Mengkaji Perbedaan Antara Kata Hati dengan Bisikan Setan (foto blogspot)
Ilustrasi - Mengkaji Perbedaan Antara Kata Hati dengan Bisikan Setan (foto blogspot)

Mengkaji Perbedaan Antara Kata Hati dengan Bisikan Setan

MutiaraPublic.com – Saudaraku yang beriman, Sungguh sangat beda antara “Kata Hati” dengan “Bisikan Setan” itu. Jika pada suatu hal kita dituntut untuk mengambil langkah dalam mengambil keputusan, maka tak jarang diri ini untuk mengikuti apa kata hati. Bahkan orang yang disekeliling kitapun tak jarang yang menyuruh untuk mengikuti apa yang ada dalam Kata Hati kita. Namun, apakah benar perkataan yang kita yakini itu berasal dari kata hati kita ?. Atau malah justru itu bisikan dari Setan ?. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Setan itu sifat dasarnya adalah menggoda manusia dengan segala caranya. Nah, kalo begitu apa perbedaan Antara Kata Hati dengan Bisikian setan itu ?.

Berikut penjelasannya, Perbedaan Antara Kata Hati dengan Bisikan Setan Tersebut.

Jika kita merasa ingin melakukan suatu keburukan, maka berhati-hatilah, karena itu merupakan Bisikan Setan dan bukan Kata Hati, karena Setan selalu mengajak manusia pada suatu keburukan. Allah SWT berfirman yang artinya ;

{“ Sesungguhnya Setan itu adalah musuhmu (yang nyata), maka jadikanlah dia (Setan) sebagai musuh. Sesungguhnya dia (Setan) hanya akan menyeru pada golongannya untuk menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala “} (QS. Fathir ; 6).

Saudaraku yang beriman, lalu jika kita ragu untuk melakukan suatu hal kebaikan, maka bisa jadi itu juga adalah bisikan Setan. Karena Setan memberikan bisikan jahat kepada mereka manusia agar mereka ragu dan manusia tersebut juga ragu kepada Allah SWT. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

{“ Setan akan mendatangi salah seorang dari kalian lalu membisikannya; “Siapa yang telah menciptakan ini ?, siapa yang telah menciptakan itu?”. Sampai kemudian ia (setan) akan membisikkan lagi; “Siapa yang telah menciptakan Allah SWT itu ?”. Dan jika dia sampai pada tingkatan tersebut, maka hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah SWT dan berhenti “} (Muttafaq ‘alaih).

Saudaraku yang beriman, seperti itulah bisikan-bisikan Setan yang selalu mengajak manusia pada keburukan. Pikiran-pikiran yang terlintas di hati kita yang terkadang berfikir tentang keburukan, maka ini adalah berasal dari bisikan Setan. Namun kata hati tersebut adalah berfikir tentang kebaikan, yang dilandasi dari keimanan kita.

Nah saudaraku yang beriman, Apa yang harus dilakukan jika terlintas dalam benak hati kita untuk mengingkari Allah SWT atau Kufur Kepada-Nya ?. Karena hal itu sudah pasti merupakan bisikan Setan. Berikut adalah penjelasannya, yang dapat kita lakukan agar terhindar dari sifat kufur dan ingkar karena pengaruh bisikan Setan, sebagai berikut ;

Yang Pertama, Pikiran Buruk Jangan Di Ucapkan.

Seperti yang diceritakan dalam hadist dari Abu Hurairoh RA. Bahwa pernah datang beberapa orang menghadap kepada Rasulullah SAW lalu mereka mengatakan ; {“ Kami menjumpai dalam diri kami terlintas pikiran yang sangat berat bagi kami untuk mengucapkannya. “Beliau (Rasulullah SAW) bertanya kepada mereka, Apakah benar kalian menjumpai perasaan itu ?”. “(sebenarnya) hal itu bukti adanya iman” “} (HR. Muslim [132]).

Annawawi menjelaskan makna hadits ini adalah, Jika diantara kita merasa berat untuk mengucapkan sebuah pikiran yang terlintas di diri kita mengenai ketetapan Allah SWT, maka hal ini adalah merupakan bentuk adanya iman. Karena kita merasa berat mengucapkan kalimat tersebut, disertai dengan perasaan takut untuk mengucapkannya. Dan sesungguhnya sifat ini hanya ada pada orang yang imannya sangat kokoh dan sangat teruji. Sehingga hilang darinya segala keraguan dan bimbang terhadap apa yang ditetapkan Allah SWT.

Yang Kedua, Segera Meminta Perlindungan Kepada Allah SWT Dari Godaan Setan Tersebut.

Yang dapat kita lakukan agar terhindar dari sifat kufur dan ingkar karena pengaruh bisikan Setan, adalah segara meminta perlindungan Kepada Allah SWT dengan cara membaca Ta’awudzh : “A’udzu-billahi-minas-syaito-nir-rajim” yang artinya {“ Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk “}

Yang Ketiga, Jangan Mempedulikannya (tidak mempedulikan bisikan-bisikan setan tersebut “Cuek” ).

