan Melihat Betapa Besarnya Nikmat Allah !

Pandanglah Kebawah, Maka Engkau Akan Melihat Betapa Besarnya Nikmat Allah !

MutiaraPublic – Seorang hamba jika memusatkan perhatiannya pada ajaran nabawi yang agung ini, maka ia akan melihat dirinya mengungguli orang banyak dalam hal kesejahteraan dan rezki serta rentetan kenikmatan lain berkat kedua karunia itu, meski ia dalam kondisi apapun.

Dengan itu sirnalah keguncangan, kegundahan dan keruwetannya, dan bertambahlan kegembiraan dan kesukaannya terhadap nikmat-nikmat Allah Subhannahu wa Ta’ala, yang ia dalam hal ini mengungguli orang-orang yang lain dibawahnya.

Di dalam hadits shahih, beliau Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Pandanglah orang yang lebih bawah darimu (dalam hal materi), dan jangan kamu pandang orang yang lebih atas darimu. Hal itu lebih cocok bagimu, agar kamu tidak merendahkan nikmat Allah yang dikaruniakanNya kepadamu”.

Setiap kali seorang hamba merenungi nikmat-nikmat Allah Subhannahu wa Ta’ala yang zhahir maupun yang batin, baik itu dari sisi kehidupan religi maupun duniawinya, ia akan melihat Allah Subhannahu wa Ta’ala Tuhannya telah mengarunianinya karunia yang banyak dan telah menangkis untuknya berbagai keburukan.

Tidak diragukan, bahwa hal itu dapat menangkis kegundahan dan keruwetan, disamping membuahkan kegembiraan dan kesukacitaan.

 

Oleh : Al-Wasailu Al-Mufidah Lil Hayatis Sa’idah, Asy-Syaikh Abdur Rahman bin Nashir As-Sa’diy
Editor : Ahmad Jailani


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic – Seorang hamba jika memusatkan perhatiannya pada ajaran nabawi yang agung ini, maka ia akan melihat dirinya mengungguli orang banyak dalam hal kesejahteraan dan rezki serta rentetan kenikmatan lain berkat kedua karunia itu, meski ia dalam kondisi apapun. Dengan itu sirnalah keguncangan, kegundahan dan keruwetannya, dan bertambahlan kegembiraan dan kesukaannya terhadap nikmat-nikmat Allah Subhannahu …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.