Ustad Muhammad Arifin Ilham ; Mengkaji Hikmah Dibalik Makna Kurban (Foto ; inilahDOTcom)

Mengkaji Hikmah Dibalik Makna Kurban

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Ibadah Kurban mempunyai makna pesan moral yang sangat mendalam, seperti halnya pesan yang terkandung didalam makna bahasanya. yaitu Qurb atau dikenal dengan istilah qurbân yang berarti “dekat” dengan imbuhan ân (alif dan nun) yang mengandung makna/ arti “kesempurnaan”, sehingga Qurbân yang bila diindonesiakan dengan yakni “kurban” memiliki arti “kedekatan yang sempurna”.

Kata “Qurbân” ini berulang sebanyak tiga kali dalam ayat-ayat suci Alquran, yaitu terletak pada QS. Ali-Imran (3): 183, Al-Ma’idah (5): 27, serta terletak pada surat Al-Ahqaf (46): 28. Jadi, yang dinamakan kurban yaitu penyembelihan binatang-binatang tertentu yang dilaksanakan (dilakukan) pada hari Raya Idul Adha serta 3 hari sesudahnya (istilah lain ; hari tasyrik), yakni jatuh pada tanggal 11, 12, serta 13 Dzulhijjah, dimana hal tersebut semata-mata bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Dalam kajian ilmu fikih, karena dilaksanakan dalam suasana Idul Adha, maka, kurban juga disebut udhiyah yang juga berasal dari sebuah kata dahwah atau dhuhaa (yakni pada waktu matahari lagi sedang naik di pagi hari) sebab, biasanya penyembelihan hewan kurban tersebut dikerjakan pada waktu (shalat) Dhuha. Dari sebuah kata dahwah atau duhaa tersebut dapat diambil kata daahiyah yang berarti bentuk jamaknya udhiyah.

Adapun di antara hikmahnya tersebut, adalah sebagai berikut, ;

Yang Pertama, sebagai bukti Fakta (nyata) ekspresi syukur kita ; {” Supaya mereka menyebut nama Allah SWT. atas apa yang Allah SWT. (telah) karuniakan kepada mereka itu (yakni) berupa binatang ternak… “} (QS al-Hajj, (22):34).

Yang Kedua, bukti (kita) sebagai hamba bertakwa ; {” Daging-daging kurban serta darahnya (tersebut) sekali-kali tidak bisa mencapai (keridhaan) Allah, (namun) tetapi ketakwaanmulah yang dapat mencapainya (meraihnya)…”} (QS al-Hajj, (22) :37).

Yang Ketiga, ter-akuinya (kita) sebagai umat baginda Rasulullah SAW ; {” Barang siapa (diantara kalian) yang mempunyai keluasan (harta yang dimilikinya) serta (kalian) tidak mau berkurban maka janganlah (kalian) mendekati tempat shalat kami “} (HR Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni, dan Al Baihaqi).

Yang Keempat, dalam meraih ampunan dosa ; {” …Fatimah, berdirilah serta (lihatlah) saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya, engkau diampuni (Oleh Allah SWT) pada saat awal tetesan darah (hewan kurban) itu dari dosa-dosa yang engkau lakukan (kerjakan)… “} (HR Abu Daud dan At-Tirmizi).

Yang Kelima, berpahala sangat besar ; {” Pada setiap lembar bulunya (hewan kurban) itu kita tentu akan memperoleh satu kebaikan,” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Yang Keenam, Kita akan mendapat kesaksian yang sangat indah dari hewan yang kita kurban  kelak ; {” Sesungguhnya, dia (hewan kurban tersebut) akan datang ketika pada hari kiamat dengan tanduknya, kukunya, serta bulunya. Dan, sesungguhnya darah hewan kurban tersebut akan jatuh pada sebuah wadah/ tempat di dekat Allah SWT. sebelum darah (hewan kurban itu) mengalir menyentuh tanah. Maka, (sungguh) berbahagialah jiwa dengannya “} (HR At-Tirmidzi,  Ibnu Majah, serta Al-Hakim).

 

Demikian besar keutamaan dari ibadah kurban tersebut, wahai saudaraku ! Semoga Allah SWT. selalu memberi keluasan rezekiNya kepada kita supaya dapat memenuhi serta menerima amal ibadah kurban kita. Aamiin ya rabbal  ‘alamin!

 

 

Oleh : Ustad Muhammad Arifin Ilham
Redaktur : Aminatul Jannah


DMCA.com Protection Status
* Silahkan anda sebar-luaskan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber : www.MutiaraPublic.com

MutiaraPublic.com – Saudaraku, Ibadah Kurban mempunyai makna pesan moral yang sangat mendalam, seperti halnya pesan yang terkandung didalam makna bahasanya. yaitu Qurb atau dikenal dengan istilah qurbân yang berarti “dekat” dengan imbuhan ân (alif dan nun) yang mengandung makna/ arti “kesempurnaan”, sehingga Qurbân yang bila diindonesiakan dengan yakni “kurban” memiliki arti “kedekatan yang sempurna”. Kata “Qurbân” ini berulang sebanyak …

Review Overview

0

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.