Inilah senjata paling Ampuh untuk melawan bisikan-bisikan Setan terkutuk. Maksudnya kita bisa terus-menurus berhenti dalam menghindari pengaruh-pengaruh buruk terhadap Setan tersebut dan memasrahkannya kepada Allah SWT untuk menghilangkannya. Dan pada saat kita menyadari bahwa Setan hendak merusak Agama kita dengan bisikan semacam ini, maka seharusnya kita berusaha menghilangkannya dengan cara menyibukkan diri memikirkan hal lain. Sungguh pikiran yang demikian itu hanyalah permainan Setan.

 

Saudaraku yang beriman, Demikianlah perbedaan penjelasan mengenai Kata Hati dan Bisikan Setan. Sebagai Hamba Allah SWT sudah seharusnyalah kita berlindung kepada Allah SWT terhadap tipu daya Setan dan bisikan-bisikannya yang selalu mengajak kita tentang keburukan. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari perbuatan dan bisikan setan yang terkutuk. Amin Allahumma Amin !

 

 

 

Oleh : Ustad Jauhari
Redaktur : Babur Rahmah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

37 comments

  1. Pak ustad saya merasa kan hal itu waktu sholat..saya amat takut akan murka allah.
    Sampai saya merasa jenuh dgn hal itu..slain itu dulu ada bisikan agar saya bunuh diri tetapi skarang ini udah agak berkurang..tp saya masih takut klo lihat pisau…trus yng sering muncul skarang pikiran membunuh kluarga saya..saya takut dgan pikiran smua itu….sampai saya tak berani dket sama kluarga saya…saya takut pak ustad..takut saya llepas kendali.dan melaksana kan pikiran jahat saya…saya stress dgn hal ini ustad..pak ustad gmana cara menghilangi pikiran smacam itu ustad

    • Team MutiaraPublic

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      Saudaraku Aulia Rahman yang DiRahmati Allah SWT, Tegakkan Sholat Fardhu 5 Waktu, dan Pebanyaklah Dzikir dengan Kalimat Istighfar kepada Allah SWT (Astaghfirullah) se ikhlas saudara, serta biasakan untuk memperbanyak bacaan sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW (Allahumma Sholli Alaa Muhammad), dan yang terpenting adalah Fokuslah hanya mencari Ridho Dari Allah SWT.

      Insyaallah jika saudara terapkan amalan tersebut, maka bisikan tersebut akan sirna dengan sendirinya, bahkan raja Iblis sekalipun tidak akan mampu menggoda saudara apalagi menyentuh saudara tentunya dengan Izin Allah SWT melalui perantara Sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW.

      Semoga saudara di jadikan Hamba yang tertolong oleh Allah baik di Dunia dan di Akhirat kelak, Aamiin.. !

    • Selalu baca surah An-Nas di dalam solat dan selepas solat. Disaat membaca surah itu diniatkan semoga Allah menghapuskan bisikan2 jahat itu.

      • Team MutiaraPublic

        Terimakasih saudaraku atas ilmunya, semoga bermanfaat bagi umat. Dan semoga Allah melimpahkan pahala bagi saudara. Aamiiiin !

  2. assalamualaikum.ustaz
    sejak kebelakangan ini hati saya tidak begitu tenteram…kadang-kadang hati saya mengucapkan perkataan yang saya keluar dari islam tanpa saya sedar..lepas tu saya terkejut dan cepat-cepat selawat balik..jika saya duduk berseorangan lagi kuat hati saya memperkatakan yang bukan-bukan saya hanya beristighfa..saya mohon bagaimana hati saya dapat tenang…..,

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudari Nur yang di muliakan oleh Allah SWT, Sebaik-baiknya Hamba ia yang selalu beristighfar kepada Allah SWT, ia yang selalu mengingat akan dosa-dosa ia di hadapan Allah SWT, Sungguh tidak ada manusia yang luput dari dosa saudari, bahkan Andaikata Dosa tersebut memiliki aroma Bau atau busuk, maka tidak akan ada satu orangpun yang berani mendekati kita. Sungguh hanya dengan Beristighfar Allah SWT akan menolong kita..

      Teruslah Dzikir beristighfar kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Baginda Rasulullah SAW. karena sejatinya, tanpa saudari sadari Sesungguhnya Allah SWT memberikan derajat tinggi kepada saudari. Insyaallah..

      Berikut dibawah ini ada tulisan perihal Artikel Menenangkan Hati yang insyaallah akan bermanfaat bagi saudari (KLIK Tulisan/ Artikel DIBAWAH INI) :

      Tips Melunakkan Hati Yang Keras

      Semoga Saudari kelak dijadikan golongan hamba yang Khusnul Khatimah… Aamiin !

  3. MUHAMAD IQBAL

    assalamu’alaikum Wr. Wb
    ustadz dalam situasi apapun dan dimanapun sekaligus dalam sholat saya selalu merasakan bisikan setan lalu saya was-was apakah dosa atau tidak, dan bisikannya diantaranya yaitu Allah kristen lah allah murtad lah lalu saya kreluar dari islam lah.. padahal hati saya tidak ingin mengucapkannya, selain hati perkataan yang tak disadari semacam allh gay dan lain masih banyak lagi.. itu membuat diri saya semakin ketakutan dan tidak tenang. lalu setelah bisikan setan dan ucapan yang saya tidak sadari keluar saya langsung langsung syahadat takut saya keluar dari islam. lalu sekarang saya berpikirian gimana saya menikah sedangkan saya seperti ini.. apakah saya harus konsultasi ke kyai atau tidak, mau konsistensi saya malu dan selalu tidak bisa..
    lalu apa yang harus saya lakukan ustadz? saya sangat mohon jawaban dan bimbingannya

    terimakasasih. wassaalamu’alaikum Wr. Wb

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudara MUHAMMAD IQBAL yang dirahmati Allah SWT, Memang syaitan itu akan melakukan berbagai banyak cara semata-mata untuk menjerumuskan anak cucu Adam…!

      Saran kami adalah Jadikanlah Sholat tersebut tidak hanya sebuah kewajiban semata, Namun jadikanlah sholat tersebut adalah salah satu cara ber-komunikasi antara seorang Hamba dengan Sang Pencipta ! Insyaallah dengan begitu kita lebih bisa khusu’ dalam menjalankan sholat dan beribadah kepada Allah Sang Pencipta.

      Teruslah BerDzikir dan Perbanyaklah bersholawat kepada Baginda Rasulullah SAW. Karena dengan perbanyak Dzikir dan sholawat Nabi hati ini akan merasa tenang…!

      Insyaallah dengan syafaat Rasulullah melalui barokahnya Sholawat, bahkan sekaliber iblis pun akan sirna saudaraku, Ketahuilah :

      “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat (memuji dan berdoa) ke atas Nabi (Muhammad s.a.w). Wahai orang-orang yang beriman berselawatlah kamu ke atasnya serta ucapkanlah salam dengan penghormatan kepadanya” [Al-Ahzab: 56]

  4. alfi hidayah

    Apakah jika sperti itu harus membaca syahadat lagi mohon penjelasan nya

    • Team MutiaraPublic

      Tidak harus membaca saudaraku, Namun alangkah lebih baik saudara memperbanyak membaca syahadat saudaraku, atau bahkan di setiap waktu, karena syahadat sendiri adalah merupakan kalimat sakral yangmana merupakan intisari dari ajaran Islam saudaraku. dan Faedah dari kalimat syahadat sendiri sangat besar.

  5. alfi hidayah

    Dan jika di fikirkan akan terulang ulang sebenar nya tidak ingin memikir kan tapi entah mengapa jadi difikirkan apakah hal sperti ini dosa jika di fikirkan dan di terulang ulang mohon penjelasan nya

    • Team MutiaraPublic

      Wallahua’lam…, Kita sebagai manusia memang tak lepas dari salah dan dosa saudaraku, maka seyogyanyalah kita selalu memohon ampunan kepada Allah S.W.T., bahkan disetiap waktu, disetiap helaan nafas ini terhenti selalu Dzikir (beristighfar memohon ampun) kepada Allah S.W.T. Tiada manusia yang lepas dari dosa saudaraku, akan tetapi sebaik-baiknya manusia ialah mereka yang selalu beristighfar (Dzikrullah) kepada Allah S.W.T..

      Oleh karena itu, marilah dari sekarang, mulai hari ini, kita dirikan dzikir tersebut semata-mata karena berharap ridho dan ampunan dari Allah S.W.T..

      “Sesungguhnya segala sesuatu itu pasti ada pembersihnya, ada pengkilapnya, ada sikatnya; pembersih hati yang kotor, sikat hati yang ternoda, pengkilap hati yang berdosa, adalah Beristighfar kepada Allah S.W.T. (zikrullah); maka setiap lafadz zikr membersihkan kotoran, dosa, noda yang kita perbuat” (Ustadz. Ilham Arifin).

      Semoga saudara Alfi Hidayah selalu dalam petunjuk dan ridho Allah S.W.T. Aamiiiin !

    • Assalamu’alaikum Ustadz,
      Menanggapi ini, sy juga sedang merasakanya. Setiap sholat juga seperti itu, sampai-sampai sy mengulang sholat beberapa kali krn khawatir sholat saya sah atau tidak. Awalnya saya cemas, apakah saya kentut atau tidak waktu sholat. Setelah itu masalah kentutnya hilang, tapi malah lebih parah seperti ini. Jadi kalau dalam kondisi sekarang, apakah saya hrs mengulang sholat?
      Terima kasih, wassalamu’alaikum wr wb..

      • Team MutiaraPublic

        Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

        Terimakasih atas komentar dan pertanyaannya saudari Lia yang dimuliakan Allah SWT. Memang dalam hal beribadah kepada Allah SWT setan selalu menggoda dengan berbagai cara agar kita merasa jauh dari Allah SWT, seperti halnya rasa was-was ketika kita melakukan ibadah sholat, sebagaimana yang saudari lia jelaskan tersebut.

        Perihal pernyataan dan pertanyaan saudari Lia tentang was-was ketika sholat tersebut ; Apakah saya harus mengulang sholat ?

        Jawaban kami, saudari lia tidak harus mengulang sholat tersebut, dan saudari lia tidak usah mempedulikan rasa was-was tersebut, dalam artian yakinkanlah bahwa sholat yang saudari laksanakan tersebut sah 100%, karena dengan sikap keyakinan tersebut-lah salah satu cara ampuh dalam menghadapi rasa was-was tersebut. Sebagaimana Baginda Rasulullah Muhammad SAW bersabda;

        لاَ يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

        “Janganlah dia membatalkan shalatnya, sampai dia mendengar suara kentut atau mencium baunya.” (Hadits Riwayat Bukhari no. 137 dan Muslim no. 361).

        Hadits tersebut berlaku bagi orang-orang yang mengalami penyakit was-was, merasa keluar sesuatu terutama ketika melaksanakan sholat. Maka orang tersebut disarankan oleh baginda Rasulullah untuk mengambil sikap yang berkebalikan dengan keraguannya, kecuali jika dia memang sangat yakin bahwa itu memang betul-betul terjadi.

        Mungkin artikel dibawah ini akan membantu/ bermanfaat bagi saudari Lia dalam meningkatkan ke khusu’an ketika melaksanakan sholat, berikut:

        – Cara Menggapai Khusyuk Dalam Sholat !

        Insyaallah artikel ini akan membantu saudari lia dan ummat muslim lainnya agar lebih khusuk dalam melaksanakan ibadah sholat.

        Semoga saudari lia beserta keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiiin !

  6. alfi hidayah

    Assalamu’alaikum Wr. Wb Pak ustadz mohon penjelesan nya pengertian tentang dzikir dan terbagi berapa kah dzikir itu

    • Team MutiaraPublic

      Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

      Saudara Alfi Hidayah yang Dirahmati Allah SWT, Sebelumnya terimakasih atas komentar dan pertanyaannya. Perihal Dzikir yang memiliki pengertian “Mengingat Allah atau menyebut nama Allah sesuai yang di ajarkan oleh Agama Islam, dengan maksud/ tujuan untuk mendekatkan diri pada Allah S.W.T.”.

      Segala Hal atau bentuk yang kita ucap dengan mengingat atau menyebut Allah, menyebut atau mengingat akan kekuasaan Allah, menyebut atau mengingat akan kebesaranNya, akan RahmatNYa serta kasih sayang Allah, dan lain-lain perihal KeMaha Esaan Allah, itu dimanakan Dzikir saudaraku.., Nah.. dari pengertian itulah maka dzikir tersebut terbagi beberapa macam saudaraku, sebagai berikut :

      Dzikir lidah (dzikir Lisany), yaitu Menyebut nama Allah S.W.T. dengan lidah (Setiap ucapan lidah yang mengandung nama Allah termasuk dzikir lisan).

      Dzikir Hati (dzikir Qolby), yang bermakna Menyebut nama Allah S.W.T. dengan hati.

      Dzikir Fikir (dzikir ‘Aqly), yaitu Memikirkan dan merenungkan makna, arti, dan maksud yang terkandung dalam kalimat-kalimat dzikir tersebut.

      Dzikir Ruh (dzikir Ruhy), sebagaimana dzikir yang dengan penyerahan sepenuhnya kepada Allah (tidak hanya dari lisan bahkan hati dan fikiran dan bahkan seluruh anggota tubuh ini selalu mengingat Allah, mengingat akan ke besaran Allah S.W.T, mengingat akan KeEsaan dan ketuhananNya) dengan berharap Ridho dari Allah.

      Semoga bermanfaat, dan semoga ini bisa menjadikan pribadi kita gemar berdzikir kepada Allah SWT. Aamiiiiin !

  7. Assalamualaikum Wr . Wb .

    Ustad , Sayaa ingin menceritakan Keluh Kesah apa yang sudah terjadi pada diri saya Ustad dan Sekaligus sayaa ingin meminta penjelasan dan saran .

    Begini Ustad . sebentar lagi saya akan masuk Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas , Sebut saja Universitas abc , dan Cita – Cita saya setelah lulus dari Kuliah ingin Menjadi Seorang Polisi . yang sayaa Keluh kan . ada Bisikan – Bisikan aneh di dalam tubuh saya ustad . Bisikan – Bisikan itu Mengatakan kalo sayaa kuliah di Universitas abc tersebut Hidup saya tidak berkah ustad, dan Cita – Cita saya untuk menjadi seorang polisi itu Hidup saya nnti juga tidak akan berkah ustad .

    dan Bisikan – Bisikan Aneh tersebut juga mengatakan Jika Kuliah saya di universitas tersebut Lancar maka semua itu berkat Bisikan Bisikan Aneh Tersebut ustad bukan karna ALLAH SWT. Bisikan – Bisikan Aneh tersebut juga mengatakan Jika Cita – Cita saya untuk menjadi seorang Polisi tercapai semua itu berkat Bisikan – Bisikan Aneh tersebut ustad bukan karna ALLAH SWT .

    dan Bisikan – Bisikan Aneh tersebut juga mengatakan semua hal mengenai keberhasilan saya nnti semua itu berkat Bisikan – Bisikan Aneh tersebut ustad bukan karna ALLAH SWT .

    Bisikan – Bisikan Aneh yang saya ceritakan dan saya ketik di atas membuat hidup saya tidak tenang, muncul rasa cemas, gelisah, dan takut berlebihan ustad .

    Alhadulillah saya sholat 5 waktu ustad, dan terkadang saya menangis ustad saat berdo’a kepada ALLAH SWT tentang Bisikan – Bisikan Aneh yang saya ceritakan dan saya ketik di atas yang datang nya bertubi – tubi ustad .

    Ustad di mohon saran nya ustad dan bagaimana yang harus saya lakukan untuk menghilangkan Bisikan – Bisikan Aneh tersebut ustad .

    Terima Kasih

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudaraku, Krisna yang dimuliakan Allah, sebelumnya terimakasih atas komentar, pertanyaan, dan terimakasih pula sudah berbagi kisah kepada kami.

      Saran dari Kami adalah Lakukanlah sebagaimana yang tertulis artikel di atas (Pikiran-pikiran Buruk Jangan sampai terucap/ DiUcapkan, Mohon Ampun dan perlindungan kepada Allah dengan memperbanyak istighfar, dan Cuek terhadap pikiran yang negatif tersebut). Perbanyaklah mengingat Allah S.W.T. saudaraku, Selanjutnya perbanyaklah bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad S.A.W. (sholawat apa saja), Misalnya sholawat Thobibi Qolbi :

      Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa, sayyidii wa habiibii, wa thobiibi qolbii wa jasadii wa ruuhii, sayyidii rasuulillaah, Muhammad ibni ‘Abdillaah, as-Shoodiqil aamiin, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin..

      Artinya;

      “Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada Junjunganku, Kekasihku, Pengobat hati, jiwa dan ragaku, yaitu Junjunganku Sang Utusan Allah, Muhammad bin ‘Abdillah, seorang yang benar dan jujur, juga kepada keluarga dan para sahabatnya”

      InshaAllah.. Apabila Mengamalkan Shalawat Thobibiyah ini akan mampu menguatkan Ruh dan Jiwa Kita, serta sebagai pengobat penyakit hati.

      Dan perlu kami sampaikan Tujuan kita membaca Shalawat tersebut adalah tiada lain sebagai Ikraman, ta’dhiman wa Mahabbah kepada Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W.. Dan Sebaiknya dalam membaca sholawat tersebut: Niat secara ikhlas untuk beribadah kepada Allah S.W.T. tanpa pamrih., Sebagai Wujud Ta’dhim dan mahabbah kita kepada baginda Muhammad S.A.W., Hati kita HUDHLUR kepada Allah S.W.T. da hati kita ISTIHDLOR (yakni merasa berada di hadapan Rasulullah S.A.W.), dan wajib bersikap TAWADDU’ ( merendahkan diri, jangan sok suci).

      Semoga Allah S.W.T. selalu memberikan petunjuk dan perlindungan kepada Saudara Krisna beserta keluarga. Aamiiiin Ya Rabb. !

  8. Assalamualaikum wr wb. Mau bertanya. Misal ada orang namanya Abu mau sholat sunah lalu dalam hati ada pikiran kalo nanti sholat sunnah itu dan ada yang melihatnya maka Abu jadi murtad. Abu memikirkan hal tersebut sampai berulang-ulang hingga Abu ragu sampai terucap atau tidak hal tersebut. Abu takut jika sampai terucap akan menjadi nazar jika Abu solat sunah itu dan dilihat orang maka Abu murtad. Apakah nazar seperti itu sah? Apa yang harus Abu lakukan?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya Mas yang semoga Allah selalu melimpahkan Rahmat buat Mas, Hal itu adalah merupakan bagian dari bisikan setan saudaraku, dan yakinlah bahwa itu bukanlah nazar, dalam artian hal itu tidak sah disebut nazar. Maka dari itu, saran dari kami adalah perbanyak dzikir istighfar dan sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW. Hiasilah setiap helaan nafas saudara dengan kalimat istighfar, hiasi setiap jengkal langkah dengan selalu berdzikir Kepada Allah. “Astagfirullah… Astagfirullah… Astaghfirullah…”.

      Insyaallah dengan dzikir dan sholawat, Kehidupan saudara selalu dalam lindungan dan Rahmat Allah SWT.

      Semoga Saudara dijadikan golongan yang selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT. Aamiiin !

  9. Assalamualaikum ustad. Saya ingin konsultasi. Ketika sholat saya sering merasa takut berlebihan jika suatu saat saya akan diberi penyakit berat oleh Allah. malah terutama ketika sujud seolah2 pikiran saya ada yg mensugesti untuk me minta penyakit tsb. Hal ini jelas mengganggu saya saat sholat, karena saya harus berusaha menghalau pikiran itu dan mengruangi konsentrasi saat sholat. Apakah ini termasuk gangguan syetan? Bagaimana cara menghilangkannya? Terima Kasih ustad

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      TerimaKasih atas pertanyaan saudara Abi yang dirahmati Allah SWT, sebagaimana paparan tulisan saudara Abi, bahwa hal tersebut adalah merupakan Bisikan Setan/ Gangguan Setan, memang perlu kita akui bahwa berbagai macam cara setan mengganggu manusia, Akan tetapi salah satu cara ampuh ketika kita sholat agar menambah kekhusu’an kita ketika sholat adalah dengan “Mengingat Mati ketika Sholat”. Hal ini berdasarkan wasiat dari baginda Rasulullah Muhammad SAW yang bersabda ; {“ Apabila engkau sedang sholat, maka sholatlah seolah-olah engkau hendak pisah (mati) “} (HR. Ahmad).

      Dan selain diluar sholat tersebut agar kita selalu terjaga dari setan tersebut yakni dengan cara memperbanyak Dzikrullah, Berdzikir kepada Allah dan Bersholawat Kepada Baginda Rasulullah SAW.

      Sesungguhnya, dzikir dapat menjaga dan memberikan kewaspadaan yang sangat tinggi kepada si pelakunya, dari gangguan setan bahkan dari gangguan sekaliber iblis pun, tanpa ia menyadarinya.

      Saudaraku Abi Yang di Rahmati Allah SWT, Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh sa’id Ibnu Jundub Musayyib dari Abdurrahman Ibnu Samrah Ibnu Jundub r.a., ia berkata, (Suatu hari Rasulullah S.A.W. keluar dari rumahnya mencari kami. Pada saat itu kami sedang berada di tas batu putih yang besar di Madinah. Kemudian Rasululllah S.A.W. bersabda, “Sesungguhnya tadi malam aku melihat suatu keajaiban. Ada seorang dari umatku telah dikepung oleh setan, tetapi datanglah pahala dzikir kepadanya, kemudian setan-setan tersebut diusir oleh amal dzikirnya”

      Semoga saudara Abi beserta keluarga selalu dalam Lindungan Allah SWT. Aamiiin !

  10. Assalmualikum ustad apa makna menghina allah dalam hati dengan berkata kotor kepada allah/berkata buruk
    Wasalamualaikum

  11. Assalamualaikum pak..apabila kita berkata kotor kepadala allah apa itu termasuk menghina allah.. Terus kita sering terpikiran kata kata itu terus tolong jelaskan ya pak terimakasih

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudari endah yang semoga Allah SWT selalu melimpahkan RahmatNya, saudari Endah… apabila kita berkata kotor kepada Allah itu juga termasuk menghina Allah SWT, dan perkataan tersebut sangat tidak pantas kita ucapkan kepada Allah sebagai Sang Pencipta alam jagad Raya. mungkin sebelum perkataan itu terucap hal yang pertama terbesit pikiran-pikiran negatif yang pada hakikatnya itu bersumber dari setan, agar kita jauh dari Allah SWT. Maka dari itu seyogyanya kita sebagai manusia untuk selalu beristighfar kepada Allah SWT, mohon ampun kepada Allah SWT, karena Allah SWT sangat sayang kepada hamba yang selalu beristighfar kepadaNya. Baginda Rasulullah SAW saja yang terjaga dzikirnya yang mana beliau dimaksum oleh Allah terbebas dari dosa dan masuk Syurga, baginda Rasul selalu beristighfar kepada Allah, setiap gerak gerik beliau selalu beristighfar kepada Allah SWT.

      Maka dari itu cara ampuh dalam menangani berbagai bisikan setan dan dampak dari bisikan setan tersebut kita beristighfar kepada Allah SWT.

      Semoga kita termasuk golongan yang pandai-pandai beristighfar. Aamiiin

  12. Assalamualaikum ustadz dalam diri saya kadang terbesit lintasan fikiran yang membuat hati saya tidak tenang dan berusaha menyeret saya kepada kekufuran….setiap saya melangkah pasti terbesit fikiran buruk itu…. gimana cara menghilangkannya?

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudaraku Andhika yang dimuliakan Allah SWT, Setan akan terus menerus menggoda manusia, entah bagaimanapun caranya dan dalam kondisi apa pun itu. Salah satu contoh seperti yang saudara alami tersebut sungguh itu adalah perbuatan dari setan-setan terkutuk.

      Maka dari itu, saran dan himbauan MutiaraPublic adalah kita harus terus berdzikir kepada Allah, kita harus mengingat Allah, mengingat akan kuasa Allah, mengingat ke Maha Esaan Allah, dan menyadari betul tanpa pertolongan dan Rahmat Allah kita tidak berarti apa-apa. Oleh karena itu, seyogyanyalah kita sempatkan untuk selalu berdzikir, Sebut nama Allah yang Maha Rahman dan Rahim dalam setiap gerak-gerik kita, dan perbanyaklah beristighfar kepadaNya, Mohon Ampun kepada-Nya.

      Astaghfirullah Rabbal Barroya
      (Ampunilah Hamba Ya Allah Maha Penerima Taubat)
      Astaghfirullah Minal khotoya.
      (Ampunilah Hamba Ya Allah Daripada Segala Dosa)

      Allah SWT Berfirman :

      Ala bidzikrillah Tathmainnul Qulub ” (Hanya dengan mengingat Allah (Dzikrullah), hati ini menjadi tenteram (QS.13 : 28).

      Semoga saudara Andhika digolongkan orang-orang yang pandai berdzikir… Aamiiin !

  13. Assalamualaikum pak ustad..saya ingin bertanya..knp kisah saya rasanya gak tenang ya..suka cemas , malah kadang berpikir..aq ini siapa..besok kalo as begini gmn ya..kadang rasa cemas nya berlebihan sampai ketakutan sendiri..tlg dibantu utk menenangkan diri ini gmn yaa ustad..

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Kenapa Sih Hati ini Rasanya Gak Tenang, Suka Cemas, gelisah, galau, dan Sering berpikir hal negatif sampai ketakutan sendiri ?????. Jawaban Kami adalah; Karena kita jauh dari Allah SWT !. Kita tidak bersungguh-sungguh dalam berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT, bahkan kita tidak bersungguh sungguh atau lalai bahkan enggan meluangkan waktu sejenak untuk berdialog dengan Allah SWT minimal 5 kali dalam 24 jam (Sholat Fardhu 5 Raka’at). Astaghfirullah…. Ampuni Kami Ya Allah SWT.

      Saudariku Midah yang Semoga Allah SWT melimpahkan RahmatNya, Sebagaimana yang Allah SWT Firmankan : Ala bidzikrillah Tathmainnul Qulub ” “Hanya dengan mengingat Allah (Dzikrullah), hati ini menjadi tenteram” (QS.13 : 28).

      Sungguh Ayat di atas sangat jelas menerangkan akan panduan perihal kehidupan manusia agar supaya tenang dan tentram…, Namun Masalahnya adalah sejauh mana kita bersimpuh kepada Allah SWT?, Sejauh mana kita menyerahkan Hati, jiwa, dan Raga ini sepenuhnya kepada Allah SWT?. jawabannya ada pada diri kita sendiri, ada pada diri saudari Midah sendiri…!

      Oleh karena itu, Yuk… dimulai dari sekarang, kita perbaiki kualitas sholat kita, kita perbanyak dzikir kita kepada Allah, kita perbaiki lantunan nada kita dengan membaca Ayat suci Al-Qur’an. Kita hiasi pribadi kita dengan perbuatan-perbuatan yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW. kita perbanyak pula sholawat kepada baginda Rasulullah. Insyaallah dengan ini hati kita akan tenang, kehidupan kita akan sangat baik, Rejeki kita akan lancar, dan segala permasalaan kita akan segera ditolong oleh Allah SWT, seberat apapun permasalahan tersebut, Allah Pasti akan menolong kita.

      Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiiiin !

  14. mohon maaf pak.. ada sedikit revisi setahu saya tawwudz :“A’udzu-billahi-minas-syaito-nir-rajim”. yang artinya: “aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”. mohon segera di revisi pak. terimakasih.

    • Team MutiaraPublic

      Terimakasih banyak atas koreksinya saudara Chairil semoga saudara dilimpahkan pahala oleh Allah SWT. Aamiiiin Ya Rabb.

  15. Ass wr wb pak ustadz saya akhir akhir ini merasa sangat tertekan dengan perkataan hati saya memaki allah tanpa sebab namun saya sangat membeci perkataan ini,dan saya sudah berusaha sekuat tenaga untuk melawan bisikan itu namun masih terus muncul dan saya takut akan menjadikan saya kufur dan murtadz,apakah ini bisa dimaafkan oleh ALLAH S.W.T.terima kasig pak ustadz wassallamualikum

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Terimakasih atas pertanyaannya saudara indra yang di rahmati Allah SWT, sebagaimana yang saudara paparkan hal itu adalah merupakan bisikan setan, dan begitulah cara setan menggangu kita, dan sebagai penawar obatnya maka usahakan untuk selalu belajar dzikir saudaraku, dzikirlah dengan menyebut kalimat istighfar “Astaghfirullah”. Dzikirlah disetiap mau melakukan aktivitas, sebab Setiap kita mengucapkan “Astaghfirullah”, berarti kita meminta kepada Allah SWT dan memohon kepada-Nya agar Allah memperbaiki hidup kita, menguatkan Aqidah kita, membuat kita nikmat dalam ibadah (khusyuk), dan menjadikan akhlak kita mulia.

      Semoga saudara indra selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiiiin Ya Rabb !

  16. assalamualikum pak ustaz
    saya juga ada permasaalahan dlm hati yg berkata buruk katanya Allah itu ini perkataan yg jelek2 ustaz…namun hakikatnya saya sebesar zarah pun tidak berniat untuk berkata seperti itu ustaz saya cinta Allah Rasul islam saya ustaz…saya terus jadi kemurungan sudah ke hospital psikologi…tetapi fikiran itu tetap ada sentiasa di kepala dan hati saya…saya merayu pd Allah SWT agar diberi lupa segala ingatan2 tentang itu kerana saya sayang sangat dengan Allah Rasul agama saya ustaz..sudah 2 kali saya terganggu dgn gangguan ini sehingga saya sudah pulih dari murung pun ingatan seperti itu tetap tidak dpt luput dari ingatan saya..ustaz Lillahitaala saya tidak berniat utk lafaz seperti itu ustaz hati saya sepertinya tidak berkunci mudah benar kata2 jelek di lafazkan kata2 pujian banyak tetapi yang jelek juga dia datang dalam hati saya ustaz…saya bingung apakah status akidah islam saya status pernikahan saya ustaz..bantuin saya ustaz

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudari Jiyah Yang Dimuliakan Allah SWT, memang setan seringkali mengganggu kita dengan bisikannya yang sangat berbahaya dan itu merupakan bagian dari siasat setan dalam menjerumuskan manusia. Saran dari Kami MutiaraPublic adalah perbanyaklah untuk berdzikir dengan kalimat istighfar kepada Allah SWT.

      Allah SWT Berfirman :

      “Setan berusaha membuat mereka lupa berdzikir kepada Allah. Mereka itulah kelompok setan. Ingatlah sesungguhnya kelompok setan (golongan yang) merugi” (Al-Mujadalah[58]: 19)

      Dengan segala kekuatannya, setan berupaya membuat manusia lupa kepada Allah S.W.T., apa pun yang ada pada pikiran kita akan dijadikan oleh setan sebagai penggoda. Baik itu Kekayaan, ilmu, kekuasaan, popularitas, gengsi, kecantikan, dan keluarga. Semuanya itu akan dijadikan senjata oleh setan, agar kita lupa kepada Allah S.W.T.. Namun, Saudari Jiyah tidak perlu khawatir karena dengan beristighfar maka segala noda dosa akan di hapus dan ampuni oleh Allah SWT. Maka dari itu disetiap waktu, disetiap helaan nafas kita hendaknya selalu mengingat Allah dengan beristighfar kepadaNya “Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah……”

      Semoga Saudari Jiyah selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiiiiin !

  17. abdul rohman

    Assalamualaikum Pak Ustadz, sy mau tanya… Ketika sy sholat sering keluar pekataan “sy bukan salat fardu zuhur” misal ketika solat zuhur. Apa ini membatalkan solat sy… Sy sudah berusaha sekuat sy utk tdk berkata itu. Tp selalu az keluar perkataan itu. Sering sy mengulang solat karena perkataan ini. Kadang perkataan ini seperti otomatis ada dlm pikiran sy… Sy sudah pusing dgn masalah ini. Terimakasih… Assalamualikum

    • Team MutiaraPublic

      Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Saudaraku Abdul Rohman yang dimuliakan dan dirahmati Allah SWT. Segala sesuatu itu tergantung dari Niatnya saudaraku, Dan Saudara tidak perlu mengulang sholat tersebut, insyaallah hal tersebut tidak membatalkan sholat saudara mungkin hal tersebut berdampak pada pengurangan Kenikamatan sholat. Dan Allah Maha Mengetahui setiap gerak-gerik hati dari hamba-hambanya. Wallahua’lam… Maka dari itu Saudaraku, sudah merupakan kewajiban dan keharusan bagi kita semua sebagai umat muslim dalam belajar dan mengasah untuk menggapai kekhusyukan dalam sholat. Ada beberapa banyak cara dalam menggapai khusuk dalam sholat, Namun diantaranya yang terpenting menurut kami adalah sebagai berikut :

      – Hendaknya saudara Memperhatikan Hal-hal Yang Mendatangkan KeKhusyukan Dalam Sholat. seperti misalnya Dengan Mengingat Mati ketika Sholat. Hal ini berdasarkan wasiat dari baginda Rasulullah Muhammad SAW, beliau bersabda ; {“ Apabila engkau sedang sholat, maka sholatlah seolah-olah engkau hendak pisah (mati) “} (HR. Ahmad).

      – Melihat ke arah tempat Sujud (ketika melakukan Sholat) Sebagaimana dalam riwayat hadits Nabi : {“ Rasulullah SAW jika sedang melakukan sholat, beliau menundukkan kepalanya serta mengarahkan pandangannya ke tanah (tempat sujud) “} (HR. Al-Hakim).

      Dan ada banyak lagi cara untuk menggapai khusuk dalam sholat tersebut, saudara juga bisa membaca dan mempelajari berikut artikel tentang :

      Cara Menggapai Khusyuk Dalam Sholat, Wajib Anda Tahu!

      Semoga saudara Abdul Rahman selalu dalam lindungan dan limpahan Rahmat Allah SWT. Aaamiiiiin Ya Rabb !

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

IP Blocking Protection is enabled by IP Address Blocker from LionScripts.com.